Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Daun Singkong, Menggugah Selera

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Daun Singkong, Menggugah Selera

Gulai Daun Singkong. Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Daun Singkong, Menggugah Selera Kuah santan yang gurih dan pedas dari gulai daun singkong memberikan kenikmatan berlipat. Cocok banget dinikmati dengan lauk lainnya. Kalau kamu punya stok daun singkong di rumah, tak ada salahnya mencoba mengolahnya jadi gulai, lho.

Lagi mencari inspirasi resep gulai daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal gulai daun singkong yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai daun singkong, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan gulai daun singkong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah gulai daun singkong yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Gulai Daun Singkong menggunakan 15 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Gulai Daun Singkong:

  1. Sediakan 3 ikat daun singkong (petik daun).
  2. Ambil 200 ml santan (kara) dicairkan dengan air matang secukupnya (sesuai selera ya mau kental atau agak cair).
  3. Ambil 1 sdm Ebi.
  4. Ambil 1 batang Serai (geprek).
  5. Ambil 3 lembar daun salam.
  6. Siapkan 3 lembar daun jeruk.
  7. Sediakan 1 ruas lengkuas (geprek).
  8. Ambil Secukupnya: gula pasir, garam, lada bubuk, kaldu jamur/penyedap (optional).
  9. Siapkan Bumbu Halus:.
  10. Ambil 8 siung bawang merah.
  11. Gunakan 5 siung bawang putih.
  12. Sediakan 6 buah cabe keriting.
  13. Sediakan 5 buah cabe rawit merah (selera).
  14. Ambil 1/2 sdm ketumbar.
  15. Gunakan 3 cm kunyit bakar (kalau kurang kuning boleh ditambah).
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Bobor bayam,labu siam wortel, Enak

Caranya mudah, berikut resep gulai daun singkong untuk panduan memasakmu. Di daerah asalnya di Sumatra Barat, gulai daun ini biasanya dibuat dengan bahan dasar daun paku, makanya disebut "Gulai Daun Paku". Sementara di restauran padang saya sering melihat dengan bahan dasar kacang panjang dan kol. Daun singkong adalah favorit saya, sayangnya daun ini tidak tersedia di tempat tinggal saya sekarang.

Cara menyiapkan Gulai Daun Singkong:

  1. Siapkan bahan, cuci bersih daun singkong, haluskan bumbu halus.
  2. Rebus daun singkong di air mendidih yang ditambahkan garam hingga layu, tiriskan, peras, dan potong kecil2.
  3. Tumis bumbu halus hingga matang (harum & berubah warna) tuangkan santan yg sdh di cairkan dgn air matang (kalo kurang boleh ditambahkan air) masukkan secukupnya: gula pasir, garam, lada bubuk, kaldu jamur/penyedap (optional) setelah mendidih masukkan daun singkong.
  4. Aduk merata sambil cek rasa, tunggu mendidih, kalau bumbu sudah meresap dan air sedikit berkurang boleh diangkat dan sajikan.

Inilah resep gulai daun singkong teri yang bisa dijadikan sayur sekaligus lauk untuk makan siang. Rasa gurihnya dapat, apalagi daun singkongnya dimasak masih segar. Ditambah ikan teri sebagai protein hewaninya. Meskipun hanya ikan teri dan ukurannya kecil-kecil, tetapi sudah lebih dari cukup untuk dimasak dengan. KOMPAS.com – Daun singkong merupakan bahan makanan yang gemar dijadikan sebagai masakan bagi orang Padang karena bahannya mudah didapat serta bergizi pula.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan gulai daun singkong yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!