Resep Sayur Santan Daun Singkong yang Enak

Diposting pada
Resep Sayur Santan Daun Singkong yang Enak

Sayur Santan Daun Singkong. Jangan lupa ikan teri goreng sebagai pelengkapnya biar makin yahuut?? tambah emping juga maknyus? Resep Sayur Daun Singkong Dan Tempe: Pertama rebus daun singkong, setelah itu tiriskan, dan iris kasar. Tumislah bumbu halus dengan daun sereh, salam,dan lengkuas sampai harum. Tuangkan santan encer, masak sambil diaduk sampai mendidih.

Resep Sayur Santan Daun Singkong yang Enak Resep resep masakan udang Daun singkong Resep sayur daun singkong resep daun singkong. Sayur Santan Daun singkong siap dinikmati, cocok jika dipadukan dengan ikan goreng dan sambal. Gampang banget kan masaknya kokiers? ? Baca juga: Cara membuat Kari Kentang Salah satu masakan dari daun singkong yang bisa Anda coba adalah sayur santan pedas atau kadang disebut orang dengan 'Sayur Lodeh'.

Anda sedang mencari inspirasi resep sayur santan daun singkong yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur santan daun singkong yang enak selayaknya punya aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Jangan lupa ikan teri goreng sebagai pelengkapnya biar makin yahuut?? tambah emping juga maknyus? Resep Sayur Daun Singkong Dan Tempe: Pertama rebus daun singkong, setelah itu tiriskan, dan iris kasar. Tumislah bumbu halus dengan daun sereh, salam,dan lengkuas sampai harum. Tuangkan santan encer, masak sambil diaduk sampai mendidih.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur santan daun singkong, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan sayur santan daun singkong yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan sayur santan daun singkong sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa menyiapkan Sayur Santan Daun Singkong menggunakan 15 jenis bahan dan 9 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk menyiapkan Sayur Santan Daun Singkong:

  1. Sediakan 1/2 Ikat Daun Singkong.
  2. Sediakan 65 ml Santan (Santan kemasan).
  3. Sediakan 1 batang Sereh (geprek).
  4. Sediakan 1 buah daun Salam.
  5. Gunakan 1 Liter Air.
  6. Sediakan 1/2 sdt Garam.
  7. Sediakan Secukupnya Gula pasir.
  8. Sediakan Secukupnya Minyak untuk Menumis.
  9. Sediakan Bumbu Halus.
  10. Siapkan 5 buah Cabai Keriting.
  11. Sediakan 3 buah Cabai Rawit.
  12. Ambil 3 Siung Bawang Merah.
  13. Sediakan 2 Siung Bawang Putih.
  14. Sediakan 1 ruas Kunyit (seukuran 3,5cm).
  15. Gunakan 2 buah Kemiri.

Yang mana selain murah meriah juga nikmat dan enak. Komposisi yang tepat antara daun singkong yang sedikit pait dengan manisnya santan dan lazatnya rempah-rempah, pasti akan membuat banyak orang menjadi fans-nya. Resep sayur daun singkong ini sangat mudah dibuat, bahan-bahannya pun mudah didapatkan di pasar tradisional dan supermarket. Anda tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkan daun singkong segar untuk membuat hidangan ini, karena daun singkong adalah sayuran yang tetap tumbuh di musim apapun.

BARU  Bagaimana Menyiapkan Sayur asem betawi (bumbu instan) Anti Gagal

Cara membuat Sayur Santan Daun Singkong:

  1. Bulatkan niat untuk memasak dan jangan lupa baca basmallah lalu siapkan semua bahan.
  2. Petik daun singkong, cuci bersih dan rebus hingga empuk. Jangan lupa beri garam dalam merebus daun singkong (biar ga pahit ceunah) btw ini beli daun singkong 1 ikat, tp karena masaknya udah kesorean jadi dipake ½ ikat saja (yg makan juga berdua??) kalau sudah empuk, angkat dan tiriskan.
  3. Beralih ke bumbu halus. Siapkan bahan bumbu kemudian blender / uleg (keseringan blender Krn gapunya ulekan 🙁 sedih ih ??) sereh dan daun salam jangan ikut diblender, biarkan mereka utuh. Etapi sereh kudu digeprek gitu.
  4. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. Jangan lupa masukkan sereh dan juga daun salam.
  5. Tambahkan 1 liter air dan juga 65ml (1 sachet) santan kemasan. Aduk dan jangan lelah untuk terus diaduk agar santan menyatu dan tidak pecah. Aduk sampai mendidih. Tak lupa beri garam dan juga gula pasir. Gula pasir jangan banyak² nanti takut kemanisan, biar kita aja yg manis :") ehehehee.
  6. Masukkan daun singkong yang telah ditiriskan sebelumnya (untuk daun singkong optional boleh dipotong² lagi sesuai selera setelah ditiriskan atau bisa juga langsung dimasukkan tanpa dipotong terlebih dahulu. Saya gapake dipotong lagi. Setelah ditiriskan sampai dingin, hanya cukup dipisah²kan saja tiap helai daun biar ga nyatu. Nanti malah jadi sayur buntil 🙁 padahal niatnya sayur singkong biasa wahahaha?) jangan lupa diaduk ya biar saripati air, santan dan juga bumbu² dapat terserap oleh daun?.
  7. Taraaaaaaa.. setelah melalui beberapa tahap, akhirnya Sayur Santan Daun Singkong siap dihidangkan dan disantap?.
  8. Eits, sebagai tambahan boleh nih goreng ikan teri medannya. Duh ini nikmat banget kalau pakai ikan teri ini? beberapa ada yg dicampur langsung dgn sayur, tp saya lebih senang dipisah sebagai toping. Hihii.
  9. Selamat menikmati ❣️.

Agar lebih sehat, santan yang digunakan untuk mengolah. Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Berikan perasa makanan berupa garam, gula serta penyedap masakan ke dalam sajian daun singkong anda sehingga lebih terasa sedap dan gurih ketika disantap. Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan gurih terutama jika dipadukan dengan bumbu-bumbu yang pas.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur Santan Daun Singkong yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!