Bagaimana Membuat Opor Putih yang Menggugah Selera

Diposting pada
Bagaimana Membuat Opor Putih yang Menggugah Selera

Opor Putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Bagaimana Membuat Opor Putih yang Menggugah Selera Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka.

Lagi mencari ide resep opor putih yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor putih yang enak selayaknya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor putih, pertama dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan opor putih enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan opor putih sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Opor Putih menggunakan 16 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Opor Putih:

  1. Ambil 8 potong Ayam.
  2. Gunakan 1 buah Kentang.
  3. Ambil Bumbu halus :.
  4. Siapkan 8 butir Bawang Merah.
  5. Ambil 4 butir Bawang Putih.
  6. Ambil 4 butir Kemiri.
  7. Ambil 2 ruas Jahe.
  8. Gunakan Bumbu lainnya :.
  9. Ambil 2 ruas Lengkuas, geprek.
  10. Ambil 1 batang Sereh, geprek.
  11. Sediakan 3 lembar Daun Jeruk, sobek jadi 2.
  12. Siapkan 2 lembar Daun Salam.
  13. Sediakan Secukupnya Garam.
  14. Gunakan Secukupnya Gula.
  15. Siapkan Secukupnya Kaldu Jamur.
  16. Sediakan 1 Bungkus Santan Instant, ukuran kecil.
BARU  Resep Perkedel Kentang Daging, Enak Banget

Cara Memasak Opor Ayam tanpa Santan. Ilustrasi opor ayam © Wikimedia Commons/Sakurai Midori. Demikian cara memasak opor ayam yang enak dengan kuah putih tanpa kunyit. Resep Opor Ayam Putih Sederhana Spesial Lebaran Asli Enak.

Langkah-langkah membuat Opor Putih:

  1. Rebus ayam sampe 1/2 matang. Ini kadang ditambahin daun salam pas rebusnya. Jujur ga suka bau ayam rebus, jadi kasih daun salam biar minimize bau rebusan ayam. Sisihkan..
  2. Bumbu halusnya mommy blender sih. Kalo uleg, mommy ga mampu. Lol. Kasih minyak goreng secukupnya, masukkan bumbu halus, masukkan daun salam, sereh, lengkuas, daun jeruk, masak/tumis bumbu sampe wangi..
  3. Masukan ayam dan air rebusannya sedikit ya. Masukkan kentang. Kemudian, masukkan garam, gula, dan bumbu jamur. Aduk rata. Santan masukkan terakhir aja, aduk rata, masak sampe matang..
  4. Sebenernya mommy agak kurang suka makan daging unggas, jadi kentang ini alternatif tambahan aja. Selain buat nyerap rasa asin yang takutnya berlebihan, ini matching banget sama bumbu opor. Selamat mencoba ya ??.

Kalau kreasi olahan ayam berikut ini, dibuat dengan kuah spesial ayam masak putih. Rasanya yang lezat dan gurih dengan perpaduan. Opor ayam putih masih jadi favorit banyak orang saat menyantap ketupat Lebaran, selain opor ayam kuning dan gulai daging tentunya. Asal bumbunya pas, opor ayam putih buatan kamu tidak mungkin. Resep Opor Ayam Putih, Sedap Disajikan dengan Nasi atau Lontong.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor putih yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!