Langkah Mudah untuk Membuat Donat Water Roux yang Bikin Ngiler

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Donat Water Roux yang Bikin Ngiler

Donat Water Roux. Donat super lembut (metode water roux) enak lainnya. Awal ceritanya pas lihat ragi instan yg masih lumayan banyak ,Sudah lumayan lama(smp lupa terakhir buat apa?). Ehh ternyata dia bagun dari tidur nya? lihat itu ragi masih aktif jadi kebingungan mau buat apa.

Langkah Mudah untuk Membuat Donat Water Roux yang Bikin Ngiler Sebagian roti sobeknya langsung dimakan buat cemilan nonton. Anget-anget lembut enaaak masya Allah 😀 Resep dan Cara Membuat Donat Dengan Teknik Water Roux (Tang Zhong), Donat Jadi Lebih Lembut Donat sudah terbukti menjadi makanan rakyat. Memiliki harga jual terjangkau, rasa yang enak dengan berbagai varian rasa.

Lagi mencari ide resep donat water roux yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal donat water roux yang enak harusnya sih punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari donat water roux, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan donat water roux enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian istimewa.

Donat super lembut (metode water roux) enak lainnya. Awal ceritanya pas lihat ragi instan yg masih lumayan banyak ,Sudah lumayan lama(smp lupa terakhir buat apa?). Ehh ternyata dia bagun dari tidur nya? lihat itu ragi masih aktif jadi kebingungan mau buat apa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah donat water roux yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Donat Water Roux memakai 14 bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Donat Water Roux:

  1. Siapkan Bahan Water Roux.
  2. Siapkan 2 sdm Tepung protein tinggi (Cakra).
  3. Gunakan 125 ml air.
  4. Gunakan Bahan Adonan:.
  5. Gunakan 300 gr Tepung Protein tinggi (cakra).
  6. Ambil 3 sdm Gula pasir.
  7. Gunakan 1/2 sdm Ragi instant (Fernipan).
  8. Gunakan 1 sdm susu bubuk.
  9. Sediakan 1 btr telur.
  10. Sediakan 50 ml air (me: susu cair).
  11. Gunakan 3 sdm margarin.
  12. Ambil Minyak untuk menggoreng.
  13. Ambil Topping:.
  14. Siapkan Sesuai selera.

Bagi yang ingin memulai usaha, membuat donat juga menjadi salah satu pilihan terbaik. Donat (metode water roux) Udah lama nggak bikin donat, anak anak kangen dan minta dibuatkan. Kali ini ini aku mencoba metode water roux untuk membuat adonan lembut. Sebelumnya aku cuman bikin roti sih dengan cara ini, belum pernah coba di adonan donat.

BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Nasi goreng kemangi (no minyak, gula, santan, tepung), Enak

Langkah-langkah membuat Donat Water Roux:

  1. Bahan water roux dimasukkan dalam wajan lalu panaskan dan terus aduk hingga mengental, tidak perlu sampai meletup2. Matikan api, sisihkan biar dingin (suhu ruang)..
  2. Masukkan semua bahan adonan kering dalam wadah, aduk merata (saya menggunakan hand mixer). Tambahkan telur lalu susu sedikit demi sedikit, naikkan kecepatan mixer. Setelah rata tercampur terakhir masukkan margarin. Mixer/uleni hingga adonan kalis. Diamkan adonan dalam wadah tertutup lap kering bersih maksimal 1 jam hingga adonan mengembang 2 kali lipat..
  3. Kempiskan adonan, bagi adonan sesuai selera (saya 50 gr) lalu bentuk adonan. Diamkan kembali maksimal 20 menit, lalu goreng dengan api kecil. Cukup balik satu kali saja agar tidak menyerap minyak. Angkat setelah kekuningan. Setelah tidak panas, hiasi dengan topping sesuai selera. Kalau tidak habis simpan dalam tempat tertutup, donat masih empuk keesokan harinya.

Water roux merupakan teknik yang biasanya digunakan untuk membuat roti empuk yang memiliki tekstur lembut di dalamnya. Teknik ini telah banyak digunakan di beberapa negara oleh para toko roti dalam pembuatan produk-produk mereka, meski begitu teknik ini belum begitu terkenal di Indonesia, paling hanya orang-orang yang memiliki dasar ilmu memasak saja yang mengetahuinya. Setelah selesai, angkat adonan kemudian dinginkan dengan cara tutupi panci menggunakan plastik. Adonan water roux pun bisa digunakan langsung di adonan roti, seperti roti isi, donat, roti sobek atau pun adonan dough pizza. Jangan Sampai Salah, Ini Lho Cara Mendeteksi Telur Rusak Sebelum Diolah Selain itu, di negara-negara Asia, termasuk Indonesia, roux ini juga dimodifikasi menjadi water roux atau tangzhong yang digunakan sebagai starter untuk membuat roti, donat, atau pizza.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat donat water roux yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!