Resep Sayur lodeh (campur), Sempurna

Diposting pada
Resep Sayur lodeh (campur), Sempurna

Sayur lodeh (campur). Sayur lodeh can be served with steamed rice (separated or mixed in one plate), or with sliced lontong rice cake. Although sayur lodeh basically is a vegetarian dish, it is popularly consumed with ikan asin (salted fish), opor ayam, empal gepuk or beef serundeng. Sambal terasi ("shrimp paste chili sauce") is usually served separately.

Resep Sayur lodeh (campur), Sempurna Bahan: Cara Membuat Sayur Lodeh Nangka Muda: Rebus santan, bumbu halus, daun salam dan lengkuas sampai harum. Masukkan nangka muda, gula merah, serta garam. kemudian rebus hingga matang. Masukkan labu siam, terong, kacang panjang, cabai hijau, dan daun melinjo.

Lagi mencari ide resep sayur lodeh (campur) yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur lodeh (campur) yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sayur lodeh can be served with steamed rice (separated or mixed in one plate), or with sliced lontong rice cake. Although sayur lodeh basically is a vegetarian dish, it is popularly consumed with ikan asin (salted fish), opor ayam, empal gepuk or beef serundeng. Sambal terasi ("shrimp paste chili sauce") is usually served separately.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur lodeh (campur), pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau ingin menyiapkan sayur lodeh (campur) yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa cara mudah dan praktis dalam mengolah sayur lodeh (campur) yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Sayur lodeh (campur) memakai 15 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam menyiapkan Sayur lodeh (campur):

  1. Siapkan 1 bks nangka muda.
  2. Sediakan 1 bks rebung.
  3. Sediakan 1 ikat kacang panjang.
  4. Gunakan 1 bj terong.
  5. Ambil secukupnya Tahu, tempe.
  6. Gunakan bumbu halus.
  7. Ambil secukupnya Cabe merah, rawit.
  8. Sediakan Bawang putih.
  9. Siapkan Bawang merah.
  10. Sediakan Merica.
  11. Sediakan Kemiri.
  12. Gunakan Daun salam.
  13. Gunakan Daun jeruk.
  14. Sediakan Bumbu pelengkap.
  15. Siapkan Garam, penyedap rasa.
BARU  Resep Frozen Mix Vegetables, Bikin Ngiler

Itulah resep sayur lodeh tewel alias lodeh nangka muda yang enak. Langkah-langkah resep sayur lodeh terong : Tumis bawang merah dan bawang putih sampai layu, kemudian anda bisa masukkan cabe, teri, Laos Yang perlu anda ketahui, sayur lodeh santannya cairr ya alias tidak kental sama sekali. Langkah-langkah menyiapkan Sayur sawi campur terong: Didikan minyak oil. Masukan bumbu halus bawang merah & putih.

Cara menyiapkan Sayur lodeh (campur):

  1. Potong terong, kacang, tahu dan tempe.sambil nyiapin bumbu sekalian di haluskan.
  2. Didihkan air, rebus nangka muda, rebung, terong, dan kacang. Sambil tumis bumbu halus sampai harum.
  3. Jika air sudah mendidih. Masukkan bumbu halus yang sudah di tumis, masukkan sayuran. Tunggu sampai mendidih masukkan garam dan penyedap..

Aduk terus hingga sayuran benar-benar matang. Itulah resep dan cara memasak sayur lodeh khas Jawa. Sajikan sayur lodeh ini selagi hangat dengan ditemani nasi hangat dan lauk pauk pelengkap seperti teri, kerupuk dan juga sambal. Selamat mencoba dan bagikan resep sayur lodeh ini agar semua orang bisa merasakan kenikmatannya. Meskipun sayur lodeh identik dengan kuah santan, tapi sayur ini juga bisa dibuat tanpa tambahan santan lho.

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan sayur lodeh (campur) yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!