Resep Ayam Woku Khas Manado, Lezat Sekali

Diposting pada
Resep Ayam Woku Khas Manado, Lezat Sekali

Ayam Woku Khas Manado. Resep Ayam Woku – Ayam woku adalah salah satu makanan khas asal Indonesia. Ayam woku berasal dari daerah Manado, Sulawesi Utara. Menjadi salah satu makanan khas daerah di Indonesia, kelezatan ayam woku tak perlu diragukan lagi.

Resep Ayam Woku Khas Manado, Lezat Sekali Hati-hati, bila menurut pengalaman, nasi sepiring saja belum cukup untuk puas menikmatinya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan khas Manado yang satu ini bercita rasa pedas dan sarat akan penggunaan. Bubur khas Manado ini berbeda dengan bubur ayam yang sudah beredar luas.

Lagi mencari ide resep ayam woku khas manado yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam woku khas manado yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam woku khas manado, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan ayam woku khas manado yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Resep Ayam Woku – Ayam woku adalah salah satu makanan khas asal Indonesia. Ayam woku berasal dari daerah Manado, Sulawesi Utara. Menjadi salah satu makanan khas daerah di Indonesia, kelezatan ayam woku tak perlu diragukan lagi.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam woku khas manado yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam Woku Khas Manado memakai 22 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ayam Woku Khas Manado:

  1. Gunakan 1 ekor ayam.
  2. Gunakan 1 buah tomat.
  3. Gunakan 3 batang daun bawang.
  4. Ambil 1 lembar daun pandan.
  5. Ambil 2 bungkus daun kemangi.
  6. Sediakan 3 lembar daun salam.
  7. Sediakan 2 batang sereh.
  8. Gunakan sepotong lengkuas (memarkan).
  9. Gunakan 5 lembar daun jeruk.
  10. Gunakan secukupnya garam.
  11. Ambil secukupnya gula.
  12. Sediakan secukupnya penyedap.
  13. Siapkan jeruk nipis.
  14. Ambil secukupnya kecap.
  15. Gunakan Bumbu Halus.
  16. Siapkan 6 siung bawang putih.
  17. Gunakan 10 siung bawang merah.
  18. Gunakan 12 buah cabe setan.
  19. Sediakan 10 buah cabe merah keriting.
  20. Siapkan 4 buah kemiri.
  21. Gunakan sepotong kunyit.
  22. Gunakan sepotong jahe.

Tinutuan hanya berisikan sayuran tanpa mengandung daging sehingga bisa dijadikan makanan pergaulan antarkelompok masyarakat di Manado. Ayam woku ini termasuk makanan khas Manado. Masakan ini punya citarasa gurih, pedas, dan aroma yang wangi. Ayam woku terasa lebih nikmat jika disajikan dengan nasi hangat.

BARU  Resep Ayam Goreng Saus Nanas yang Lezat

Langkah-langkah membuat Ayam Woku Khas Manado:

  1. Potong ayam sesuai selera, namun jangan terlalu besar. Setelah dicuci, lumuri ayam dengan jeruk nipis dan garam lalu diamkan sejenak..
  2. Haluskan semua bumbu halus dengan food processor dan tambahkan air dan sedikit minyak..
  3. Iris daun bawang, sereh, daun jeruk dan daun pandan. Potong pula tomat dan petik daun kemangi..
  4. Goreng ayam yg telah dilumuri jeruk dan garam hingga setelah matang. (gunakan api besar dan minyak panas agar ayam garing diluar namun tidak kering di dalam dagingnya).
  5. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu yg sudah dihaluskan dan masukkan daun salam, garam dan lengkuas yang telah dimemarkan. (tips apabila ketika menghaluskan bumbu terlalu banyak menambahkan air, maka tumis bumbu halus hingga pulen tidak hanya sekedar wangi agar bumbu tidak terasa mentah. Apabila hanya menambahkan air sedikit maka tumis sampai matang saja).
  6. Bila bumbu sudah matang maka masukkan sereh, daun jeruk dan daun pandan yg telah di iris. Tumis hingga wangi, lalu masukkan air secukupnya untuk mematangkan ayam. Jangan lupa tambahkan garam, gula dan penyedap lalu koreksi rasa..
  7. Ketika air sudah mulai panas maka masukkan ayam yg telah digoreng setelah matang, kecilkan api dan biarkan bumbu meresap kedalam ayam..
  8. Saat air sudah mulai berkurang dan bumbu sudah meresap, tambahkan kecap sedikit dan masukkan daun bawang serta daun kemangi dan tomat..
  9. Masak hingga daun kemangi layu lalu ayam woku siap disantap. Kalau saya lebih suka ayam woku yg masih banyak kuahnya tp kalo kurang suka dapat dimasak hingga air dan bumbu meresap ke ayam..

Cara memasaknya pun terbilang sederhana lho. Hal ini lantaran Resep Ayam Woku Khas Manado memiliki citarasa gurih, pedas, dan aroma yang wangi. Terlebih lagi jika disajikan dengan nasi Meski kadang orang melihat terlalu banyak rempah yang dibutuhkan untuk membuat Resep Ayam Woku Khas Manado, namun sebenarnya cara. Ayam Woku Khas Manado Yang Gurih Pedas Banget. Ikan Kakap Woku Resep Dan Cara Membuat Ikan Kakap Woku Belanga Khas Manado.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam woku khas manado yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!