Resep Buntil Daun Singkong, Menggugah Selera

Diposting pada
Resep Buntil Daun Singkong, Menggugah Selera

Buntil Daun Singkong. Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Resep Buntil Daun Singkong, Menggugah Selera Ditambah lagi, cara membuat Resep Buntil Daun Singkong yang enak ini mudah diikuti, lo! Buntil daun singkong biasanya tersaji dengan kuah kuning yang gurih dan sedikit pedas. Untuk itu, hidangan ini cocok dijadikan lauk dan disantap dengan nasi hangat.

Sedang mencari ide resep buntil daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal buntil daun singkong yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari buntil daun singkong, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan buntil daun singkong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah buntil daun singkong yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Buntil Daun Singkong menggunakan 21 bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Buntil Daun Singkong:

  1. Gunakan 1 ikat daun singkong.
  2. Sediakan 1 ons ikan asin teri nasi.
  3. Gunakan 1 ruas jari kencur.
  4. Gunakan 1 butir kelapa tua.
  5. Sediakan 1 butir kelapa muda.
  6. Ambil 3 cabe merah keriting.
  7. Ambil bumbu isi.
  8. Gunakan 2 siung bawang putih.
  9. Sediakan 4 siung bawang merah.
  10. Siapkan Secukup gula dan garam.
  11. Ambil bahan bumbu kuah.
  12. Siapkan 2 buah cabe merah.
  13. Gunakan 1 sdt ketumbar.
  14. Siapkan 1 ruas jahe.
  15. Sediakan 5 butir kemiri.
  16. Ambil 3 siung bawang putih.
  17. Ambil 6 siung bawang merah.
  18. Gunakan 2 lembar daun salam.
  19. Gunakan 1 batang sereh.
  20. Sediakan 3 lembar daun jeruk.
  21. Sediakan Secukupnya garam dan guka merah.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bobor daun singkong kaldu ayam yang Menggugah Selera

Dalam sekali suap, kita bisa mendapatkan berbagai rasa, seperti rasa sedikit pahit dari daun singkong kemudian ditambah asin dari teri dan parutan kelapa, ditutup dengan kuah kuning. Buntil daun singkong seringkali dijajakan di pasaran, terutama pada pedagang lauk dan nasi atau bisa juga para pedagang kaki lima. Jenis makanan buntil ini memang menjadi menu tradisional yang mempunyai kelezatan sangat legendaris. Terlebih lagi memiliki resep pembuatannya yang tergolong sangat mudah.

Cara membuat Buntil Daun Singkong:

  1. Kelapa muda di parut. Bumbu ini di ulek sampai halus tumis sampai harum masukan kelapa parut dan asin teri nasi yg sudah di goreng.
  2. Daun singkong yg sudah di rebus asal layu di tata dan di beri isian kelapa, kemudian di tutup rapat dan di ikat pake tali rapia lalu susun di panci.
  3. Bumbu untuk kuah di haluskan ditumis sampai harum,tambahkan rempah daun,masukan santan encer biarkan mendidih.
  4. Bumbu kuah masukan ke panci yang berisi susunan buntil masak sampai air menyusut.
  5. Buntil matang siap di sajikan….selamat mencoba?.

Jakarta – Buntil merupakan lauk sederhana dari daun singkong yang diisi adonan kelapa muda. Direndam kuah santan yang kental, rasanya semakin gurih enak. Salah satu masakan khas Jawa Tengah ini populer karena sederhana dan enak rasanya. Selain dari daun singkong, buntir juga sering dibuat dari daun keladi dan daun pepaya. Resep buntil daun singkong memang sudah populer sejak lama karena merupakan salah satu menu masakan tradisional yang rasa & kelezatannya sudah legendaris.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan buntil daun singkong yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!