Bagaimana Membuat Bubur Ayam Kuning Bogor, Bikin Ngiler

Diposting pada
Bagaimana Membuat Bubur Ayam Kuning Bogor, Bikin Ngiler

Bubur Ayam Kuning Bogor. Kalau kangen dengan bubur ayam khas Cianjur, bisa mampir ke Bubur Ayam Putra Cianjur di Bogor. Di sini bubur ayamnya super enak disajikan dengan tumisan daun bawang yang ditumis. Resep Bubur Ayam kuah kuning Bogor.

Bagaimana Membuat Bubur Ayam Kuning Bogor, Bikin Ngiler Bahkan ada juga penjual bubur yang jualan sepanjang hari. Nah kalau berencana untuk ke Bogor, ada beberapa tempat makan bubur yang cukup terkenal. Bubur Ayam Kabita foto by travelingyuk.com.

Lagi mencari ide resep bubur ayam kuning bogor yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal bubur ayam kuning bogor yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari bubur ayam kuning bogor, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan bubur ayam kuning bogor yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Kalau kangen dengan bubur ayam khas Cianjur, bisa mampir ke Bubur Ayam Putra Cianjur di Bogor. Di sini bubur ayamnya super enak disajikan dengan tumisan daun bawang yang ditumis. Resep Bubur Ayam kuah kuning Bogor.

Di bawah ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah bubur ayam kuning bogor yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Bubur Ayam Kuning Bogor memakai 30 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Bubur Ayam Kuning Bogor:

  1. Ambil Bubur.
  2. Siapkan 3 gelas takar beras cuci bersih.
  3. Ambil 1/2 sdm garam (sesuaikan dgn selera).
  4. Ambil 2 lembar daun salam.
  5. Sediakan 1/2 kg daging ayam.
  6. Sediakan 1 lt air untuk merebus ayam.
  7. Siapkan 1/2 dari kaldu rebusan ayam untuk bubur ayam.
  8. Ambil 1/2 dari kaldu rebusan ayam untuk kuah santan.
  9. Sediakan Bumbu halus.
  10. Siapkan 4 siung bawang merah.
  11. Sediakan 4 siung bawang putih.
  12. Gunakan 1/2 sdt ketumbar bubuk.
  13. Siapkan 2 ruas kunyit.
  14. Ambil 1 ruas jahe.
  15. Sediakan Bumbu dapur.
  16. Gunakan 2 helai daun jeruk.
  17. Ambil 2 helai daun salam.
  18. Gunakan 1 batang serai.
  19. Gunakan 1/2 sdt garam (sesuaikan selera).
  20. Gunakan 1 saset kecil santan instant.
  21. Siapkan Secukupnya kaldu ayam bubuk.
  22. Siapkan 1/2 l air ditambahkan dgn 1/2 rebusan kaldu ayam.
  23. Ambil Minyak goreng untuk menumis.
  24. Siapkan Pelengkap.
  25. Ambil 50 gr kacang kedele yg digoreng.
  26. Gunakan 2 tangkai sledri iris halus.
  27. Ambil 100 gr kerupuk bawang digoreng.
  28. Ambil Cakwe iris secukupnya (resep terlampir).
  29. Siapkan Sambal, 10 bh cabe rawit merah rebus lalu haluskan.
  30. Siapkan Kecap manis.
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Pepes Kelapa 3 in 1 (Tahu, Tempe, Teri), Lezat Sekali

Bubur Ayam Tirza (Selera Keluarga) sumber gambar : @partnerlapar. Tekstur bubur yang ditawarkan itu sedikit encer, ditambah dengan suwiran ayam, pangsit goreng, dan potongan cakue. Uniknya tidak menggunakan bumbu kuning, sejenis chinese food gitu. Bubur ayam terkenal di Bogor yang terakhir adalah Bubur Ayam Tirza.

Cara menyiapkan Bubur Ayam Kuning Bogor:

  1. Rebus ayam dengan salam dan garam hingga matang. Angkat dan dinginkan, lalu suwir-suwir, sisihkan.
  2. Rebus beras dengan 1/2 kaldu ayam tadi, air, daun salam, garam dalam magiccom atau bisa dengan kompor hingga matang dengan kelembutan yg diinginkan. Cek rasa. Angkat..
  3. Haluskan bumbu, lalu tumis dengan tambahkan bumbu dapur (kec santan dan kaldu bubuk terakhir dimasukan). Tumis hingga harum, lalu tambahkan sisa kaldu dan air, masak hingga mendidih. Terakhir masukan santan, kaldu bubuk, aduk rata lalu cek rasa. Angkat..
  4. Siapkan pelengkap, mulai dari irisan cakwe (resep segera dilampirkan), kedelai goreng, irisan sledri, kerupuk bawang yg digoreng..
  5. Siapkan sambal rawit yang dihaluskan. Lalu tata bubur dalam mangkok, lalu tambahkan suwiran ayam, irisan cakwe, sledri, kacang kedele, lalu tuang kuah santannya. Sajikan bubur dengan kerupuk bawang, sambal, kecap manis, selamat menikmati…

Salah satunya Bubur Ayam Pak Kumis yang terletak di Pusat Jajanan Malam Devris, lebih tepatnya Jalan Kapten Muslihat, Bogor Tengah. Bubur Ayam Pak Kumis via instagram/@separuhakulemak. Jajanan ini memiliki kuah bumbu kuning dengan kaldu yang gurih. Bubur Ayam Abah Ujang – Air Mancur menghidangkan bubur ayam sebagai sajian utamanya. Masak beras bersama air, tambahkan daun salam dan garam, aduk terus sampai beras menjadi bubur.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan bubur ayam kuning bogor yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!