Resep Sayur Asem Khas Jakarta yang Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Sayur Asem Khas Jakarta yang Bisa Manjain Lidah

Sayur Asem Khas Jakarta. Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang. Beberapa daerah pun punya kekhasan masing-masing. Jakarta misalnya, punya sayur asem berkuah keruh dan bercitarasa kuat dari terasi, kemiri, dan cabai merah yang dihaluskan dalam bumbunya.

Resep Sayur Asem Khas Jakarta yang Bisa Manjain Lidah Kalau anda belum pernah dan ingin mencoba sayur asem khas Jakarta ini, bikin sendiri yuk di rumah dengan cara berikut. Resep Sayur Asem Jakarta – Versi wikipedia sayur asam atau sayur asem merupakan salah satu masakan sayur khas Indonesia yang disukai banyak orang. Saat ini ada banyak variasi lokal sayur asem dengan citarasa bumbu yang khas di setiap daerahnya.

Anda sedang mencari ide resep sayur asem khas jakarta yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem khas jakarta yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem khas jakarta, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sayur asem khas jakarta yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang. Beberapa daerah pun punya kekhasan masing-masing. Jakarta misalnya, punya sayur asem berkuah keruh dan bercitarasa kuat dari terasi, kemiri, dan cabai merah yang dihaluskan dalam bumbunya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, siapkan sayur asem khas jakarta sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur Asem Khas Jakarta menggunakan 20 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Sayur Asem Khas Jakarta:

  1. Ambil Isian Sayur (sudah bungkusan).
  2. Siapkan 2 potong jagung.
  3. Sediakan 4 buah kacang panjang.
  4. Gunakan 2 potong terong ungu.
  5. Ambil 2 potong waluh.
  6. Sediakan 6 buah mlinjo.
  7. Ambil Daun mlinjo.
  8. Ambil Taoge.
  9. Siapkan Bumbu halus.
  10. Gunakan 5 siung bawang merah.
  11. Sediakan 3 siung bawang putih.
  12. Gunakan 1 butir kemiri.
  13. Gunakan 1 cabe merah besar.
  14. Gunakan 1/2 sachet terasi ABC.
  15. Gunakan Bahan lain.
  16. Siapkan Secukupnya air.
  17. Gunakan 3-4 biji asam matang.
  18. Ambil Sejempol lengkuas (geprek).
  19. Sediakan Secukupnya gula dan garam.
  20. Gunakan Secukupnya penyedap/micin.
BARU  Resep Inspirasi Menu Tanggal Tua: BOBOR LEMBAYUNG, Enak

Seperti sayur asem Jakarta (variasi olahan sayur asem dari orang Betawi di Jakarta), sayur asem Sunda, sayur asem Jawa, sayur asem kangkung (kreasi. Salah satu varian sayur asem yang paling terkenal adalah sayur asem khas Jakarta. Menu ini berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, daun melinjo, dan kacang panjang. Pastinya, resep sayur asem khas Jakarta ini memiliki rasa lezat yang menyegarkan dan bikin kangen!

Cara membuat Sayur Asem Khas Jakarta:

  1. Didihkan air. Masukkan semua bumbu halus dan lengkuas. Aduk rata..
  2. Masukkan berurutan: jagung, buah mlinjo (tunggu agak empuk), waluh, terong, kacang panjang, terakhir daun mlinjo dan taoge (jangan sampai terlalu layu)..
  3. Tambahkan asam matang, gula, garam, penyedap/micin. Tes rasa dan siap santap ❤.

Tak perlu jauh-jauh ke Jakarta untuk menikmati semangkuk sayur asem. Sumber: Dwi Handayani alias Mami, sobat sekaligus eks rekan kerja. Ada berbagai variasi sayur asam di antaranya adalah Sayur Asem Jakarta. Ciri khas yang membedakan dari sayur asam yang lain adalah bumbunya memakai cabe dan kemiri. Makanya jangan heran kalau kuahnya agak keruh.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur asem khas jakarta yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!