Resep Sayur Asem Betawi, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Sayur Asem Betawi, Bisa Manjain Lidah

Sayur Asem Betawi. Check Out Great Products On eBay. Sayur asam memiliki filosofi menggambarkan keragaman. Ini terlihat dari isi sayuran yang beraneka ragam.

Resep Sayur Asem Betawi, Bisa Manjain Lidah Sayur asem atau asam yang dimaksud yaitu sayur asem Betawi Jakarta asli. Sesuai dengan namanya, sayur yang satu ini tentunya variasi dari orang betawi di Jakarta. Namun meskipun begitu bukan berarti kita yang tinggal di luar Jakarta tidak bisa mencicipi sayur yang satu ini.

Lagi mencari ide resep sayur asem betawi yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem betawi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem betawi, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan sayur asem betawi yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian istimewa.

Check Out Great Products On eBay. Sayur asam memiliki filosofi menggambarkan keragaman. Ini terlihat dari isi sayuran yang beraneka ragam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sayur asem betawi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem Betawi memakai 20 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sayur Asem Betawi:

  1. Siapkan 5 batang kacang panjang, potong2.
  2. Ambil 6 potong nangka muda.
  3. Gunakan 2 potong ukuran besar pepaya muda, potong kecil2.
  4. Ambil Segenggam daun melinjo.
  5. Ambil Segenggam kacang melinjo.
  6. Siapkan 1 potong ukuran besar labu siam,potong kecil2.
  7. Siapkan Seruas lengkuas, memarkan.
  8. Siapkan 2 buah asem jawa.
  9. Sediakan 5 lembar daun salam.
  10. Siapkan Segenggam kacang tanah, boleh di ancurkan sedikit atau tidak.
  11. Gunakan 4 potong jagung manis.
  12. Ambil 1 sdm garam, atau sesuai selera.
  13. Siapkan 1 sdm gula jawa, atau sesuai selera.
  14. Siapkan secukupnya Air.
  15. Ambil Bumbu halus.
  16. Siapkan 5 siung bawang merah.
  17. Gunakan 3 siung bawang putih.
  18. Sediakan 6 buah cabe keriting merah.
  19. Sediakan 2 biji kemiri.
  20. Siapkan 1/2 terasi yg bulat.
BARU  Resep Pepes Ikan Peda & Daun singkong yang Menggugah Selera

Sayur asem khas betawi ini tidak akan kalah nikmat dengan sayur asem variasi lainnya. Sayur asem khas Indonesia memiliki banyak jenis, tergantung daerah asalnya. Salah satu olahan sayur asem yang paling favorit yakni dari Betawi. Rasa kuahnya segar dengan isian yang lengkap.

Cara membuat Sayur Asem Betawi:

  1. Potong2 dan siapkan semua bahan sayur, cuci bersih..
  2. Tumis bumbu halus di dalam panci, tambahkan lengkuas dan daun salam, hingga harum tambahkan air..
  3. Masukan asem jawa, dan sayuran yg perlu dimasakan lama, seperti labu siam, nangka muda, pepaya muda, dan melinjo dan jagung.
  4. Jika sudah di rasa agak matang sayur yg td dimasukan, tambahkan sayur sisanya, tambahkan garam dan gula jawa. Aduk rata.
  5. Koreksi rasa, dan sajikan.

Berikut resep dan cara membuat sayur asem khas Betawi untuk inspirasi menu sehari-hari. Sayur asem Betawi di dalam isiannya memakai kacang tanah, belimbing sayur, labu siam, kacang panjang, jagung, dan asam Jawa. Selain itu, bumbunya ditambah dengan jengkol, dan oncom. Resep sayur asem Betawi juga memiliki kuah yang bening. Jika kali ini tertarik membuat sayur asem Betawi, Anda bisa berkreasi di rumah dengan memakai resep pilihan.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur asem betawi yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!