Cara Gampang Menyiapkan Sayur asem betawi, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Sayur asem betawi, Bisa Manjain Lidah

Sayur asem betawi. Sayur asam memiliki filosofi menggambarkan keragaman. Ini terlihat dari isi sayuran yang beraneka ragam. Ada kacang panjang, jagung manis, labu, kacang tanah, melinjo, terung, nangka, jagung manis, daun melinjo.

Cara Gampang Menyiapkan Sayur asem betawi, Bisa Manjain Lidah Sesuai dengan namanya, sayur yang satu ini tentunya variasi dari orang betawi di Jakarta. Namun meskipun begitu bukan berarti kita yang tinggal di luar Jakarta tidak bisa mencicipi sayur yang satu ini. Sayur asem khas betawi ini tidak akan kalah nikmat dengan sayur asem variasi lainnya.

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur asem betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem betawi yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sayur asam memiliki filosofi menggambarkan keragaman. Ini terlihat dari isi sayuran yang beraneka ragam. Ada kacang panjang, jagung manis, labu, kacang tanah, melinjo, terung, nangka, jagung manis, daun melinjo.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem betawi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur asem betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur asem betawi yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur asem betawi memakai 17 bahan dan 8 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Sayur asem betawi:

  1. Ambil 1 buah jagung manis.
  2. Gunakan 1 buah labu siam.
  3. Siapkan 4 buah kacang panjang.
  4. Gunakan 50 gr kacang tanah kupas.
  5. Sediakan secukupnya Melinjo.
  6. Ambil secukupnya Daun melinjo.
  7. Gunakan 3 cabai merah keriting.
  8. Gunakan 1 cabai rawit merah.
  9. Sediakan 4 bawang merah (ukuran kecil).
  10. Gunakan 1 bawang putih.
  11. Gunakan 2 lembar daun salam.
  12. Gunakan 2 ruas lengkuas geprek.
  13. Ambil 1 buah asem segar.
  14. Ambil 3 sdt garam.
  15. Siapkan 2 sdt gula.
  16. Sediakan 1/2 sdt penyedap rasa.
  17. Siapkan 1/2 sdt terasi.
BARU  Resep Sayur Asem (Jawa Timur) Anti Gagal

Sayur asem khas Indonesia memiliki banyak jenis, tergantung daerah asalnya. Salah satu olahan sayur asem yang paling favorit yakni dari Betawi. Rasa kuahnya segar dengan isian yang lengkap. Berikut resep dan cara membuat sayur asem khas Betawi untuk inspirasi menu sehari-hari.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur asem betawi:

  1. Potong-potong kacang panjang, jagung dan labu siam.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih dan terasi.
  3. Panaskan air hingga mendidih lalu rebus terlebih dahulu jagung, melinjo dan juga kacang tanah sekitar 10 menit.
  4. Setelah itu masukan bumbu yg telah dihaluskan.
  5. Masukan daun salam, lengkuas yg telah di geprek, buah asam beserta garam.
  6. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa lalu koreksi rasa.
  7. Masukan labu siam, kacang panjang dan daun melinjo rebus hingga semuanya lebih empuk.
  8. Setelah semua dirasa empuk koreksi rasa kembali dan sayur asem siap dihidangkan.

Resep Sayur Asem Betawi ini sedikit berbeda dari sayur asem betawi pedas atau sayur asem bening kebanyakan. Memang cara membuat dan bahannya mungkin mirip dengan yang biasa Bunda bikin. Tapi rasanya dijamin beda karena pakai Kobe Bumbu Nasi Goreng Poll Ayaaam. Cita rasa ayamnya membuat resep sederhana jadi istimewa. Menu ini cocok untuk hidangan sehari-hari di rumah, apalagi bila keluarga.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sayur asem betawi yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!