Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur bening (asem) yang Lezat Sekali

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur bening (asem) yang Lezat Sekali

Sayur bening (asem). Sayur asem from Central Java is indeed almost the same as sayur asem jakarta, sayur asem Sunda or sayur asem Aceh, both of which use tamarind as a spice to make the sour taste appear. The clear tamarind sauce is perfect as a lunch menu. Especially if accompanied by shrimp paste or chili sauce and enjoy it while it's still hot.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur bening (asem) yang Lezat Sekali Pernah bikin sayur asem pake kemiri + kacang tanah waktu ibu lg pergi sama temen"nya bilang 'ada. Sayur asem bening bisa menjadi pilihan bijak ketika Anda ingin memasak sayur untuk keluarga Anda dirumah. Selain segar, sayur asem bening juga kaya akan vitamin dan pastinya bisa membuat Anda sekeluarga lebih sehat.

Sedang mencari ide resep sayur bening (asem) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal sayur bening (asem) yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Sayur asem from Central Java is indeed almost the same as sayur asem jakarta, sayur asem Sunda or sayur asem Aceh, both of which use tamarind as a spice to make the sour taste appear. The clear tamarind sauce is perfect as a lunch menu. Especially if accompanied by shrimp paste or chili sauce and enjoy it while it's still hot.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur bening (asem), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sayur bening (asem) enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sayur bening (asem) sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sayur bening (asem) menggunakan 13 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

BARU  Cara Gampang Membuat Sayur bening bayem (kunci) Anti Gagal

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Sayur bening (asem):

  1. Siapkan Kecamba besar.
  2. Ambil Kacang panjang.
  3. Sediakan 3 buah Timun.
  4. Gunakan 1 siung Bawang merah jika ukuran besar, jika kecil 2-3 siung.
  5. Ambil 1 siung Bawang putih jika ukuran besar, jika kecil 2-3 siung.
  6. Ambil 1 buah Tomat.
  7. Gunakan seiris Laos.
  8. Ambil secukupnya Asem.
  9. Siapkan 3 lembar Daun salam.
  10. Gunakan secukupnya Air.
  11. Siapkan secukupnya Garam.
  12. Gunakan secukupnya Gula.
  13. Ambil secukupnya Micin.

Dengan kuah yang segar, dapat dipastikan makan Anda akan makin lahap dan mudah menelan nasi. First, boil water in a soup pot over medium-high heat. Add spice paste, lemongrass, daun salam, tamarind juice, coconut palm sugar, turmeric, salt, and white pepper. Masukkan bumbunya ke dalam air kemudian masak hingga matang.

Cara menyiapkan Sayur bening (asem):

  1. Siapkan bahan, potong kacang panjang sesuai selera, potong timun sesuai selera, dan iris bawang merah, putih & tomat.
  2. Didihkan air sekaligus kecambah sampai empuk.
  3. Setelah itu masukkan timun, kacang panjang, dan bumbu (2 sendok gula, 3 sendok garam, seujung sendok micin) bawang merah, putih, tomat, daun salam, asem, laos, hingga mendidih.
  4. Siap dihidangkan.

Masukkan sayur labu siamnya, labu, kacang panjang serta kecambah kedelai. Apabila sayur di atas sudah cukup matang, tambahkan jagung panjangnya & juga sayur kangkung. Bisa dibilang, sayur asem Sunda adalah yang paling populer dan banyak ditemukan di berbagai rumah makan Sunda maupun non-Sunda. Sayur asem ini juga sering disebut "sayur asem bening" karena memang warna kuahnya cenderung bening. Selain itu, sayur asem ini juga dibuat dengan bahan-bahan yang lebih sederhana dari jenis yang lain.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan sayur bening (asem) yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!