Langkah Mudah untuk Membuat Rolade Daun Singkong Anti Gagal

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Rolade Daun Singkong Anti Gagal

Rolade Daun Singkong. Resep rolade daun singkong memang sudah terbukti banyak yang mencari karena memang mudah dan hasil akhirnya cukup lezat dan bisa menjadi suguhan istimewa bagi keluarga. Bumbu yang tidak ribet dan proses pembuatan yang tidak memakan waktu lama menjadikan makanan ini begitu luar biasa memiliki banyak penggemar. Rolade daun singkong (Hanacaraka: ꦫꦺꦴꦭꦢꦼ ꦢꦻꦴꦤ꧀ ꦱꦶꦁꦏꦺꦴꦁ) adalah camilan gorengan khas Semarang.

Langkah Mudah untuk Membuat Rolade Daun Singkong Anti Gagal Buang daun singkong yang terlihat sudah tak layak pakai, lalu cuci hingga bersih dan tiriskan. Rebus daun singkong dengan sedikit garam hingga matang dan empuk. Daun singkong bisa diolah menjadi berbagai macam menu makanan dan salah satu olahan daun singkong lezat adalah dibuat menjadi rolade.

Anda sedang mencari inspirasi resep rolade daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal rolade daun singkong yang enak seharusnya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep rolade daun singkong memang sudah terbukti banyak yang mencari karena memang mudah dan hasil akhirnya cukup lezat dan bisa menjadi suguhan istimewa bagi keluarga. Bumbu yang tidak ribet dan proses pembuatan yang tidak memakan waktu lama menjadikan makanan ini begitu luar biasa memiliki banyak penggemar. Rolade daun singkong (Hanacaraka: ꦫꦺꦴꦭꦢꦼ ꦢꦻꦴꦤ꧀ ꦱꦶꦁꦏꦺꦴꦁ) adalah camilan gorengan khas Semarang.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rolade daun singkong, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan rolade daun singkong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat rolade daun singkong yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Rolade Daun Singkong memakai 7 bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Rolade Daun Singkong:

  1. Siapkan 1 ikat daun singkong.
  2. Siapkan 6 buah tahu ukuran sedang (saya pakai tahu kuning).
  3. Ambil 1 butir telur.
  4. Gunakan 3 siung bawang putih.
  5. Gunakan 1 batang daun bawang.
  6. Siapkan 1 sdt ketumbar.
  7. Siapkan secukupnya garam dan gula.
BARU  Resep Bening bayam jagung yang Enak

Rolade daun singkong merupakan salah satu jenis gorengan yang terbuat dari daun singkong rebus dicampur dengan tahu putih, telur, dan berbagai macam bumbu baru digoreng dengan tepung. Sajikan rolade daun singkong selagi hangat agar lebih lezat. Gulungan rolade akan dikukus hingga matang lalu diiris dan digoreng dalam balutan telur hingga kecoklatan. Sajian tahu goreng anda pun jadi lebih istimewa, menarik, dan menggugah selera.

Langkah-langkah membuat Rolade Daun Singkong:

  1. Siangi daun singkong dan rebus hingga melunak, angkat dan peras airnya hingga kering, sisihkan Peras tahu dan haluskan (semakin sedikit kadar airnya semakin bagus).
  2. Haluskan bawang putih, ketumbar tambahkan gula garam secukupnya..
  3. Campurkan tahu, telur, daun bawang dan bumbu. Aduk rata. Catatan : untuk mengkoreksi rasa supaya pas, sebaiknya dilakukam sebelum mencampurkan telur..
  4. Ratakan tahu diatas alas plastik (bisa menggunakan alumunium foil untuk mengukusnya) kemudian tumpuk diatasnya dengan daun singkong yang sudah direbus..
  5. Gulung tahu dan ratakan..
  6. Setelah selesai, kukus tahu yang sudah digulung selama 15 menit. Angkat.
  7. Setelah benar2 dingin baru dipotong dan siap untuk digoreng. Bisa digoreng dengan dicelup telur atau langsung digoreng tanpa dicelup telur. ? selamat mencoba.

Rolade mulanya terbuat dari daun singkong rebus yang digulung di dalam adonan tahu, dibungkus dengan daun pisang, dikukus, dipotong-potong, dicelupkan ke dalam adonan terigu, kemudian di goreng dengan minyak panas. Rolade Daun Singkong dibuat dalam beberapa versi. Selain dibentuk gulungan, ada pula rolade yang pembuatannya lebih mudah, yakni dengan dibentuk kepalan tangan. Rolade jenis ini lebih jamak ditemui di pedagang gorengan kaki lima. Selain itu, ada juga rolade daun singkong yang tidak menyertakan tahu di dalamnya.

Terima kasih telah membaca resep yang kami tampilkan di sini. Besar harapan kami, olahan Rolade Daun Singkong yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!