Resep Ayam lodho Anti Gagal

Diposting pada
Resep Ayam lodho Anti Gagal

Ayam lodho. Ayam yang digunakan untuk membuat ayam lodho biasanya ayam kampung atau ayam pejantan. Kemudian, ayam dibakar hingga kulitnya gosong setelah itu disiram ke dalam kuah santan yang pedas. Cita rasa gosong kulit ayam ini yang membuat lodho terasa istimewa.

Resep Ayam lodho Anti Gagal Ayam lodho merupakan masakan khas Tulungagung dan Trenggalek, Jawa Timur. Kuliner ini biasanya terbuat dari ayam kampung yang sudah diolah lebih dahulu lalu diolah lagi dengan santan. Ayam lodho ini sepintas mirip dengan kare ayam atau opor ayam.

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam lodho yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam lodho yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam lodho, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan ayam lodho enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Ayam yang digunakan untuk membuat ayam lodho biasanya ayam kampung atau ayam pejantan. Kemudian, ayam dibakar hingga kulitnya gosong setelah itu disiram ke dalam kuah santan yang pedas. Cita rasa gosong kulit ayam ini yang membuat lodho terasa istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah ayam lodho yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Ayam lodho memakai 21 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Ayam lodho:

  1. Gunakan 1 kg ayam boiler/kampung.
  2. Sediakan Bumbu halus:.
  3. Siapkan 10 siung bawang merah.
  4. Sediakan 7 siung bawang putih.
  5. Gunakan 1 sdm ketumbar bulat sangrai.
  6. Gunakan 8 cm kunyit sangrai.
  7. Gunakan 2 ruas jahe sangrai.
  8. Ambil 2 ruas kencur sangrai.
  9. Ambil 5 cabe keriting.
  10. Sediakan 5 cabe rawit.
  11. Siapkan Bahan lainnya/cemplung:.
  12. Sediakan 5 lembar daun jeruk.
  13. Siapkan 3 lembar daun salam.
  14. Siapkan 4 serai ambil putihnya.
  15. Siapkan 2 ruas lengkuas geprek.
  16. Sediakan Cabe rawit (optional).
  17. Ambil Tambahan;.
  18. Ambil Gula.
  19. Gunakan Garam.
  20. Siapkan 500 mL santan kental.
  21. Sediakan 1,5 sdm Merica bubuk.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Mie Goreng Rumahan Anti Gagal

Tetapi tentu saja cita rasanya berbeda dengan kare atau opor. Yang khas dari ayam lodho adalah ayamnya dibakar atau diasap terlebih dahulu sebelum dimasak. Ciri khas lainnya adalah ayam lodho ini rasanya pedas dan biasanya disajikan dengan urap sayur. Citarasa Ayam Lodho yang khas juga merupakan hasil dari daging ayam yang diolah melalui dua tahapan.

Cara membuat Ayam lodho:

  1. Cuci bersih ayam tambahkan garam dan jeruk nipis, diamkan 5 menit, cuci bersih sekali lagi..
  2. Rebus ayam di air mendidih untuk menghilangkan kotorannya. Angkat dan tiriskan.
  3. Siapkan bumbu halus, ulek/blender bumbu..
  4. Tumis bumbu halus. Dan masukkan bumbu lainnya/cemplung kecuali cabe rawit. Tumis hingga harum.
  5. Masukkan ayam yg sudah di rebus dan tambahkan air kira-kira hingga ayam terendam..
  6. Masukkan santan kental dan aduk terus agar santan tidak pecah..
  7. Tambahkan gula, garam, merica bubuk dan cabe rawit. Koreksi rasa..
  8. Tunggu hingga ayam matang sempurna dan air menyusut/ hanya tertinggal santan kentalnya. Koreksi rasa sekali lagi.
  9. Makanan siap dihidangkan..

Pertama, daging direbus dahulu dalam rendaman santan kelapa dan racikan berbagai jenis rempah-rempah, antara lain: cabe rawit, daun salam, lengkuas, serai, daun jeruk, garam, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, dan jinten bubuk. Resep Memasak Ayam Lodho Jawa Timur – Siapapun yang hobi memasak tentunya akan faham betul bahwa daging ayam mampu dibuat menjadi berbagai macam olahan menu makanan yang sehat, nikmat dan maknyus. Apabila biasanya ayam banyak diolah menjadi sajian ayam goreng, ayam lodeh ataupun ayam bakar, cobalah Anda sesekali membuat menu masak ayam lodho. Ayam lodho merupakan sajian masakan yang bukan. Salah satu ayam lodho terkenal dan memiliki rasa yang lezat adalah tempat makan ayam lodho Pak Yusuf.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam lodho yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!