Langkah Mudah untuk Membuat Semur Ayam Anti Gagal

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Semur Ayam Anti Gagal

Semur Ayam. Semur ayam is a chicken and potato dish stewed in spices, nutmeg, and kecap manis (Indonesian sweet soy sauce). The taste is very bold, the chicken and potatoes tender and succulent, and you will want to mop up all the sauce with a big bowl of steamed white rice. Semur is easy to find in both cities, but there are significant differences between the two versions.

Langkah Mudah untuk Membuat Semur Ayam Anti Gagal I definitely prefer semur ayam Medan – Medan style chicken in nutmeg & sweet soy sauce, but it may just be my bias. Semur Ayam (Chicken Stew in Sweet Soy Sauce) Semur / se-mur / is an Indonesian dish made from boiled meat or chicken in thick brown gravy which made from sweet soy sauce. The word 'semur' itself derives from the Dutch word 'smoor' meaning 'smothered' or it could also mean the technique of cooking by boiling for a long time using a.

Anda sedang mencari ide resep semur ayam yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal semur ayam yang enak seharusnya memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari semur ayam, pertama dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika hendak menyiapkan semur ayam enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Semur ayam is a chicken and potato dish stewed in spices, nutmeg, and kecap manis (Indonesian sweet soy sauce). The taste is very bold, the chicken and potatoes tender and succulent, and you will want to mop up all the sauce with a big bowl of steamed white rice. Semur is easy to find in both cities, but there are significant differences between the two versions.

Nah, kali ini kita coba, yuk, ciptakan semur ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda dapat membuat Semur Ayam memakai 14 bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Semur Ayam:

  1. Sediakan 1 ekor ayam potong 10 (sesuai selera).
  2. Sediakan 2 sdm bumbu putih (bawang merah, bawang putih, kemiri yg dihaluskan).
  3. Siapkan 1 sdt cabe merah giling.
  4. Sediakan 1/2 biji pala, parut.
  5. Gunakan 2 lbr daun jeruk.
  6. Siapkan 2 lbr daun salam.
  7. Ambil 1 btg sereh geprek.
  8. Siapkan 1 cm jahe geprek.
  9. Gunakan 9 sdm kecap manis.
  10. Ambil 1 sdm saus tiram.
  11. Sediakan Sedikit lada bubuk.
  12. Ambil Garam.
  13. Siapkan Kaldu jamur (optional).
  14. Gunakan Air 700 ml (sesuaikan).
BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Manggo sticky rice yang Lezat

Lihat juga resep Semur ayam kentang enak lainnya. Semur ayam ini agak spesial, karena bumbu-bumbunya sedikit komplit, dengan tambahan kapulaga, kayu manis, pekak atau daun lawang, dan juga cengkeh. Namun, bumbu tersebut masih bisa Anda dapatkan dengan mudah dibeberapa warung ataupun pasar tradisional. Kali ini semur ayam gaya Betawi dengan bumbu lengkap.

Cara membuat Semur Ayam:

  1. Cuci bersih ayam, tiriskan.
  2. Tumis bumbu putih, daun salam, daun jeruk, sereh dan jahe dengan minyak secukupnya. Note : jangan terlalu banyak karna ayam akan mengeluarkan banyak minyak.
  3. Masukkan air, tambahkan cabe giling, kecap, saus tiram, aduk sebentar lalu masukkan ayam.
  4. Masak ayam sampai air menyusut dan berubah kecoklatan.
  5. Setelah kuah semur dirasa pas kentalnya, baru bumbui dengan garam lada dan kaldu jamur. Bumbu dimasukkan terakhir yaa biar gak keasinan :).
  6. Bila sudah dirasa pas, siap disajikan ?.

Semur merupakan jenis stew, hidangan yang dimasak dengan teknik slow cooking hingga kuah kental dan bumbu meresap. Jadi untuk sendiri maupun untuk keluarga, semur ayam saja rasanya sudah nikmat meskipun bersandingkan nasi putih saja. Tapi kalau bisa, sajikan juga resep masakan lainnya dari Masak Apa Hari Ini, ya! Dengan berbekal bahan-bahan setiap hari dan ayam segar, kamu sudah bisa memulai memasak sajian ini. Daging ayam merupakan salah satu makanan atau lauk yang sangat digemari orang Indonesia.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Semur Ayam yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang lezat untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi dalam berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!