Resep Rendang Ayam Mantul yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Rendang Ayam Mantul yang Bisa Manjain Lidah

Rendang Ayam Mantul. Ayam yg biasanya cuma di opor/ diungkep / disemur dll.akhirnya dr rasa penasaran pengen nyobain yg namanya masak rendang. Terinspirasi dari resepnya mbak Febrica, saya recook dan hasilnya di sukai seluruh keluarga. Ada beberapa bumbu yang saya tambah di banding resep asli.

Resep Rendang Ayam Mantul yang Bisa Manjain Lidah Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari rendang ayam mantul, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Rasa bumbu rendang yang disajikan dalam mie ayam tidak terlalu kuat seperti rendang umumnya. Selain tidak terlalu kental dan pedas, bahan yang digunakan juga bukan daging sapi melainkan potongan daging ayam.

Lagi mencari inspirasi resep rendang ayam mantul yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal rendang ayam mantul yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari rendang ayam mantul, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan rendang ayam mantul enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi suguhan spesial.

Ayam yg biasanya cuma di opor/ diungkep / disemur dll.akhirnya dr rasa penasaran pengen nyobain yg namanya masak rendang. Terinspirasi dari resepnya mbak Febrica, saya recook dan hasilnya di sukai seluruh keluarga. Ada beberapa bumbu yang saya tambah di banding resep asli.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan rendang ayam mantul sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Rendang Ayam Mantul memakai 29 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Rendang Ayam Mantul:

  1. Siapkan Ayam 1 kg (sy dada mentok).
  2. Siapkan 700 ml Santan kental.
  3. Siapkan 5 sdm Kelapa sangrai.
  4. Gunakan Bumbu halus:.
  5. Gunakan 1 . Bawang putih 7 siung.
  6. Gunakan 2 . Bawang merah 6 siung.
  7. Sediakan 3 . Cabe merah 4 biji (bs kurang / lebih sesuai selera pedasnya).
  8. Gunakan 4 . Jintan 1 sdt.
  9. Gunakan 5 . Lada bubuk 1 sdt.
  10. Gunakan 6 . Kemiri 6 biji.
  11. Sediakan 7 . Jahe seukuran kelingking.
  12. Ambil 8 . Kunyit seukuran kelingking.
  13. Siapkan note : blender semua bumbu halus hingga mjd pure.
  14. Ambil Bumbu cempung:.
  15. Ambil 1 . Sereh 2 batang.
  16. Sediakan 2 . Lengkuas seukuran jempol.
  17. Siapkan 3 . Daun salam 3 lembar.
  18. Ambil 4 . Daun jeruk 3 lembar.
  19. Ambil 5 . Daun kunyit 1 lembar (bisa di skip).
  20. Siapkan 6 . Cengkeh 2 biji.
  21. Sediakan 7 . Bunga lawang 2 biji.
  22. Sediakan 8 . Kayu manis seukuran telunjuk.
  23. Siapkan note : bumbu cemplung digeprek.
  24. Gunakan Bumbu tambahan:.
  25. Sediakan 1 . Garam 1 1/2 sdm.
  26. Siapkan 2 . Gula jawa 1/4 besar kepal tangan.
  27. Siapkan 3 . Penyedap rasa (boleh skip krn ayam sudah menghasilkn kaldu).
  28. Ambil 4 . Minyak goreng 2 sendok sayur.
  29. Siapkan 5 . Air 200 ml.
BARU  Resep Capcay bakso simpel yang Lezat

Meski demikian, bumbu rempah seperti pala, jintan, dan kapulaga yang menjadi ciri khas rendang, masih dominan terasa dalam potongan ayam. Indomie goreng rendang sapi/ayam Kaleo Buat yang suka indomie wajib pesan menu ini. Pilihannya ada nasi bakar ayam, tuna, teri, jamur, rendang, dan udang pete. Resep Unik Oseng paya campur tauge Ala Restoran.

Cara membuat Rendang Ayam Mantul:

  1. Siapkan santan kental dengan cara rebus perasan kelapa menggunakan api kecil sambil diaduk supaya santan tidak pecah (terpisah dr air). Gunakan santan yg mengapung diatas sbg bahan masakan rendang dll.
  2. Cuci bersih ayam yg sudah dipotong2. Lalu rebus sebentar kurang lebih 10 menit. Lalu tiriskan ayam..
  3. Siapkan wajan dan minyak goreng lalu tumis semua bumbu. Termasuk bumbu cemplung hingga harum dan berubah warna..
  4. Tambahkan air, garam, gula jawa, penyedap rasa. Tunggu larut dan masukkan ayam. Rebus ayam dalam bumbu sampai air kira2 menyusut 50%.
  5. Lalu tambahkan santan yg sudah diendapkan tadi. Ambil bagian kentalnya saja. Masak sampai menyusut. Jangan lupa sesekali diaduk..
  6. Masak dengan api sedang. Ketika sudah mulai menyusut kecilkan api lalu masukkan kelapa sangrai aduk2 lebih sering sampai santan benar2 menyusut dan mengeluarkan minyak..

Siap Saji Brudel Manado Enak Bergizi. Resep Terbaru Ayam Kecap Bawang Bombay Sedap Nikmat. Resep Populer Semur Daging Sedap Nikmat. Tumis Kembang Gandul / Bunga Pepaya dan Tips agar gak Pahit Gurih Mantul. Anda sedang mencari inspirasi resep rendang ayam yang unik?

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan rendang ayam mantul yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!