Resep Sayur Asem Spesial (Tidak Bening), Enak

Diposting pada
Resep Sayur Asem Spesial (Tidak Bening), Enak

Sayur Asem Spesial (Tidak Bening). Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem.

Resep Sayur Asem Spesial (Tidak Bening), Enak Sebenarnya ada banyak olahan sayur yang populer di Indonesia. Sebut saja sayur bening dan sayur lodeh. Tahukah kamu apa yang unik dari sayur asem ini?

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur asem spesial (tidak bening) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem spesial (tidak bening) yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem spesial (tidak bening), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur asem spesial (tidak bening) yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur asem spesial (tidak bening) yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Asem Spesial (Tidak Bening) memakai 13 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sayur Asem Spesial (Tidak Bening):

  1. Sediakan 1 paket sayur asem, pisahkan sayur yang keras dan tidak.
  2. Siapkan 1 lembar daun salam.
  3. Sediakan Secukupnya asam jawa matang (bisa mentah).
  4. Sediakan 1 sdm gula pasir/ gula merah.
  5. Sediakan Secukupnya garam.
  6. Sediakan Secukupnya kaldu bubuk rasa sapi.
  7. Ambil 1000 ml air.
  8. Gunakan Bumbu halus:.
  9. Gunakan 3 siung bawang merah.
  10. Ambil 2 siung bawang putih.
  11. Ambil 1 sdt terasi.
  12. Siapkan 1 buah cabai merah (bisa skip).
  13. Siapkan 1 genggam kacang tanah.
BARU  Bagaimana Menyiapkan PECEL (DAUN UBI & KECAMBAH) Anti Gagal

Seperti namanya, sayur ini bercita rasa asam gurih nan segar. Tidak seperti sayur Yuk langsung aja simak resep Sayur asem bening endeessss… dijamin pasti enak! Menu Sayur asem bening endeessss… ini cocok untuk momen-momen spesial. Nah, kali ini kita coba yuk, ciptakan sayur asem kuah bening nan praktis (bumbu iris) sendiri di rumah.

Cara membuat Sayur Asem Spesial (Tidak Bening):

  1. Didihkan air, masukkan sayuran keras (labu siam, melinjo, wortel atau kecambah) dan daun salam..
  2. Sementara itu, siapkan bumbu halus. Siram dengan air mendidih, begitu pula dengan asamnya..
  3. Setelah sayuran keras setengah matang, masukkan bumbu halus. Biarkan satu kali didihan lagi..
  4. Lalu masukkan sayuran yang cepat matang, seperti daun kol, daun melinjo, kacang panjang atau daun bawang..
  5. Tambahkan bumbu lain berikut air asam jawanya. Aduk merata..
  6. Setelah rasanya pas, bumbu meresap dan kuah sedikit menyusut. Matikan api, dan siap disantap. Disajikan bersama sambal terasi dan ikan asin adalah pilihan sempurna..

Resep sayur asem bening terdengar sangat familiar untuk keluarga Indonesia. Terutama untuk wilayah Jawa, menu ini sudah tidak asing lagi di telinga. Sayur asam atau sayur asem adalah masakan sejenis sayur yang khas Indonesia. Menu Sayur asem (sayur bening ala jatim) ini cocok untuk momen-momen spesial. Yuk langsung aja simak resep Sayur asem bening dijamin pasti lezat!

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara membuat sayur asem spesial (tidak bening) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!