Bagaimana Menyiapkan Ayam serundeng kelapa, Lezat Sekali

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Ayam serundeng kelapa, Lezat Sekali

Ayam serundeng kelapa. Lihat juga resep Ayam srundeng kelapa enak lainnya. Ayam goreng serundeng terkenal dengan cita rasanya yang lezat karena adanya bahan pelengkap lain yaitu serundeng kelapa yang renyah dan krispi. Maka tak mengherankan jika menu satu ini dijadikan menu favorit oleh sebagian masyarakat.

Bagaimana Menyiapkan Ayam serundeng kelapa, Lezat Sekali Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng – Sudah lama sekali rasanya saya ingin membagikan salah satu masakan berbahan dasar ayam yang disukai banyak orang ini. Bernama ayam goreng serundeng, ayam ini di olah dengan bumbu halus rempah ayam goreng sederhana. Yang kemudian di beri bumbu kelapa parut yang di goreng kering.

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam serundeng kelapa yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam serundeng kelapa yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Ayam srundeng kelapa enak lainnya. Ayam goreng serundeng terkenal dengan cita rasanya yang lezat karena adanya bahan pelengkap lain yaitu serundeng kelapa yang renyah dan krispi. Maka tak mengherankan jika menu satu ini dijadikan menu favorit oleh sebagian masyarakat.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam serundeng kelapa, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan ayam serundeng kelapa yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam serundeng kelapa yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam serundeng kelapa menggunakan 12 bahan dan 19 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Ayam serundeng kelapa:

  1. Sediakan 1 1/2 kg ayam (sayap lebih gurih).
  2. Ambil 1 butir Kelapa parut tanggung.
  3. Sediakan 10 siung Bawang putih.
  4. Ambil 5 siung bawang merah.
  5. Siapkan 1 sdm Ketumbar.
  6. Siapkan 1/2 sdt jintan.
  7. Ambil 2 ruas kunyit.
  8. Sediakan 1 ruas jahe.
  9. Sediakan 1 ruas besar lengkuas.
  10. Ambil 2 bh serai.
  11. Sediakan 5 lbr daun jeruk purut.
  12. Siapkan 2 lbr daun salam.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam opor kuning Anti Gagal

Resep Ayam serundeng kelapa. resep by elyanied. Panaskan sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus hingga harum. masukkan daun salam dan lengkuas (parut) dan ayam. tuang air dan cek rasa. diamkan sampai ayam menyerap bumbu/sampai air menyusut. Sekarang kita buat serundeng kelapa untuk resep Ayam Serundeng Kelapa Gurih. Caranya yakni masukkan parutan kelapa ke dalam wadah berisi sisa air ungkepan ayam dan aduk secara merata.

Langkah-langkah membuat Ayam serundeng kelapa:

  1. Potong ayam sesuai selera.
  2. Grill jintan dan ketumbar di teflon kurang lebih 2 menit, agara aromanya makin keluar.
  3. Blender bawang merah, putih, jahe, kunyit, ketumbar dan jintan.
  4. Geprek lengkuas & serai.
  5. Panaskan minyak dan tumis hasil blender di point ke 3 sampai wangi.
  6. Masukan lengkuas serai, daun jeruk & daun salam.
  7. Masukkan 1 – 1 1/2 liter air (sesuai ukuran wajan/panci).
  8. Tambahkan garam sesuai selera.
  9. Masukan ayam (ayam harus tenggelam semua).
  10. Masak hingga 10 menit.
  11. Matikan api 10 menit (agar bumbu meresap ke ayam dan lebih empuk).
  12. Nyalakn kembali wajan/panci dan masukkan kelapa parut.
  13. Masak kembali 15-20 menit (tergantung ukuran ayam).
  14. Angkat dan sisihkan ayam.
  15. Untuk kelapa parut masak hingga air surut (kelapa masih basah).
  16. Setelah surut airnya, peras kelapa parut).
  17. MAsak kembali sampai agak kering lalu sisihkan.
  18. Goreng ayam dan kelapa secara terpisah.
  19. Sajikan dengan lalapan, tempe dan sambal.

Jika sudah, maka siapkan wajan dan sedikit minyak lalu panaskan untuk mulai menggoreng. Pada pembuatan ayam serundeng kelapa menjadi salah satu komponen yang penting. Sebaiknya pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua. Nha, variasi dari serundeng ini tak hanya dari kelapa saja, tapi bisa dipadukan dengan berbagai bahan seperti, daging sapi, ayam, udang maupun tongkol. Pastinya semua variasi serundeng ini memiliki rasa yang enak dan khas.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam serundeng kelapa yang bisa Anda praktikkan di rumah. Selamat mencoba!