Bagaimana Menyiapkan Buntil Daun Singkong, Lezat

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Buntil Daun Singkong, Lezat

Buntil Daun Singkong. Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Bagaimana Menyiapkan Buntil Daun Singkong, Lezat Ditambah lagi, cara membuat Resep Buntil Daun Singkong yang enak ini mudah diikuti, lo! Buntil daun singkong biasanya tersaji dengan kuah kuning yang gurih dan sedikit pedas. Untuk itu, hidangan ini cocok dijadikan lauk dan disantap dengan nasi hangat.

Anda sedang mencari inspirasi resep buntil daun singkong yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal buntil daun singkong yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari buntil daun singkong, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan buntil daun singkong yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat buntil daun singkong yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Buntil Daun Singkong menggunakan 21 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Buntil Daun Singkong:

  1. Gunakan Sebanyaknya daun singkong.
  2. Sediakan 1 butir kelapa.
  3. Gunakan 1/4 jengkol.
  4. Sediakan 1 ons udang larong.
  5. Siapkan 2 buah tomat.
  6. Siapkan 1 ons gula pasir.
  7. Gunakan 6 siung bawang merah.
  8. Sediakan 4 siung bawang putih.
  9. Ambil 3 batang daun bawang.
  10. Gunakan Bumbu halus.
  11. Sediakan 1/2 ons kemiri.
  12. Gunakan 1 sendok makan ketumbar.
  13. Sediakan 1 ruas kunyit.
  14. Sediakan 1/2 cm jahe.
  15. Sediakan 6 siung bawang putih.
  16. Siapkan 5 siung bawang merah.
  17. Sediakan 1 buah cabe merah besar.
  18. Gunakan Secukupnya gula pasir.
  19. Gunakan Secukupnya gula merah.
  20. Siapkan Secukupnya garam.
  21. Gunakan Secukupnya air.

Dalam sekali suap, kita bisa mendapatkan berbagai rasa, seperti rasa sedikit pahit dari daun singkong kemudian ditambah asin dari teri dan parutan kelapa, ditutup dengan kuah kuning. Buntil daun singkong seringkali dijajakan di pasaran, terutama pada pedagang lauk dan nasi atau bisa juga para pedagang kaki lima. Jenis makanan buntil ini memang menjadi menu tradisional yang mempunyai kelezatan sangat legendaris. Terlebih lagi memiliki resep pembuatannya yang tergolong sangat mudah.

BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur asem sunda yang Enak

Cara menyiapkan Buntil Daun Singkong:

  1. Pertama tama parud kelapa yang sudah dicuci dan dibuang kulit nya..
  2. Sangrai udang larong sampai matang, kemudian satukan dengan kelapa.
  3. Iris tipis jengkol, daun bawang, bawang merah, bawang putih, kemudian satukan kedalam wadah berisi udang dan kelapa. Aduk hingga merata masukan 1ons gula putih (sesuai selera) dan garam secukupnya..
  4. Pipit daut singkong dari dahan nya, setelah itu ambil 5-7 helai daun singkong utuh bentuk seperti piring, kemudian masukan bahan isian yg sudah dicampur..
  5. Lipat-lipat daun singkong sampai isian nya tertutup rapat dan rapih, lalu ikat dengan tali rapia. Susun buntil mentah kedalam presto..
  6. Kemudian ulek bumbu halusnya. Kecuali cabe merah besar bisa diulek atau di iris tipis-tipis (sesuai selera) kalo saya di iris tipis-tipis..
  7. Goreng bumbu halus sampai wangi dan matang. Kemudian masukan air sedikit demi sedikit sampai wajan hampir terpenuhi dengan Air. Masukan gula putih, gula merah, garam secukupnya. (Disini saya menggunakan gula merah lebih banyak karena ciri khas buntil sedikit manis gurih) tapi tergantung selera, yang penting bumbu nya sudah terasa..
  8. Masukan bumbu halus yang sudah digoreng kedalam presto yang berisi buntil. Pastilan air nya sampai setengah presto, tidak harus sampai penuh. Kemudian masak buntil dengan presto hingga matang..
  9. Buntil Daun singkong siap disantap. Selamat mencoba ^_^..

Jakarta – Buntil merupakan lauk sederhana dari daun singkong yang diisi adonan kelapa muda. Direndam kuah santan yang kental, rasanya semakin gurih enak. Salah satu masakan khas Jawa Tengah ini populer karena sederhana dan enak rasanya. Selain dari daun singkong, buntir juga sering dibuat dari daun keladi dan daun pepaya. Resep buntil daun singkong memang sudah populer sejak lama karena merupakan salah satu menu masakan tradisional yang rasa & kelezatannya sudah legendaris.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan buntil daun singkong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!