Resep Rolade Daun Singkong Anti Gagal

Diposting pada
Resep Rolade Daun Singkong Anti Gagal

Rolade Daun Singkong. Resep rolade daun singkong memang sudah terbukti banyak yang mencari karena memang mudah dan hasil akhirnya cukup lezat dan bisa menjadi suguhan istimewa bagi keluarga. Bumbu yang tidak ribet dan proses pembuatan yang tidak memakan waktu lama menjadikan makanan ini begitu luar biasa memiliki banyak penggemar. Rolade daun singkong (Hanacaraka: ꦫꦺꦴꦭꦢꦼ ꦢꦻꦴꦤ꧀ ꦱꦶꦁꦏꦺꦴꦁ) adalah camilan gorengan khas Semarang.

Resep Rolade Daun Singkong Anti Gagal Buang daun singkong yang terlihat sudah tak layak pakai, lalu cuci hingga bersih dan tiriskan. Rebus daun singkong dengan sedikit garam hingga matang dan empuk. Daun singkong bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan dan salah satu olahan daun singkong lezat adalah dibuat menjadi rolade.

Lagi mencari inspirasi resep rolade daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal rolade daun singkong yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep rolade daun singkong memang sudah terbukti banyak yang mencari karena memang mudah dan hasil akhirnya cukup lezat dan bisa menjadi suguhan istimewa bagi keluarga. Bumbu yang tidak ribet dan proses pembuatan yang tidak memakan waktu lama menjadikan makanan ini begitu luar biasa memiliki banyak penggemar. Rolade daun singkong (Hanacaraka: ꦫꦺꦴꦭꦢꦼ ꦢꦻꦴꦤ꧀ ꦱꦶꦁꦏꦺꦴꦁ) adalah camilan gorengan khas Semarang.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rolade daun singkong, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan rolade daun singkong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan rolade daun singkong sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Rolade Daun Singkong memakai 10 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Rolade Daun Singkong:

  1. Ambil 300 gr daun singkong yang sudah direbus dan diperas airnya.
  2. Siapkan 4 buah tahu (saya pakai tahu kuning) ukuran sedang, hancurkan.
  3. Ambil 4 sdm tepung terigu.
  4. Gunakan 1/2 gelas air.
  5. Ambil Bumbu Halus:.
  6. Siapkan 2 siung bawang putih.
  7. Siapkan 1 siung bawang merah.
  8. Ambil sejumput ketumbar.
  9. Ambil 1 butir kemiri.
  10. Gunakan garam.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Gulai Daun Singkong Teri & Krecek Anti Gagal

Rolade daun singkong merupakan salah satu jenis gorengan yang terbuat dari daun singkong rebus dicampur dengan tahu putih, telur, dan berbagai macam bumbu baru digoreng dengan tepung. Sajikan rolade daun singkong selagi hangat agar lebih lezat. Gulungan rolade akan dikukus hingga matang lalu diiris dan digoreng dalam balutan telur hingga kecoklatan. Sajian tahu goreng anda pun jadi lebih istimewa, menarik, dan menggugah selera.

Langkah-langkah menyiapkan Rolade Daun Singkong:

  1. Iris daun singkong melintang serat agar tidak menggumpal, kemudian campurkan dengan tahu & bumbu halus. aduk rata..
  2. Kemudian aduk tepung, air & garam, sisihkan..
  3. Bentuk campuran daun singkong & tahu, bulat2 pipih seperti perkedel. Lalu celupkan ke adonan, dan goreng di minyak panas dengan api sedang. Goreng sampai coklat keemasan, dan sajikan dengan cabe rawit & teh manis hangat..
  4. Enjooooyyy…..

Rolade mulanya terbuat dari daun singkong rebus yang digulung di dalam adonan tahu, dibungkus dengan daun pisang, dikukus, dipotong-potong, dicelupkan ke dalam adonan terigu, kemudian di goreng dengan minyak panas. Rolade Daun Singkong dibuat dalam beberapa versi. Selain dibentuk gulungan, ada pula rolade yang pembuatannya lebih mudah, yakni dengan dibentuk kepalan tangan. Rolade jenis ini lebih jamak ditemui di pedagang gorengan kaki lima. Selain itu, ada juga rolade daun singkong yang tidak menyertakan tahu di dalamnya.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat rolade daun singkong yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!