Resep Jangan Lombok Ijo (Sayur Cabai Hijau) yang Enak

Diposting pada
Resep Jangan Lombok Ijo (Sayur Cabai Hijau) yang Enak

Jangan Lombok Ijo (Sayur Cabai Hijau). Resep Jangan Lombok Ijo (Sayur Cabai Hijau). "Jangan" disini artinya segala masakan berbahan sayur ya,bukan "tidak boleh melakukan sesuatu hal" ? Orang sini akan menyebut pendamping nasi berbentuk sayur itu sebagai "jangan/janganan" (misalnya jangan terong itu berarti ya masakan berbahan. Jangan Lombok Ijo ternyata mempunyai cita rasa yang lezat, karena terdapat gabungan antara rasa gurih dan manis. Sayur lombok ijo biasanya dinikmati selagi hangat bersama nasi merah,atau dapat juga dimakan bersama nasi putih.

Resep Jangan Lombok Ijo (Sayur Cabai Hijau) yang Enak Meski merupakan kuliner ndeso, namun tidak sedikit masyarakat yang ketagihan dengan citarasa sayur, yang telah menjadi menu andalan sehari-hari masyarakat pedesaan di Gunungkidul ini sejak. Cara buat sayur cabai hijau atau jangan lombok ijo. Sayur Lombok Ijo is one of special food from Gunungkidul, Yogyakarta.

Sedang mencari inspirasi resep jangan lombok ijo (sayur cabai hijau) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal jangan lombok ijo (sayur cabai hijau) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Resep Jangan Lombok Ijo (Sayur Cabai Hijau). "Jangan" disini artinya segala masakan berbahan sayur ya,bukan "tidak boleh melakukan sesuatu hal" ? Orang sini akan menyebut pendamping nasi berbentuk sayur itu sebagai "jangan/janganan" (misalnya jangan terong itu berarti ya masakan berbahan. Jangan Lombok Ijo ternyata mempunyai cita rasa yang lezat, karena terdapat gabungan antara rasa gurih dan manis. Sayur lombok ijo biasanya dinikmati selagi hangat bersama nasi merah,atau dapat juga dimakan bersama nasi putih.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari jangan lombok ijo (sayur cabai hijau), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan jangan lombok ijo (sayur cabai hijau) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat jangan lombok ijo (sayur cabai hijau) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Jangan Lombok Ijo (Sayur Cabai Hijau) menggunakan 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Capcay Simple, Bikin Ngiler

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Jangan Lombok Ijo (Sayur Cabai Hijau):

  1. Siapkan 300 gram tahu masak, goreng sesaat.
  2. Sediakan 12 buah cabai hijau besar (bukan keriting), belah dua.
  3. Ambil 2 lembar daun salam.
  4. Ambil 1 ruas lengkuas, memarkan.
  5. Sediakan 1 ruas jahe, memarkan.
  6. Gunakan 1 sdm gula merah.
  7. Sediakan 1 sdt garam.
  8. Siapkan Secukupnya kaldu bubuk.
  9. Ambil 1 bungkus Kara 200 ml.
  10. Gunakan 2 sdm kecap manis.
  11. Ambil 800-1000 ml air.
  12. Gunakan Secukupnya minyak goreng.
  13. Gunakan Bumbu halus.
  14. Ambil 3 buah kemiri.
  15. Sediakan 5 siung bawang merah.
  16. Siapkan 4 siung bawang putih.
  17. Gunakan Pelengkap:.
  18. Ambil Lontong.
  19. Siapkan Bawang goreng.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur lombok ijo yang siap dikreasikan. Ya, sayur Jangan Tempe Lombok Ijo memang sudah akrab di lidah. Sayuran ini terbuat dari bahan tempe, cabai hijau, dan kacang panjang. Semuanya dicampur dan diberi kuah santan.

Langkah-langkah membuat Jangan Lombok Ijo (Sayur Cabai Hijau):

  1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan..
  2. Tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warna, masukkan daun salam, jahe dan lengkuas. Aduk merata..
  3. Masukkan air, lanjutkan dengan tahu dan cabai hijau. Aduk merata. Tambahkan gula merah, garam dan kaldu penyedap..
  4. Setelah mendidih, masukkan santan dan kecap manis. Aduk merata..
  5. Setelah bumbu meresap dan kuah sedikit menyusut, matikan kompor. Jangan lombok siap disajikan dengan taburan bawang merah..

Dalam bahasa Jawa, "Jangan" berarti sayur dan "Lombok Ijo" berarti cabai hijau. Ya, sesuai namanya, masakan ini berbahan tempe dan cabai hijau yang dimasak dalam kuah santan. Sayuran ini konon berasal dari Gunungkidul – Yogyakarta, namun ada pula yang menyebutkan berasal dari Wonogiri – Jawa Tengah. Tambahkan tempe goreng, tahu goreng, air, petai, cabai rawit dan gula merah. Aduk rata, dan masak hingga mendidih dan gula larut.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat jangan lombok ijo (sayur cabai hijau) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!