Resep Opor Ayam Anti Gagal

Diposting pada
Resep Opor Ayam Anti Gagal

Opor Ayam. Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Cara membuat opor ayam spesial lebaran – cara membuat opor ayam.

Resep Opor Ayam Anti Gagal The spice mixture (bumbu) includes galangal, lemongrass, cinnamon, tamarind juice, palm sugar. Resep Opor Ayam – Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah. Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam.

Lagi mencari ide resep opor ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal opor ayam yang enak seharusnya punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor ayam, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor ayam yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan istimewa.

Meski opor ayam dapat dimasak sesuai selera namun takaran bahan dan bumbunya harus pas. Nah bagi kamu yang sedang ingin mengolah opor ayam atau mencoba memasaknya di rumah, namun. Cara membuat opor ayam spesial lebaran – cara membuat opor ayam.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat opor ayam yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Opor Ayam menggunakan 18 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Opor Ayam:

  1. Gunakan 1 kg Ayam.
  2. Siapkan Bumbu Halus :.
  3. Gunakan 10 siung bawang merah.
  4. Gunakan 8 siung bawang putih.
  5. Ambil 3 ruas jahe.
  6. Sediakan 5 ruas kunyit.
  7. Sediakan 6 butir kemiri.
  8. Gunakan Bumbu Pelengkap :.
  9. Gunakan 2 ruas lengkuas.
  10. Siapkan 3 batang serai.
  11. Siapkan 6 lembar daun jeruk.
  12. Sediakan 3 lembar daun salam.
  13. Siapkan 1 sdt ketumbar bubuk.
  14. Sediakan 1/2 sdt merica bubuk.
  15. Gunakan Bahan Lain :.
  16. Siapkan 1 sdm gula.
  17. Siapkan 1 sdt garam.
  18. Sediakan 1/2 sdt kaldu jamur/penyedap rasa.
BARU  Resep Ayam serundeng, Lezat

Opor ayam merupakan masakan sejenis kari ayam yang sangat dikenal di Indonesia. Masakan ini telah dikenal luas di daerah lain. Bahkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia. Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti.

Cara menyiapkan Opor Ayam:

  1. Potong ayam 1 kg menjadi 14 potong. Cuci bersih kemudian rebus hingga matang. Kemudian goreng sebentar ayam. Tiriskan.
  2. Blender bumbu halus kemudian tumis bumbu, masukkan bumbu pelengkap..
  3. Tumis bumbu hingga harum dengan minyak secukupnya. Aduk rata hingga bumbu kesat. Blender kelapa parut tujuannya agar sari kani kelapa keluar semua..
  4. Kemudian peras kelapa ambil santannya dengan air 1L aduk rata masukkan bumbu halus..
  5. Setelah itu masukkan ayam. Tambahkan potongan daun bawang aduk rata tambahkan gula, garam dan penyedap jamur..
  6. Biarkan hingga meletup sebentar (jgn lama lama nanti santan pecah). Kemudian sajikan dengan lontong atau ketupat..

Varian opor ayam tersebut dipengaruhi oleh bumbu maupun bahan. Ada jenis opor ayam kuning dan opor ayam putih. Tapi tenang saja, keduanya tetap enak dan nikmat untuk disantap. Opor ayam ini pada dasarnya lebih identik dengan perayaan hari raya idul fitri. Lihat juga resep Opor Ayam ala Violet Azalea enak lainnya.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Opor Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!