Bagaimana Menyiapkan Arsik ikan mujair Anti Gagal

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Arsik ikan mujair Anti Gagal

Arsik ikan mujair. Arsik Ikan Mujair with Tilapia Fish. Arsik Ikan Mas with Common Grass Crap. Toba version usually stewing the arsik until the bone is soften and easily chewed such being cooked in high pressurized presto.

Bagaimana Menyiapkan Arsik ikan mujair Anti Gagal Arsik adalah salah satu makanan khas Batak. Bumbu hampir sama dengan arsik biasanya, mirip bumbu kuning. Yang membuat beda dengan masakan lain adalah rasa bumbu andaliman.

Lagi mencari ide resep arsik ikan mujair yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal arsik ikan mujair yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari arsik ikan mujair, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan arsik ikan mujair enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Arsik Ikan Mujair with Tilapia Fish. Arsik Ikan Mas with Common Grass Crap. Toba version usually stewing the arsik until the bone is soften and easily chewed such being cooked in high pressurized presto.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat arsik ikan mujair yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Arsik ikan mujair memakai 19 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Arsik ikan mujair:

  1. Ambil 400 gram ikan mujair (5 ekor).
  2. Sediakan 2 batang serai, geprek.
  3. Sediakan 1 ruas lengkuas, setengah ruas di blender, setengah lagi di geprek.
  4. Siapkan 1/2 sdt lada bubuk.
  5. Siapkan Sesuai selera bawang batak (bisa diganti dengan kacang panjang/daun ubi).
  6. Ambil 3 lembar daun salam.
  7. Siapkan 1 genggam andaliman, di giling kasar/di blender.
  8. Ambil 2 buah asam cikala/siala, geprek.
  9. Gunakan 2 buah asam potong (skip, karna kehabisan).
  10. Gunakan Secukupnya air.
  11. Siapkan Secukupnya garam.
  12. Siapkan Bahan blender.
  13. Gunakan 6 siung bawang merah.
  14. Gunakan 3 siung bawang putih.
  15. Siapkan 3 butir kemiri.
  16. Siapkan 1 sdt bubuk kunyit (atau sesuai selera untuk warna kuning nya), bisa juga pakai kunyit.
  17. Gunakan 1 cm jahe.
  18. Gunakan 5 buah cabai merah (bisa ditambah sesuai selera atau ditambah cabe rawit).
  19. Ambil 1 buah tomat.
BARU  Resep Grilled Chicken, Lezat

Sebenernya pengen banget pake ikan mas toba, tapi berhubung d perantauan jadi geser pakai ikan mujair aja. Makanan ini selalu menjadi ciri khas khususnya di pesisir Danau Toba. Cita rasa dari makanan ini yaitu rasa asam dan manis pedas yang cocok disajikan sebagai hidangan sehari-hari. Untuk hidangan arsik ini biasa menggunakan ikan mujair atau ikan mas.

Cara membuat Arsik ikan mujair:

  1. Siapkan bahan.
  2. Siapkan kuali. Susun serai, lengkuas, asam cikala, daun salam dan andaliman sebagai dasar. Susuh ikan diatasnya. Lalu bawang batak (di susun juga di antara ikan) dan bumbu yg dihaluskan + bubuk kunyit diatas ikan. Masukkan air sampai ikan tenggelam. Taburin garam secukupnya dan lada bubuk. Tutup & hidupkan api..
  3. Setelah mendidih test rasa. Masak sampai kering atau dengan kuah sesuai selera. Siap untuk di sajikan.

Resep Masakan Batak Ikan Mujair Arsik Mudah dan Enak Koki Cilik pun bisa memasaknya—–untuk update video bermanfaat lain nya , silahkan subs. Torajalutaresort.com akan memperkenalkan Anda pada topik Khas Sumatra Utara di artikel berikut. Gambar yang berhubungan dengan bumbu arsik ikan disediakan gratis oleh Torajalutaresort. Selain artikel tentang topik tersebut Resep Ikan. Informasi resep masakan yang sedang anda cari adalah Resep Ikan Mujair Arsik.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat arsik ikan mujair yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!