Bagaimana Menyiapkan Santan daun singkong, Sempurna

Diposting pada
Bagaimana Menyiapkan Santan daun singkong, Sempurna

Santan daun singkong. Terakhir, masukkan daun singkong, lalu masak sebentar. Setelah matang, angkat dan sajikan daun singkong santan. Itulah resep daun singkong santan yang bisa kamu coba di rumah.

Bagaimana Menyiapkan Santan daun singkong, Sempurna Tumislah bumbu halus dengan daun sereh, salam,dan lengkuas sampai harum. Tuangkan santan encer, masak sambil diaduk sampai mendidih. Masukan tempe, dan masak sebentar sambil terus diaduk supaya santan tidak pecah.

Lagi mencari ide resep santan daun singkong yang unik? Cara menyiapkannya memang susah-susah gampang. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal santan daun singkong yang enak selayaknya mempunyai aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari santan daun singkong, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan santan daun singkong enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan spesial.

Terakhir, masukkan daun singkong, lalu masak sebentar. Setelah matang, angkat dan sajikan daun singkong santan. Itulah resep daun singkong santan yang bisa kamu coba di rumah.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat santan daun singkong yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Santan daun singkong menggunakan 14 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Santan daun singkong:

  1. Sediakan 1 ikat kecil daun singkong.
  2. Gunakan 1 bungkus kecil santan.
  3. Sediakan 7 siung bawang merah (5 diulek, 2 dirajang).
  4. Siapkan 2 siung bawang putih.
  5. Siapkan 1 jempol kunyit.
  6. Gunakan 2 lembar daun salam.
  7. Sediakan 1 bh serei.
  8. Sediakan 1 bh lengkuas.
  9. Siapkan 15 cabe rawit.
  10. Sediakan 1 genggam rebon (boleh teri).
  11. Siapkan 1 papan pete kupas.
  12. Gunakan Garam.
  13. Siapkan Gula.
  14. Ambil Minyak.

Daun singkong ini biasanya hanya dibuang begitu saja, namun kali ini daun singkong akan kami buat menjadi sebuah masakan enak berupa sayur daun singkong kuah santan. Salah satu olahan daun singkong paling enak yaitu dibuat dengan bumbu gulai. Gulai daun singkong berkuah santan yang gurih-pedas ini sangat cocok dengan lauk apapun di rumah. Resep gulai singkong berikut ini begitu mudah.

BARU  Langkah Mudah untuk Menyiapkan Bobor kangkung yang Bikin Ngiler

Cara membuat Santan daun singkong:

  1. Cuci bersih daun singkong, rebus dengan air ditambah garam hingga empuk, tiriskan, peras, lalu rajang.
  2. Siapkan bahan, ulek 5 siung bawang merah dan 2 siung bawang putih, kunyit, 1 sdt garam kasar, hingga lembut, geprek serai, lengkuas dan remas daun salamnya.
  3. Tumis bawang merah yang sudah dirajang, tambahkan rebon hingga wangi, masukkan bumbu ulek dan geprek tadi, tumis hingga layu.
  4. Tambahkan cabe rawit utuh, dan pete tambahkan air masak hingga mendidih, masukkan daun singkong yang sudah dirajang.
  5. Tambahkan santan, beri garam, dan gula sambil cek rasa masak hingga mendidih..

Dilengkapi dengan tips-tips penting yang akan membuat masakan Anda lezat dan menggugah selera. Daun singkong salah satu sayuran favorit keluarga, selain harganya yang terjangkau. Berdasarkan artikel-artikel yang pernah saya baca di internet, daun singkong juga mempunyai segudang manfaat antara lain : mencegah penyakit tulang, mengobati reumatik, meningkatkan daya tahan tubuh, anti kanker, mempercepat pemulihan luka, mengatasi sakit kepala dan masih banyak lagi. Setelah santan anda mendidih lanjutkan dengan memasukan daun singkong yang telah di potong kasar ke dalam wajan sembari terus diaduk. Berikan perasa makanan berupa garam, gula serta penyedap masakan ke dalam sajian daun singkong anda sehingga lebih terasa sedap dan gurih ketika disantap.

Bagaimana? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan santan daun singkong yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!