Resep Sayur Asam, Lezat

Diposting pada
Resep Sayur Asam, Lezat

Sayur Asam. Sayur asem is one of the signature dishes of the Sundanese people. Many popular Indonesian dishes come from this cuisine. Other than sayur asem, you may have heard of dishes such as lalap , karedok (similar to gado-gado , but with the emphasis of using raw vegetables), ayam bekakak/grilled chicken , soto bandung/beef and daikon soup , and ikan.

Resep Sayur Asam, Lezat The sweet and sour flavour of this dish is considered refreshing and very compatible with fried or grilled dishes, including salted fish, ikan goreng, ayam goreng and lalapan, a kind of vegetable salad usually served raw. Saat cuaca sedang panas, akan terasa begitu nikmat jika Kita mencoba makan masakan yang enak, segar namun juga gurih seperti sayur asem. Bukan hanya nikmat, sayur asem juga mempunyai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asam yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Sayur asem is one of the signature dishes of the Sundanese people. Many popular Indonesian dishes come from this cuisine. Other than sayur asem, you may have heard of dishes such as lalap , karedok (similar to gado-gado , but with the emphasis of using raw vegetables), ayam bekakak/grilled chicken , soto bandung/beef and daikon soup , and ikan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asam, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan sayur asam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur asam yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Asam memakai 18 bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sayur Asam:

  1. Ambil 1 ikat sedang Daun Ketela.
  2. Ambil 4 buah Krai sedang.
  3. Sediakan 1 ikat sedang Kacang panjang.
  4. Gunakan 10 siung Bawang Merah.
  5. Sediakan 5 siung Bawang Putih.
  6. Sediakan 3 buah Tomat sayur sedang.
  7. Gunakan 7 buah Cabe Merah Keriting Kecil.
  8. Gunakan 5 buah Cabe Setan (sesuai selera).
  9. Siapkan 5 buah Cabe Rawit Kuning (sesuai selera).
  10. Gunakan 3 biji Kemiri Utuh.
  11. Sediakan 1/4 sdt Terasi Goreng.
  12. Siapkan 1 ruas Lengkuas (sesuai selera).
  13. Ambil 2 lembar Daun Salam.
  14. Ambil Asam Jawa Matang / Asam Jawa Mentah (sesuai selera).
  15. Siapkan 1 sdm Garam.
  16. Siapkan 1,5 sdm Gula.
  17. Sediakan 1/4 sdt Royco (sesuai selera).
  18. Ambil 3 Liter Air (2 gayung ukuran 1,5 liter).
BARU  Resep Sayur Bening Kelor, Enak

Sayur asam atau sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin. Sayur asam dari Sumatra memiliki kuah yang lebih keruh, merah, dan berminyak dibandingkan dengan sayur asam Betawi yang berkuah. Rasa asam ini bisa hadir dari tiga macam sumber asam, yaitu asam jawa, asam muda, dan asam kandis.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Asam:

  1. Siapkan semua bahan. Kupas dan potong sayur sesuai selera. Cuci sayur hingga bersih..
  2. Kupas bawang merah, bawang putih dan lengkuas. Cuci bawang merah, bawang putih, tomat, cabe merah keriting kecil, cabe setan, cabe rawit kuning, kemiri utuh, lengkuas dan daun salam..
  3. Potong sedang bawang merah, bawang putih, tomat, cabe merah keriting kecil, cabe setan, cabe rawit kuning, kemiri utuh biar mudah untuk dihaluskan..
  4. Haluskan bawang merah, bawang putih, tomat, cabe merah keriting kecil, cabe setan, cabe rawit kuning, kemiri utuh, terasi goreng dan asam jawa matang..
  5. Setelah bumbu dihaluskan, gepuk lengkuas. Potong daun salam jadi dua..
  6. Sambil menghaluskan bumbu, nyalakan kompor. Rebus air terlebih dahulu kurang lebih 2 gayung ukuran 1,5 liter hingga mendidih..
  7. Setelah air mendidih, masukkan sayuran krai terlebih dahulu. Tunggu hingga krai sedikit matang. Masukkan sayuran kacang panjang. Tunggu hingga sedikit matang..
  8. Setelah sayuran krai dan kacang panjang sedikit matang, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Tunggu dan aduk hingga mendidih. Ketika sudah mendidih, masukkan sayuran daun ketela. Tunggu dan aduk hingga sedikit layu..
  9. Masukkan garam, gula dan royco sesuai selera. Aduk secara perlahan hingga mendidih..
  10. Matikan kompor..
  11. Sajikan ke dalam mangkok. Siap menikmati ??.

Kali ini sayurbox akan memberikan resep sayur asem dari berbagai wilayah di Indonesia yang ternyata bahan, resep dan rasanya berbeda sesuai dengan daerah masing – masing antara lain : sayur asem betawi, sayur asem banjar, sayur asem lombok. Sayur asem ala Sunda biasanya menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayur. Biasanya juga menggunakan kaldu daging sapi atau ayam untuk memperkaya rasa. Berikut ini kami tampilkan resep dan cara masak sayur asem Sunda yang mudah dibuat di rumah. Jangan lupa sediakan pelengkapnya agar acara bersantap dengan sayur asem Sunda semakin nikmat.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat sayur asam yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!