Resep Sayur Asem (manis kecut seger) yang Bikin Ngiler

Diposting pada
Resep Sayur Asem (manis kecut seger) yang Bikin Ngiler

Sayur Asem (manis kecut seger). Sayur asem or sayur asam is an Indonesian vegetable soup. It is a popular Southeast Asian dish orginating from Sundanese cuisine, consisting of vegetables in tamarind soup. Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem.

Resep Sayur Asem (manis kecut seger) yang Bikin Ngiler Sayur asam atau sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Ada banyak variasi lokal sayur asam seperti sayur asam Jakarta (variasi dari orang Betawi di Jakarta), sayur asam kangkung (variasi yang menggunakan kangkung), dan sayur asam ikan asin. Sayur asem termasuk sajian sehat yang menyegarkan.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem (manis kecut seger) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem (manis kecut seger) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Sayur asem or sayur asam is an Indonesian vegetable soup. It is a popular Southeast Asian dish orginating from Sundanese cuisine, consisting of vegetables in tamarind soup. Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem (manis kecut seger), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sayur asem (manis kecut seger) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat sayur asem (manis kecut seger) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur Asem (manis kecut seger) menggunakan 18 jenis bahan dan 2 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sayur Asem (manis kecut seger):

  1. Gunakan 7 bh Kacang Panjang.
  2. Sediakan 1 bh Terong.
  3. Siapkan Secukupnya Kangkung.
  4. Sediakan 1 bh Jagung Manis (potong-potong).
  5. Gunakan Secukupnya Nangka Muda (sdh direbus dulu) / bisa skip ga pakai Nangka. Atau bahan bisa dikreasi sendiri ya..
  6. Sediakan 1.500 ml Air.
  7. Gunakan Bumbu Halus:.
  8. Sediakan 1 butir Kemiri.
  9. Gunakan 3 bh Cabe Keriting.
  10. Gunakan 4 siung Bawang merah.
  11. Siapkan 3 siung Bawang putih.
  12. Sediakan Bumbu 2:.
  13. Gunakan 2 sachet Asam Jawa (sekitar 6 biji jika belum dibuang bijinya), direndam sedikit air panas, ambil airnya.
  14. Gunakan 2 sdt Garam.
  15. Siapkan 1,5 sdt Gula Pasir.
  16. Gunakan Secukupnya Gula Merah (boleh agak banyak sampai rasanya pas).
  17. Ambil 1/2 sdt Kaldu Ayam Bubuk.
  18. Ambil 2-4 lembar Daun Salam (sesuai selera).
BARU  Resep Ayam Rica diet tanpa minyak (210 kkal/porsi) Anti Gagal

Yuk intip kreasi resep sayur asem yang bisa Anda coba di rumah agar tidak membosankan. Masukkan lengkuas, daun salam, dan bumbu halus. Masukkan jagung manis dan melinjo, masak hingga jagung matang. Resep Sayur Asem – Sayur asem merupakan salah satu sayur yang mudah dimasak dan dihidangkan dalam waktu kapan saja.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem (manis kecut seger):

  1. Didihkan air, masukkan jagung sampai setengah matang, masukkan bumbu halus sampai tidak langu (kurleb 7 menit)..
  2. Masukkan bumbu ke-2, koreksi rasa. Masukkan terong & kacang panjang. Setelah empuk, masukkan kangkung & nangka muda rebus..

Selain mudah dimasak, bahan-bahan dari resep sayur asem cukup mudah didapat dan tidak membutuhkan uang yang mahal-mahal. Sayur asem ala Sunda biasanya menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayur. Biasanya juga menggunakan kaldu daging sapi atau ayam untuk memperkaya rasa. Berikut ini kami tampilkan resep dan cara masak sayur asem Sunda yang mudah dibuat di rumah. Sayur asem jakarta mempunyai cita rasa pedas, asam, dan segar.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asem (manis kecut seger) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!