Resep Ayam Rica – rica (ala Mamer), Lezat Sekali

Diposting pada
Resep Ayam Rica – rica (ala Mamer), Lezat Sekali

Ayam Rica – rica (ala Mamer). Resep rica rica sendiri sebenarnya tidak harus menggunakan bahan daging ayam saja. Cita rasa pedas menjadi ciri khas resep yang tergabung dalam masakan indonesia yang satu ini. Dengan demikian siapapun dapat mencoba membuat masakan rica rica ala manado ini.

Resep Ayam Rica – rica (ala Mamer), Lezat Sekali Rasa pedas, gurih dan empuk daging ayamnya terbukti sangat cocok disajikan bersama nasi dalam. Ayam rica-rica merupakan salah satu masakan khas Manado, Sulawesi Utara, yang terkenal dengan cita rasa pedasnya. Dalam bahasa Manado, kata "rica" sendiri berarti "cabai" atau "pedas".

Sedang mencari inspirasi resep ayam rica – rica (ala mamer) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam rica – rica (ala mamer) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Resep rica rica sendiri sebenarnya tidak harus menggunakan bahan daging ayam saja. Cita rasa pedas menjadi ciri khas resep yang tergabung dalam masakan indonesia yang satu ini. Dengan demikian siapapun dapat mencoba membuat masakan rica rica ala manado ini.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam rica – rica (ala mamer), mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan ayam rica – rica (ala mamer) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat ayam rica – rica (ala mamer) yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam Rica – rica (ala Mamer) memakai 25 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Ayam Rica – rica (ala Mamer):

  1. Gunakan ? Bahan :.
  2. Ambil 500 gr ayam.
  3. Sediakan Secukupnya air jeruk nipis.
  4. Gunakan 500 ml air (secukupnya).
  5. Gunakan Secukupnya minyak gr utk menumis.
  6. Ambil ? Bumbu Cemplung :.
  7. Gunakan 3 lbr daun jeruk, buang tulang daun.
  8. Gunakan 1 lbr daun kunyit (optional), ikat.
  9. Gunakan 2 lbr daun salam.
  10. Ambil 1 bh Sere, digeprek, ikat.
  11. Gunakan 1 genggam daun kemangi.
  12. Ambil ? Bumbu (seasoning) :.
  13. Sediakan 2 sdt (Secukupnya) garam.
  14. Siapkan 1 sdt (Secukupnya) kaldu bubuk (jamur/ayam).
  15. Siapkan 1/2 sdt merica putih bubuk.
  16. Gunakan 1/2 sdt gula (optional).
  17. Sediakan ? Bumbu Halus :.
  18. Ambil 6 bh bawang merah.
  19. Siapkan 4 siung bawang putih.
  20. Gunakan 5 bh kemiri, disangrai.
  21. Ambil 10 bh cabe rawit merah (sesuai selera), sebagian biarkan utuh.
  22. Ambil 5 bh cabai merah keriting (bisa diganti 2 bh cabe merah besar).
  23. Ambil 1 ruas jari kunyit.
  24. Sediakan 2 ruas jari jahe.
  25. Sediakan 2 ruas jari lengkuas.
BARU  Resep Ayam Kecap yang Lezat

Ayam memang paling populer untuk dibuat rica, tapi hampir semua jenis daging, unggas, ikan air tawar. Resep Ayam Rica Rica – Siapa yang tidak mengenal kuliner yang telah menjamur ditengah masyarakat ini. Ayam rica-rica adalah salah satu kuliner kebanggaan masyarakat Indonesia khas dari Manado, Sulawesi Utara. Dengan aroma yang menggoda dibumbui dengan rempah-rempah pilihan.

Langkah-langkah membuat Ayam Rica – rica (ala Mamer):

  1. Cuci ayam, potong2 sesuai selera (sy potong2 kecil), lumuri dgn air jeruk nipis, remas2, diamkan sekitar 15 mnt. Kmdn cuci bersih kembali dan tiriskan..
  2. Panaskan wajan, beri minyak gr secukupnya. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan bumbu cemplung (daun jeruk, daun kunyit, daun salam, serai), kecuali kemangi. Masak kembali hingga matang..
  3. Tambahkan ayam, aduk rata. Stlh ayam berubah warna, tuang air, bumbui garam, merica, kaldu bubuk, gula. Aduk rata & masak sekitar 30 mnt dgn api kecil – sedang..
  4. Setelah air menyusut dan ayam matang, masukkan daun kemangi, aduk rata, koreksi rasa. Matikan kompor..
  5. Tata di piring dan siap disajikan ?.

Bumbu rica-rica khas Manado bisa dipadukan dengan aneka bahan, seperti ayam. Coba membuat ayam panggang bumbu rica-rica berdasarkan resep ini. Bumbu rica-rica khas Manado ini ternyata cukup mudah dibuat, lho. Yuk, simak resep membuat ayam rica-rica berikut! Daging ayam memang cocok diolah dengan berbagai bumbu.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Ayam Rica – rica (ala Mamer) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!