Bagaimana Membuat Sayur Asem Khas Jawa Timur, Lezat

Diposting pada
Bagaimana Membuat Sayur Asem Khas Jawa Timur, Lezat

Sayur Asem Khas Jawa Timur. Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Bagaimana Membuat Sayur Asem Khas Jawa Timur, Lezat Untuk isinya bebas mau pake apa saja. Demi menerima tantangan dari mamah di weekend challenge kali ini langsung aja cuzz belanja bahan bahan ini buat masak sayur asem. Gunakan kangkung, tauge, dan timun krai sebagai bahan khas.

Lagi mencari ide resep sayur asem khas jawa timur yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem khas jawa timur yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem khas jawa timur, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika ingin menyiapkan sayur asem khas jawa timur yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis untuk membuat sayur asem khas jawa timur yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Sayur Asem Khas Jawa Timur menggunakan 9 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Sayur Asem Khas Jawa Timur:

  1. Gunakan 1 Ikat kacang panjang, potong2.
  2. Ambil 1 genggam Toge kedelai.
  3. Gunakan 2 bh wortel, potong korek api.
  4. Gunakan secukupnya Belimbing Wuluh / Asem mentah.
  5. Siapkan 1 cm lengkuas, geprek.
  6. Sediakan Gula dan Garam.
  7. Siapkan Bumbu Iris :.
  8. Gunakan 5 siung bawang merah.
  9. Sediakan 4 siung bawang putih.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Botok daun singkong yang Bikin Ngiler

Kalau sayur asem Jakarta, di dalamnya wajib ada pepaya muda dan nangka muda. Sedangkan sayur asem Jawa Timur, harus ada kangkung, tauge, dan timun krai sebagai isian khasnya. Resep Sayur Asem Khas Jawa Timur. Berhubung Suami lg kangen bgd Sayur Asem daerah kita sana.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem Khas Jawa Timur:

  1. Didihkan air. Masukkan bumbu iris,lengkuas dan belimbing wuluh (kebetulan gak ada stok asem).
  2. Masukkan wortel dan kacang. Bumbui dg gula dan garam.
  3. Test rasa. Jika sudah pas dan empuk sayurnya,kemudian masukkan toge kedelainya. Masak hingga matang.
  4. Selesai.

Jadilah hari ini Aku masak Sayur Asemnya wong Jawa timur. SAYUR ASEM KHAS JAWA TIMURBahan-bahan:- Tomat- Toge Kedelai- Kacang Panjang- Krai / Timun- Kubis- Jagung- Asem Mateng- Bawang Merah- Bawang Putih- Gula- Gara. Sama dengan sayur asem lainnya, sayur asem khas Jawa Timur ini pun memiliki cita rasa yang begitu enak dan pastinya akan menggugah selera. Kuah yang dicampur dengan rempah dan komposisi bumbu yang khas membuat hidangan sayur yang satu ini menjadi lebih istimewa. Sensasi asam dari kuahnya pun akan menyegarkan kita.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur asem khas jawa timur yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!