Bagaimana Membuat Sayur Asem Jakarta yang Lezat

Diposting pada
Bagaimana Membuat Sayur Asem Jakarta yang Lezat

Sayur Asem Jakarta. Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Indonesian sayur Sayur Asem Jakarta, resep, asli, Indonesia, step-by-step. Sumber: Dwi Handayani alias Mami, sobat sekaligus eks rekan kerja.

Bagaimana Membuat Sayur Asem Jakarta yang Lezat Jakarta misalnya, punya sayur asem berkuah keruh dan bercitarasa kuat dari terasi, kemiri, dan cabai merah yang dihaluskan dalam bumbunya. Sayur asem merupakan salah satu sayuran berkuah favorit nih, karena memang rasanya yang segeeerrr apalagi kalau masih anget-anget ya. Nah, untuk #PekanCooksnap kali ini saya bikin Sayur Asem Jakarta yang konon biasa disajikan di masyarakat Betawi ketika sedang berkumpul bersama.

Sedang mencari inspirasi resep sayur asem jakarta yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem jakarta yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem jakarta, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sayur asem jakarta enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian istimewa.

Lihat juga resep Sayur asem jakarta enak lainnya. Indonesian sayur Sayur Asem Jakarta, resep, asli, Indonesia, step-by-step. Sumber: Dwi Handayani alias Mami, sobat sekaligus eks rekan kerja.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur asem jakarta yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Sayur Asem Jakarta memakai 17 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sayur Asem Jakarta:

  1. Ambil 100 gr daging sapi / 1/4 kg iga sapi.
  2. Siapkan 1 ikat kangkung.
  3. Siapkan 1 buah labu siam (pilih yg muda).
  4. Ambil Secukupnya kacang panjang.
  5. Ambil secukupnya kacang tanah.
  6. Sediakan secukupnya taoge kedelai.
  7. Sediakan secukupnya daun melinjo.
  8. Gunakan sesuai selera air asam jawa.
  9. Siapkan 2 lembar daun salam.
  10. Gunakan 1 jempol laos, iris tipis.
  11. Sediakan Secukupnya gula merah, gula pasir, garam, kaldu jamur.
  12. Siapkan Bumbu halus :.
  13. Siapkan 5 siung bawang merah.
  14. Sediakan 3 siung bawang putih.
  15. Ambil 5 butir kemiri sangrai.
  16. Ambil 2 buah cabe merah besar (buang bijinya).
  17. Siapkan 1/2-1 sdt terasi (sesuai selera).
BARU  Resep MPASI Bubur Ikan Tuna Edamame dan Tomat Merah yang Sempurna

Dari kuahnya memang terlihat lebih keruh dan sedikit merah ya karena bumbunya yang diulek dengan tambahan cabe. Sayur Asem merupakan salah satu sayuran favorit banyak orang. Terdapat berbagai macam variasi sayur asem yang ada di Indonesia. Salah satu yang cukup populer adalah Sayur Asem Jakarta.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Asem Jakarta:

  1. Didihkan air, rebus daging, buang air darahnya. Rebus kembali untuk membuat kuah kaldu sayur asem..
  2. Siapkan semua bahan dan cuci bersih..
  3. Masukkan bumbu halus, salam, laos ke dalam kuah kaldu, didihkan kira2 10 menit. Sekalian beri gula merah, gula pasir, garam, kaldu jamur, air asam jawa..
  4. Lalu masukkan sayuran berurutan mulai yg paling keras dulu. Kacang tanah, sampai empuk. Lalu kacang panjang, labu siam, taoge, kangkung dan daun melinjo..
  5. Koreksi rasa kembali sampai rasa pas sesuai selera. Kalau saya lebih suka rasa gurih juga sedikit manis dengan asam sedikit. Krn kalo terlalu asam anak saya nggamau.?.

Ciri khas yang membedakan resep sayur asem Jakarta dengan sayur asem yang lainnya adalah penggunaan bumbu cabe dan kemiri yang dihaluskan. Jakarta – Makan siang jadi makin lahap ditemani sayur asem Jakarta. Isiannya komplet, enak dimakan hangat dengan sambal, ikan goreng atau ayam goreng. Sayur asem atau sayur asem, sesuai dengan namanya merupakan beragam jenis sayuran yang direbus. Kemudian diberi kuah dengan bumbu cabe dan larutan asam Jawa.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asem jakarta yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!