Resep Buntil daun singkong yang Lezat Sekali

Diposting pada
Resep Buntil daun singkong yang Lezat Sekali

Buntil daun singkong. Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Resep Buntil daun singkong yang Lezat Sekali Ditambah lagi, cara membuat Resep Buntil Daun Singkong yang enak ini mudah diikuti, lo! Buntil daun singkong biasanya tersaji dengan kuah kuning yang gurih dan sedikit pedas. Untuk itu, hidangan ini cocok dijadikan lauk dan disantap dengan nasi hangat.

Sedang mencari ide resep buntil daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal buntil daun singkong yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari buntil daun singkong, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan buntil daun singkong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah buntil daun singkong yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Buntil daun singkong memakai 26 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Buntil daun singkong:

  1. Siapkan 1 ikat daun singkong.
  2. Siapkan 1/2 butir kelapa parut.
  3. Sediakan 1 ons teri medan.
  4. Siapkan 65 ml santal kental.
  5. Ambil Bumbu ulek Isian kelapa teri.
  6. Sediakan 3 siung bawang putih.
  7. Sediakan 4 siung bawang merah.
  8. Ambil 1 buah kencur.
  9. Sediakan 5 buah cabe keriring.
  10. Siapkan 1 lembar daun jeruk (optional).
  11. Sediakan Bumbu ulek kuah.
  12. Sediakan 5 buah bawang putih.
  13. Gunakan 6 buah bawang merah.
  14. Gunakan 1 cm jahe.
  15. Sediakan 5 butir kemiri.
  16. Siapkan 5 buah cabe rawit.
  17. Siapkan 1 buah cabe merah besar.
  18. Siapkan 1 buah sereh (geprek).
  19. Gunakan 2 lembar daun salam.
  20. Gunakan 1 cm lengkuas (geprek).
  21. Gunakan 1/2 sdt kunyit bubuk.
  22. Siapkan 1/4 sdm ketumbar bubuk.
  23. Sediakan 1/4 sdm merica.
  24. Gunakan Secukupnya garam.
  25. Ambil Secukupnya kaldu.
  26. Siapkan Secukupnya gula pasir.
BARU  Bagaimana Membuat Sayur bening rempah kunci Anti Gagal

Dalam sekali suap, kita bisa mendapatkan berbagai rasa, seperti rasa sedikit pahit dari daun singkong kemudian ditambah asin dari teri dan parutan kelapa, ditutup dengan kuah kuning. Buntil daun singkong seringkali dijajakan di pasaran, terutama pada pedagang lauk dan nasi atau bisa juga para pedagang kaki lima. Jenis makanan buntil ini memang menjadi menu tradisional yang mempunyai kelezatan sangat legendaris. Terlebih lagi memiliki resep pembuatannya yang tergolong sangat mudah.

Cara membuat Buntil daun singkong:

  1. Rebus daun singkong kurleb 10 menit, tiriskan.
  2. Ulek bumbu isian, kemudian tumis hingga harum, masukkan teri dan kelapa, tiriskan.
  3. Atur dan tata daun singkong, kemudian taruh diatasnya bahan isian, ikat dengan rapia.
  4. Tumis bumbu kuah hingga harum, masukkan lengkuas, sereh dan daun salam, beri air, biarkan hingga mendidih.
  5. Masukkan santan kental, aduk hingga mendidih, beri garam, kaldu dan gula pasir sesuai selera, masukkan daun singkong, biarkan hingga air menyusut.
  6. Siap dihidangkan.

Resep buntil daun singkong memang sudah populer sejak lama karena merupakan salah satu menu masakan tradisional yang rasa & kelezatannya sudah legendaris. Buntil ini bukan hanya daun singkong saja yang bisa dijadikan bahannya, daun pepaya ataupun daun talas juga bisa dijadikan buntil, namun persamaannya adalah semuanya diisi kelapa parut kasar yang sudah dibumbui dan dicampurkan dengan teri. Buntil adalah cara memasak daun singkong dengan cara direbus dulu, kemudian diberi isian dan dimasak dengan kuah santan yang gurih pedas. Ini dia resep atau cara membuatnya. Buntil daun singkong ala kamu siap dinikmati bareng nasi putih hangat.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat buntil daun singkong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!