Resep Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok Anti Gagal

Diposting pada
Resep Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok Anti Gagal

Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok. Memang sih proses pembuatan ayam bakar taliwang khas Lombok ini butuh tenaga extra dan butuh waktu yang sedikit lama dibanding saat memesan di restauran. Tapi percayalah, rasa puas muncul saat mulai merasakan gigitan pertama ayam taliwang yang Bunda buat. Ayam Taliwang – Super Spicy Street Food in Lombok, Indonesia!

Resep Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok Anti Gagal Ayam rarang sendiri merupakan makanan khas Lombok yang berasal dari Rarang, sebuah desa yang berada di kabupaten Lombok Timur Ayam taliwang mempunyai banyak jenis, ada ayam taliwang pedas manis, sambal lima, pelecingan, bakar kecap, bakar madu, goreng asam, dan goreng biasa. Ayam taliwang adalah kuliner lezat khas Lombok yang punya cita rasa pedas. Biasanya ayam taliwang merupakan satu ekor ayam utuh yang direbus atau digoreng terlebih dahulu sebelum dibakar.

Lagi mencari ide resep ayam bakar taliwang khas lombok yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam bakar taliwang khas lombok yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam bakar taliwang khas lombok, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan ayam bakar taliwang khas lombok enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Memang sih proses pembuatan ayam bakar taliwang khas Lombok ini butuh tenaga extra dan butuh waktu yang sedikit lama dibanding saat memesan di restauran. Tapi percayalah, rasa puas muncul saat mulai merasakan gigitan pertama ayam taliwang yang Bunda buat. Ayam Taliwang – Super Spicy Street Food in Lombok, Indonesia!

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat ayam bakar taliwang khas lombok yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok memakai 17 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok:

  1. Gunakan 2 buah paha ayam utuh (cuci dan potong jadi 2).
  2. Gunakan 5 sdm kecap manis.
  3. Siapkan 160 ml air.
  4. Siapkan 1/2 sdt penyedap/micin.
  5. Siapkan Secukupnya kaldu ayam bubuk.
  6. Ambil Secukupnya garam.
  7. Sediakan Bahan Bumbu Tumis.
  8. Gunakan 6 butir bawang merah (haluskan).
  9. Ambil 3 siung bawang putih (haluskan).
  10. Sediakan 12 cabe merah keriting (haluskan).
  11. Gunakan 5 cabe rawit setan (haluskan).
  12. Ambil 1/2 keping gula merah (haluskan).
  13. Sediakan 1 sachet terasi ABC (haluskan).
  14. Sediakan 1/2 sdt kencur bubuk atau 1 cm kencur (haluskan).
  15. Sediakan 2 lembar daun salam (sobek).
  16. Sediakan 2 lembar daun jeruk (sobek).
  17. Ambil 2 batang sereh (geprek).
BARU  Resep Mie Goreng Jawa Anti Gagal

Ayam taliwang memiliki bumbu khas yang sangat berbeda dari ayam bakar pada umumnya. Berikut resep membuat ayam bakar taliwang khas Lombok, Nusa Tenggara Barat. Ayam bakar taliwang memiliki rasa yang cenderung sedikit pedas, sehingga pecinta pedas wajib banget coba. Sudah banyak tempat-tempat yang menjual hidangan ini, tetapi agar lebih murah sebaiknya bikin.

Langkah-langkah membuat Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok:

  1. Panaskan banyak minyak dengan api sedang. Tumis semua bahan bumbu hingga harum dan matang..
  2. Kecilkan api. Masukkan ayam. Bolak balik sesekali saja hingga ayam agak keemasan..
  3. Tambahkan air, kecap manis, kaldu ayam bubuk, dan garam. Aduk hingga rata dan tes rasa. Masak hingga air meresap dan menyusut. Pisahkan bumbunya untuk disiramkan..
  4. Panaskan grill/teflon dengan api kecil. Panggang bolak balik hingga merata. Tiriskan ke dalam wadah saji dan siramkan bumbunya. Siap santap ❤.

Ayam taliwang merupakan primadona kuliner yang menjadi ikon makanan khas masyarakat Lombok. Ayam taliwang memiliki sensasi rasa yang pedas dengan kuatnya kencur. Ayam yang digunakan ialah ayam kampung muda agar terasa lebih gurih dan empuk. Kenikmatan ayam Taliwang khas Lombok tidak bisa ditolak. Tidak perlu jauh-jauh, yuk buat sendiri di rumah.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan ayam bakar taliwang khas lombok yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!