Cara Gampang Membuat Sayur Asem Ikan Asap khas Tuban Anti Gagal

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Sayur Asem Ikan Asap khas Tuban Anti Gagal

Sayur Asem Ikan Asap khas Tuban. Resep Sayur Asem Ikan Asap khas Tuban. Rindu sayur asem tuban yg pedes trus ada ikan asapnya. Di Tuban yang termasuk daerah pantai, dimana produk ikan laut cukup mudah didapatkan, maka seafood merupakan pilihan.

Cara Gampang Membuat Sayur Asem Ikan Asap khas Tuban Anti Gagal Kecambah Ale merupakan kecambah dari biji klampis yang banyak tumbuh di Kabupaten Tuban. Di Tuban Ale sangat lazim ditemui. Banyak makanan yang dicampur sama Ale, seperti sayur terong, terus apa gulai Ikan Nus, mangut dan lainnya.

Sedang mencari inspirasi resep sayur asem ikan asap khas tuban yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur asem ikan asap khas tuban yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Resep Sayur Asem Ikan Asap khas Tuban. Rindu sayur asem tuban yg pedes trus ada ikan asapnya. Di Tuban yang termasuk daerah pantai, dimana produk ikan laut cukup mudah didapatkan, maka seafood merupakan pilihan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem ikan asap khas tuban, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau hendak menyiapkan sayur asem ikan asap khas tuban yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah sayur asem ikan asap khas tuban yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur Asem Ikan Asap khas Tuban menggunakan 13 bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sayur Asem Ikan Asap khas Tuban:

  1. Gunakan 2 ekor dorang asap (atau ikan asap apa aja).
  2. Siapkan 1 ikat kangkung.
  3. Gunakan 5 bawang merah.
  4. Gunakan 2 bawang putih.
  5. Ambil 15 cabe rawit atau sesuai selera.
  6. Gunakan 1 ruas jari laos.
  7. Sediakan secukupnya Terasi.
  8. Sediakan Asem jawa.
  9. Gunakan Gula.
  10. Siapkan Garam.
  11. Siapkan Lada bubuk.
  12. Gunakan Penyedap (optional).
  13. Siapkan 600 ml Air mineral.
BARU  Resep Resep Sop Sayur / Sup Sayuran Sosis yang Enak Banget

Tentang rasa sayur asam klentang dengan ikan panggang ini tak diragukan lagi kelezatannya. Bagi yang tak terbiasa akan membayangkan bau amis dari ikan yang dimasukkan dikuah sayur asem. Tapi jika mencobanya langsung, bau amis itu pun hilang oleh rasa asam serta sensasi pedas yang agak manis serta rasa khas klentang yang jelas menggugah selera. Ikan asap banyak dijual di pasar tradisional.

Langkah-langkah menyiapkan Sayur Asem Ikan Asap khas Tuban:

  1. Goreng ikan asap terlebih dahulu lalu sisihkan.
  2. Ulek semua bumbu halus (bawang merah, bawang putih, cabe, terasi, laos).
  3. Sementara larutkan asam jawa dengan air panas secukupny.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai wangi.
  5. Masukan kurleb 600ml air.
  6. Masukkan air asam jawa secukupnya.
  7. Tambahkan gula, garam, lada bubuk, penyedap,.
  8. Masukkan kangkung tunggy sampai agak layu. Lalu masukkan ikan asap yang sudah digoreng.
  9. Koreksi rasa, selamat mencoba ?.

Dalam bentuk ikan utuh atau potongan daging. Jika suka, bisa memakai ikan cakalang asap khas Menado. Ikan asap umumnya agak keras dan kering dagingnya. Karena itu kukus dulu sebentar agar aromanya keluar dan tekturnya agak empuk. Kalau garang asem Tuban kan terkenalnya dengan lauknya yang menggunakan ikan, tapi garang asem ini mengunakan ayam kampung dan kaldu ayam kampung asli pula.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur Asem Ikan Asap khas Tuban yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang lezat untuk keluarga/teman maupun menjadi ide dalam berjualan makanan. Selamat mencoba!