Resep Opor ayam putih dengan ketupat yang Sempurna

Diposting pada
Resep Opor ayam putih dengan ketupat yang Sempurna

Opor ayam putih dengan ketupat. Taburkan bawang goreng dan sajikan bersama ketupat. Opor ayam putih buatan kamu pasti enak kalau diracik dengan bumbu yang pas. Cek racikan bumbunya di resep opor ayam putih andalan ini.

Resep Opor ayam putih dengan ketupat yang Sempurna RESEP OPOR AYAM SUWIR PUTIH enak lezat gurih banget cocok untuk sayur ketupat/lontong !! Biasanya, opor ayam identik dengan ketupat atau lontong saat penyajian. Kelezatan opor ayam, terletak pada perpaduan bumbu, kuah kental dan kelembutan daging ayam.

Sedang mencari inspirasi resep opor ayam putih dengan ketupat yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam putih dengan ketupat yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Taburkan bawang goreng dan sajikan bersama ketupat. Opor ayam putih buatan kamu pasti enak kalau diracik dengan bumbu yang pas. Cek racikan bumbunya di resep opor ayam putih andalan ini.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam putih dengan ketupat, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan opor ayam putih dengan ketupat yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah opor ayam putih dengan ketupat yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Opor ayam putih dengan ketupat menggunakan 21 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Opor ayam putih dengan ketupat:

  1. Siapkan 2 ekor ayam negri, potong 8.
  2. Sediakan 1 ruas lengkoas.
  3. Sediakan 3 batang sereh.
  4. Sediakan 5 lembar daun jeruk.
  5. Ambil 5 lembar daun salam.
  6. Sediakan secukupnya santal kental.
  7. Siapkan secukupnya santan cair.
  8. Gunakan Secukupnya garam dan gula.
  9. Siapkan bumbu halus :.
  10. Gunakan 15 butir bawang merah.
  11. Ambil 5 butir bawang putih.
  12. Gunakan 1/2 sdt jinten.
  13. Ambil 1/2 sdm ketumbar sangrai.
  14. Ambil 1 ruas jahe.
  15. Gunakan 1 ruas kencur.
  16. Ambil 4 butir kemiri sangrai.
  17. Ambil secukupnya merica.
  18. Ambil bahan ketupat :.
  19. Ambil 2 cup beras.
  20. Gunakan 6 cup air.
  21. Siapkan perbandingan 1:3 dengan menggunakan cup yang sama, banyaknya bs di sesuaikan.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan ?? Beef & Cheese Quesadilla yang Bikin Ngiler

Opor ayam biasanya disajikan bersama ketupat. Kuahnya yang gurih dan aromanya bisa menggugah selera. SHUTTERSTOCK/AMALLIA EKAIlustrasi opor ayam yang biasa disajikan dengan ketupat saat Opor ayam, sajian berbahan utama ayam kampung dengan kuah santan dan bumbu halus putih. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Cara menyiapkan Opor ayam putih dengan ketupat:

  1. Ketupat saya buat semalam sebelum memasak opor ayam. Masak beras dalam rice cooker, tunggu sampai matang. Ketika matang, cetak di loyang, padatkan, biarkan dingin suhu ruang, kemudian bs disimpan di kulkas. Ketika mau dimakan, keluarkan ketupat pada suhu ruang, kemudian dpat dipanaskan dengan microwave atau kukus dengan dandang.
  2. Utk opor : tumis bumbu halus, masukan daun jeruk, daun salam, lengkuas, sereh. Masak sampai wangi..
  3. Masukan ayam, tumis sampai ayam berubah warna, kemudian tambahkan santan cair, biarkan masak sampai hampir mendidih, kemudian lanjutkan dengan memasukan santan kental, aduk terus hingga mendapat tekstur kental yang diinginkan..
  4. Tambahkan bumbu garam, gula dan merica sesuai selera. Dan opor ayam serta ketupat siap disajikan…

Kamu bisa bikin opor ayam putih yang rasanya sama-sama enak. Kalau sudah, taburi bawang goreng biar makin sedap. Opor ayam putih siap dinikmati dengan nasi atau ketupat. Cara Membuat Opor Ayam – Versi Wikipedia opor ayam merupakan masakan yang terkenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah Opor ayam ini seringkali disajikan bersama potongan ketupat/lontong kemudian ditambah sambal terasi, sambal tomat, sambal hijau, sambal.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat opor ayam putih dengan ketupat yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!