Resep Sayur Asam Jakarta yang Enak Banget

Diposting pada
Resep Sayur Asam Jakarta yang Enak Banget

Sayur Asam Jakarta. Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang. Beberapa daerah pun punya kekhasan masing-masing.

Resep Sayur Asam Jakarta yang Enak Banget Sumber: Dwi Handayani alias Mami, sobat sekaligus eks rekan kerja. Sayur Asem merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang. Terdapat berbagai macam variasi sayur asem yang ada di Indonesia.

Sedang mencari ide resep sayur asam jakarta yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asam jakarta yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Justru karena rasa asam yang unik, sayur ini jadi favorit banyak orang. Beberapa daerah pun punya kekhasan masing-masing.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asam jakarta, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan sayur asam jakarta enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan sayur asam jakarta sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Sayur Asam Jakarta memakai 20 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Sayur Asam Jakarta:

  1. Siapkan 1 buah jagung muda, potong bulat 1 cm.
  2. Sediakan 5 buah kacang panjang, potong 4 cm (aku cuma 4 buah).
  3. Sediakan 100 gr nangka muda(aku skip).
  4. Siapkan 3 sdm kacang tanah(aku 2 sdm).
  5. Siapkan 100 gr labu siam, potong kotak.
  6. Sediakan 100 gr daging berlemak, iris(aku skip).
  7. Sediakan 100 gr daun melinjo & buah melinjo.
  8. Gunakan 3 buah cabe hijau, belah jgn putus.
  9. Ambil 1 lembar daun salam(aku 2).
  10. Ambil 2 mata biji asam(aku 5 sdm air asam jawa/sesuaikan selera).
  11. Ambil 2 cm lengkuas, memarkan.
  12. Sediakan 1,5 liter air.
  13. Siapkan 1 sdm gula merah.
  14. Gunakan Bumbu halus:.
  15. Siapkan 4 siung bawang merah(aku 6 siung).
  16. Siapkan 1 siung bawang putih.
  17. Gunakan 2 buah cabe merah besar, buang bijinya.
  18. Gunakan 2 buah kemiri.
  19. Gunakan 1/2 sdt terasi.
  20. Sediakan secukupnya garam.
BARU  Resep Telur mix sayur beku #bandung_recookSariUtamiKimdonghwa Anti Gagal

Salah satu yang cukup populer adalah Sayur Asem Jakarta. Ciri khas yang membedakan resep sayur asem Jakarta dengan sayur asem yang lainnya adalah penggunaan bumbu cabe dan kemiri yang dihaluskan. Jakarta – Makan siang jadi makin lahap ditemani sayur asem Jakarta. Isiannya komplet, enak dimakan hangat dengan sambal, ikan goreng atau ayam goreng.

Cara membuat Sayur Asam Jakarta:

  1. Rebus air, daging berlemak dan kacang tanah dalam panci. Karena aku skip daging, jadi rebus air lebih dulu hingga mendidih, masukkan jagung muda dan kacang tanah. Masak hingga matang..
  2. Masukkan labu siam, kacang panjang, daun dan buah melinjo, cabe hijau, bumbu halus, daun salam, lengkuas. Aduk rata, biarkan mendidih. Beri air asam jawa, garam dan gula merah, aduk rata, koreksi rasanya..
  3. Sajikan hangat bersama nasi putih, sambal toge, ikan asin. Nikmatnyaaa?.

Sayur asem atau sayur asem, sesuai dengan namanya merupakan beragam jenis sayuran yang direbus. Kemudian diberi kuah dengan bumbu cabe dan larutan asam Jawa. Sayur asam/asem, adalah masakan berjenis sayur-sayuran khas masyarakat Indonesia. Terdapat banyak variasi; sayur asam Jakarta (variasi orang Betawi), sayur asem Jawa Timur, sayur asem Sunda, sayur asam kangkung, sayur asam ikan asin, sayur asem bening dll. Resep Sayur Asem Jakarta – Versi wikipedia sayur asam atau sayur asem merupakan salah satu masakan sayur khas Indonesia yang disukai banyak orang.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Sayur Asam Jakarta yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!