Cara Gampang Membuat Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau), Sempurna

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau), Sempurna

Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau). Resep Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau). Ini adalah masakan dengan nama Jangan Lombok Gunung Kidul (dalam bahasa jawa, Jangan diartikan sebagai masakan sayur). Masakan yg banyak ditemui dan menjadi makanan khas daerah Gunung Kidul, Yogyakarta dimana saya kecil dan tumbuh disana.

Cara Gampang Membuat Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau), Sempurna Sayur ini menjadi menu harian di desa-desa sekitar Jawa Tengah. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya. Hai semua,Hari ini saya memasak menu rumahan yaitu Sayur Tempe Krecek Lombok Ijo, masakah khas dari daerah Gunung Kidul.

Sedang mencari inspirasi resep jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau), pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Resep Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau). Ini adalah masakan dengan nama Jangan Lombok Gunung Kidul (dalam bahasa jawa, Jangan diartikan sebagai masakan sayur). Masakan yg banyak ditemui dan menjadi makanan khas daerah Gunung Kidul, Yogyakarta dimana saya kecil dan tumbuh disana.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau) memakai 10 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau):

  1. Gunakan 350 gram Tempe Kedelai.
  2. Gunakan 150 gram Cabe Keriting Hijau.
  3. Gunakan 700 ml Air Santan.
  4. Gunakan 5 siung Bawang Merah.
  5. Gunakan 5 siung Bawang Putih.
  6. Gunakan 50 gram Gula Jawa.
  7. Ambil 3 lembar Daun Salam.
  8. Ambil 4 lembar Daun Jeruk.
  9. Gunakan Secukupnya Garam.
  10. Siapkan Secukupnya Kaldu Bubuk.
BARU  Resep Sayur Bayam Bening Temu Kunci Anti Gagal

Menu sayur ini sangat lezat dan kuah. #resep #sayur #lombokijo #resepjanganlombok #resepmasakangunungkidul #resepsayurtempe #resepsayurcabehijautempe.ini adalah sayur favorit aku waktu masih tin. SAYUR TEMPE CABE HIJAU KHAS GUNUNGKIDUL Membuat jangan lombok krecek khas wonosari gunung kidul. Karena rasanya yang khas, makanan ini telah menjadi salah. Jangan Lombok Tahu Tempe enak lainnya.

Cara menyiapkan Jangan Lombok Gunung Kidul (Sayur Tempe Cabe Hijau):

  1. Pertama potong tempe kedelai menjadi bentuk balok kecil, kemudian goreng setengah matang, tiriskan. Tujuannya agar tidak hancur saat dimasukkan ke santan nanti..
  2. Cincang bawang merah dan bawang putih. Potong cabe keriting dengan cara tradisional seperti menyayat kayu saat meraut pencil, lihat foto. Tujuannya supaya teksturnya lebih terasa..
  3. Panaskan sedikit minyak goreng lalu tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Kemudian masukkan santan lalu daun jeruk, daun salam dan gula jawa. Panaskan dengan api agak besar, aduk terus supaya santan tidak pecah. Setelah santan mendidih kecilkan api kemudian masukkan tempe dan cabe keriting..
  4. Masak beberapa saat, kurang lebih 10 menit dengan api sedang atau hingga kuah sedikit berkurang dan tekstur cabe agak empuk. Sajikan dengan nasi hangat..

Lihat juga resep Sayur Lombok Ijo Tempe khas Gunung Kidul enak lainnya. Jangan Lombok / Sayur Tempe Tahu Puyuh Cabe Hijau. SAYUR TEMPE CABE HIJAU KHAS GUNUNGKIDUL Resep sayur tempe lombok ijo khas wonosari gunung kidul. Meski bahan utama adalah tempe tetapi karena porsi cabe hijaunya banyak jadi disebut Jangan/Sayur Lombok Ijo. Paling cocok disajikan bersama daun pepaya rebus.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan jangan lombok gunung kidul (sayur tempe cabe hijau) yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!