Resep Lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok) Anti Gagal

Diposting pada
Resep Lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok) Anti Gagal

Lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok). Lihat juga resep Gondok pisang enak lainnya. Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian. Lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok) Ikan pepes meruapakan makanan ciri khas Kalimantan Barat.

Resep Lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok) Anti Gagal Makanan ikan pepes dapat dibuat dari ikan laut atau ikan sungai. Demikianlah sekilas info tentang beragam tempat wisata kuliner di Magelang yang terkenal enak wajib dicoba. Jangan lupa catat listnya ya, siapa tahu membutuhkan saat berkunjung ke Kota Sejuta Bunga.

Anda sedang mencari ide resep lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok) yang enak selayaknya punya aroma dan cita rasa yang dapat memancing selera kita.

Lihat juga resep Gondok pisang enak lainnya. Dengan memakai Cookpad, kamu menyetujui Kebijakan Cookie dan Ketentuan Pemakaian. Lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok) Ikan pepes meruapakan makanan ciri khas Kalimantan Barat.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok), mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok) yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok) menggunakan 9 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam menyiapkan Lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok):

  1. Ambil 1/2 ikat daun ranti.
  2. Siapkan 1/2 ikat daun singkong.
  3. Sediakan 2 sendok ikan gondok kecil.
  4. Siapkan 1/4 kelapa parut.
  5. Ambil 1/2 sdm garam dapur.
  6. Sediakan 2 biji cabe rawit.
  7. Sediakan 2 helai daun pisang.
  8. Gunakan 1/2 sdm bumbu semur (bumbu kuning).
  9. Gunakan air untuk ngukus.
BARU  Bagaimana Membuat Tumis Daun Singkong+Teri+Terasi yang Lezat

Apabila sobat traveler punya rekomendasi tempat makan lain, bisa menambahkan melalui kolom komentar. digoreng, sedangkan untuk pepes dibutuhkan ikan mas dengan ukuran sedang sampai besar. Jenis ikan teri biasanya dihendaki ukuran ikan yang sangat kecil. Ukuran juga dapat digunakan untuk mengelompokkan ikan berdasarkan mutunya (grading), contoh udang. Ikan mas misalnya, ada yang dijual dengan ukuran kecil untuk tujuan digoreng, sedangkan untuk pepes dibutuhkan ikan mas dengan ukuran sedang sampai besar.

Langkah-langkah menyiapkan Lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok):

  1. Daun singkong dan daun ranti rebus dahulu 15menit, sisihkan..
  2. Ini ikan gondoknya ya bunda, segini aja, kemudian kelapanya diparut terlebih dulu, lalu campur dengan bumbu, taburi garam dan campur dengan ikannya..
  3. Taruh di daun pisang tutup rapet bikin kaya gulungan, lalu masukan ke kukusan yang sudah mendidih..
  4. Kukuslah selama 15-20 menitan, cek rasa dan matang, gampang banget kan bunda? ini bisa untuk satu x makan lho, kalau bareng sama suami ?? kalau sendiri bisa untuk 2x ??. selamat mencoba..

Jenis ikan teri biasanya dihendaki ukuran ikan yang sangat kecil. Penyakit gondok ini disebabkan oleh kekurangan konsumsi garam yodium. Dalam pemanfaatannya di Indonesia seringkali dihidangkan dalam bentuk lalapan segar , pelengkap Pecel, Urap atau pembuatan Pepes Ikan. Sedang di Thailand digunakan untuk bumbu kari hijau. Jangan keliru,…. istilah kari di Thailand tidak sama dengan istilah kari disini.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Lalapan pepes ikan teri (ikan kecil / gondok) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!