Resep Ayam saus telur asin Anti Gagal

Diposting pada

Ayam saus telur asin. Lihat juga resep Ayam Saos Telur Asin enak lainnya. KOMPAS.com – Ayam atau ikan goreng tepung saus telur asin, beberapa tahun belakangan menjadi tren di kalangan masyrakat Indonesia. Sajian ini punya banyak penggemar, sehingga semakin banyak restoran atau warung makan yang menjual hidangan saus telur asin.

Resep Ayam saus telur asin Anti Gagal Baluri sayap ayam goreng dengan saus tersebut secara merata. Setelah itu, menu sayap ayam goreng dengan saus telur asin pun siap kamu sajikan. Nah, tentunya menu menarik yang satu ini sangat cocok menjadi ide terbaik dalam membuat kreasi sayap ayam.

Sedang mencari inspirasi resep ayam saus telur asin yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam saus telur asin yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Lihat juga resep Ayam Saos Telur Asin enak lainnya. KOMPAS.com – Ayam atau ikan goreng tepung saus telur asin, beberapa tahun belakangan menjadi tren di kalangan masyrakat Indonesia. Sajian ini punya banyak penggemar, sehingga semakin banyak restoran atau warung makan yang menjual hidangan saus telur asin.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam saus telur asin, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan ayam saus telur asin enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam saus telur asin yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam saus telur asin memakai 13 bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Ayam saus telur asin:

  1. Sediakan 1/2 ekor ayam.
  2. Gunakan 5 butir kuning telur (aku pake telur ayam).
  3. Siapkan 3 butir bawang putih.
  4. Siapkan 3 buah cabai keriting merah.
  5. Siapkan 200 ml susu cair.
  6. Gunakan 2 buah butter (bisa juga mentega 2 sdm).
  7. Siapkan 3 buah daun jeruk/daun kari.
  8. Sediakan 1 sdt garam.
  9. Siapkan 1 sdt wijen sangrai (optional).
  10. Gunakan 1 sdt perasan lemon (optional).
  11. Ambil secukupnya Gula, lada.
  12. Gunakan 1 batang daun bawang uk. sedang.
  13. Sediakan Tepung serbaguna untuk ayam.
BARU  Resep Cemilan simple dari pinggiran roti tawar Anti Gagal

Untuk saus telur asin: Pisahkan kuning telur dari telur asin. Campur kuning telur asin dengan air kaldu ayam dan bubuk bawang putih, aduk rata. Lelehkan margarin, tumis bawang putih hingga harum, tambahkan cabai merah besar, daun kari dan campuran telur asin tadi. Tambahkan bubuk kunyit, kaldu ayam dan susu evaporasi.

Cara membuat Ayam saus telur asin:

  1. Potong ayam menjadi 12 bagian dan balurkan ke tepung serbaguna, goreng hingga kecoklatan/matang, angkat dan tiriskan.
  2. Cincang kasar bawang putih, cabai keriting, daun jeruk/kari dan daun bawang.
  3. Lumerkan kuning telur dengan 5sdm susu cair, campurkan dengan perasan lemon(optional).
  4. Tumis bawang putih dengan butter hingga harum, masukan kuning telur dan tuang sedikit demi sedikit sisa susu cair.
  5. Jika sudah agak mengental masukan cincangn cabai merah, daun bawang dengan daun jeruk/kari, bumbui dengan garam, gula, lada sesuai selera keasinannya pas, aduk sebentar hingga meletup, matikan kompor.
  6. Masukan ayam yg sudah digoreng tepung tadi kedalam saus telur asin, aduk hingga ayam terbalut sausnya. Taburi dengan wijen sangrai. Sajikan dengan nasi panas.

Membuat ayam saus telur asin ini sebeneranya sangat mudah, kendalanya hanya di bahan itu saja tapi saya yakin kalau di daerah lain di luar Bali daun ini jauh lebih mudah ditemukan terutama bagi teman-teman yang tinggal di kawasan yang masakannya sering menggunakan rempah daun sperti Aceh, Medan dan lain-lain. Cara memasak Dalam wadah masukkan potongan ayam beri lada, kaldu bubuk dan telor aduk rata. Ayam goreng tepung saus telur asin ini akan tetap renyah dan tidak jadi lembek walau langsung dicampurkan dengan sausnya. Tak hanya rasanya yang gurih, rasa asin dan nikmatnya aroma kari membuat ketagihan siapa saja yang menyantapnya. Untuk Anda masih bingung ingin memasak menu makan siang apa nanti, yuk intip resep praktis dan video tutorial masak dari Kokiku Tv berikut ini.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan ayam saus telur asin yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!