Resep Gulai Daun Singkong, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Resep Gulai Daun Singkong, Bisa Manjain Lidah

Gulai Daun Singkong. Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Resep Gulai Daun Singkong, Bisa Manjain Lidah Kuah santan yang gurih dan pedas dari gulai daun singkong memberikan kenikmatan berlipat. Cocok banget dinikmati dengan lauk lainnya. Kalau kamu punya stok daun singkong di rumah, tak ada salahnya mencoba mengolahnya jadi gulai, lho.

Sedang mencari ide resep gulai daun singkong yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal gulai daun singkong yang enak seharusnya mempunyai aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Hi Heidi, there are usually two versions, gulai daun singkong (curry version) and daun singkong rebus (plain boiled version). Gulai daun singkong is a delicious gulai (coconut curry, the base for dishes like gulai nangka) dish made of daun singkong or cassava leaves. This is one of the most popular ways of cooking this vegetable.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari gulai daun singkong, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar hingga cara mengolah dan menghidangkannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan gulai daun singkong enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah gulai daun singkong yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Gulai Daun Singkong memakai 16 bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam pembuatan Gulai Daun Singkong:

  1. Sediakan 1 ikat daun singkong, siangi, rebus hingga lunak, tiriskan.
  2. Ambil 50 gram teri jengki.
  3. Sediakan 65 ml santan instan.
  4. Ambil 500 ml air.
  5. Sediakan 10 cabai rawit merah, petik tangkainya (opsional).
  6. Gunakan 1 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan.
  7. Gunakan 3 lembar daun jeruk.
  8. Siapkan 2 cm lengkuas, memarkan.
  9. Gunakan secukupnya Garam.
  10. Sediakan Minyak untuk menumis.
  11. Siapkan Bumbu Halus.
  12. Gunakan 4 siung bawang putih.
  13. Ambil 7 butir bawang merah.
  14. Sediakan 2 buah cabai merah besar.
  15. Ambil 2 cm kunyit.
  16. Sediakan 1 sdt terasi udang.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Sayur Bening Bayam Anti Gagal

Caranya mudah, berikut resep gulai daun singkong untuk panduan memasakmu. Kalau kamu punya stok daun singkong di rumah, tak ada salahnya mencoba mengolahnya jadi gulai, lho. Bahan-bahan membuat gulai daun singkong Resep gulai daun singkong teri. Inilah resep gulai daun singkong teri yang bisa dijadikan sayur sekaligus lauk untuk makan siang.

Cara membuat Gulai Daun Singkong:

  1. Setelah daun singkong dingin, peras habis airnya, cincang kasar, sisihkan..
  2. Tumis bumbu halus, serai, lengkuas, dan daun jeruk hingga matang dan harum..
  3. Masukkan teri jengki, aduk rata..
  4. Masukkan daun singkong dan air, masak hingga air mendidih..
  5. Tambahkan santan dan garam, masak hingga daun singkong lunak, tambahkan cabai rawit, masak lagi selama 2 menit agar cabai rawit layu. Icip dan koreksi rasa, tambahkan garam jika perlu..

Rasa gurihnya dapat, apalagi daun singkongnya dimasak masih segar. Ditambah ikan teri sebagai protein hewaninya. Meskipun hanya ikan teri dan ukurannya kecil-kecil, tetapi sudah lebih dari cukup untuk dimasak dengan. Di daerah asalnya di Sumatra Barat, gulai daun ini biasanya dibuat dengan bahan dasar daun paku, makanya disebut "Gulai Daun Paku". Sementara di restauran padang saya sering melihat dengan bahan dasar kacang panjang dan kol.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Gulai Daun Singkong yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang sedap untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!