Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam Semur Anti Gagal

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam Semur Anti Gagal

Ayam Semur. Semur ayam is a chicken and potato dish stewed in spices, nutmeg, and kecap manis (Indonesian sweet soy sauce). The taste is very bold, the chicken and potatoes tender and succulent, and you will want to mop up all the sauce with a big bowl of steamed white rice. Semur ayam is a part of Indonesian cuisine.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ayam Semur Anti Gagal Semur Ayam Medan – Medan Style Chicken in Nutmeg & Sweet Soy Sauce Some Substitutions. Of course, some ingredients are okay to be substituted. Original version uses Indonesian bawang merah, which I sometimes encounter.

Anda sedang mencari inspirasi resep ayam semur yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal ayam semur yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ayam semur, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan ayam semur enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi suguhan spesial.

Semur ayam is a chicken and potato dish stewed in spices, nutmeg, and kecap manis (Indonesian sweet soy sauce). The taste is very bold, the chicken and potatoes tender and succulent, and you will want to mop up all the sauce with a big bowl of steamed white rice. Semur ayam is a part of Indonesian cuisine.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat ayam semur yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Ayam Semur memakai 20 bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Ayam Semur:

  1. Sediakan 3/4 ayam yang sudah dipotong² atau 8 potong ayam.
  2. Ambil Bumbu halus.
  3. Sediakan 4 siung bawang merah.
  4. Gunakan 4 siung bawang putih.
  5. Siapkan 5 butir kemiri.
  6. Gunakan 4 buah cabai merah kriting.
  7. Siapkan 2 cm jahe, seukuran jempol tangan.
  8. Ambil 1/2 siung bawang bombai diiris (tidak diblender).
  9. Sediakan Bumbu pelengkap.
  10. Sediakan 1 butir buah pala.
  11. Sediakan 3 butir kapulaga.
  12. Siapkan 2 cm kayu manis.
  13. Siapkan 2 butir bunga lawang.
  14. Sediakan 3 butir cengkeh.
  15. Sediakan 2 lembar daun salam.
  16. Siapkan 1 bungkus ladaku.
  17. Gunakan Secukupnya garam.
  18. Gunakan Gula merah sejempol kuku ibu jari.
  19. Sediakan Air 2 cangkir (secukupnya).
  20. Siapkan 1/2 sendok tepung meizena, larutkan dengan sedikit air.
BARU  Resep Ayam Ungkep Bumbu Kuning (Tanpa Santan) yang Enak Banget

French shallot is very similar to bawang merah, but typically three times larger, and is the best substitute for bawang merah. When even French shallots mysteriously disappear. Semur Ayam (Chicken Stew in Sweet Soy Sauce) Semur / se-mur / is an Indonesian dish made from boiled meat or chicken in thick brown gravy which made from sweet soy sauce. The word 'semur' itself derives from the Dutch word 'smoor' meaning 'smothered' or it could also mean the technique of cooking by boiling for a long time using a.

Cara membuat Ayam Semur:

  1. Cuci bersih ayam yang telah di potong² lalu lumuri jeruk nipis, tiriskan.
  2. Panaskan minyak Dalam wajan, goreng sebentar ayam, tidak butuh waktu lama, cukup digoreng selama 2 menit saja (jangan digoreng garing biar tidak keras), setelah itu tiriskan.
  3. Blender semua bumbu halus.
  4. Panaskan wajan, tumis bumbu halus hingga benar² masak (agar tidak berbau), lalu masukkan irisan bawang bombay, tumis kembali.
  5. Masukkan ayam yang telah digoreng ke dalam wajan, aduk² bumbu hingga merata keseluruh ayam, cukup 2 menit saja.
  6. Lalu masukkan air, kecap, gula merah, garam, dan bumbu pelengkap.
  7. Kecilkan api, biarkan bumbu meresap Hingga 30 menit.
  8. Tambahkan larutan tepung meizena sambil di aduk perlahan, untuk mengentalkan kuah semur nya.

Semur ayam merupakan salah satu masakan yang cukup populer di Indonesia. Masakan ini jadi favorit banyak orang, karena rasanya yang gurih dan sedap dengan tekstur daging ayam yang lembut dan kombinasi bumbu dan kecap yang menyerap hingga ke tulang ayam, menjadi alasan kenapa banyak orang yang menyukai masakan ini. Semur ayam merupakan makanan favorit yang disukai tiap keluarga. Kali ini semur ayam gaya Betawi dengan bumbu lengkap. Lihat juga resep Semur ayam kentang enak lainnya.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam semur yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!