Resep Ayam Serondeng Khas Pontianak yang Lezat Sekali

Diposting pada
Resep Ayam Serondeng Khas Pontianak yang Lezat Sekali

Ayam Serondeng Khas Pontianak. Brilio.net – Serundeng merupakan makanan khas Indonesia yang berbahan dasar dari parutan kelapa goreng. Umumnya rasa serundeng ini gurih Nha, variasi dari serundeng ini tak hanya dari kelapa saja, tapi bisa dipadukan dengan berbagai bahan seperti, daging sapi, ayam, udang maupun tongkol. Cara membuat mie glosor khas bogor.

Resep Ayam Serondeng Khas Pontianak yang Lezat Sekali Kali ini Popmama.com sudah merangkum cara membuat ayam serundeng khas Indonesia pada umumnya yang enak dan gurih plus bikin ketagihan. Hekeng sendiri merupakan makanan khas Pontianak yang terbuat dari berbagai jenis daging. Kudapan ini merupakan hasil akulturasi budaya Tiongkok dan Pontianak.

Sedang mencari ide resep ayam serondeng khas pontianak yang unik? Cara membuatnya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal ayam serondeng khas pontianak yang enak harusnya sih mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Brilio.net – Serundeng merupakan makanan khas Indonesia yang berbahan dasar dari parutan kelapa goreng. Umumnya rasa serundeng ini gurih Nha, variasi dari serundeng ini tak hanya dari kelapa saja, tapi bisa dipadukan dengan berbagai bahan seperti, daging sapi, ayam, udang maupun tongkol. Cara membuat mie glosor khas bogor.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari ayam serondeng khas pontianak, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan ayam serondeng khas pontianak yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah ayam serondeng khas pontianak yang siap dikreasikan. Anda dapat menyiapkan Ayam Serondeng Khas Pontianak menggunakan 16 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Ayam Serondeng Khas Pontianak:

  1. Siapkan 800 gr daging ayam (saya pake paha), potong sesuai selera.
  2. Gunakan 6 sdm maizena.
  3. Gunakan 6 sdm tepung bumbu/terigu.
  4. Ambil 2 bh jeruk sambal/kunci.
  5. Ambil secukupnya Garam dan lada.
  6. Siapkan Bumbu dan saus.
  7. Siapkan 6 siung bawang putih, iris tipis.
  8. Gunakan 8 siung bawang merah, iris tipis.
  9. Gunakan Lengkuas muda secukupnya, iris korek api.
  10. Ambil 3 bh cabe keriting, iris serong.
  11. Sediakan 4 sdm gula pasir.
  12. Sediakan 2 sdm kecap asin.
  13. Siapkan Secukupny air asam jawa (saya ganti air jeruk karena gak punya).
  14. Ambil Secukupnya garam dan saus tiram.
  15. Gunakan Secukupnya air.
  16. Ambil 2-3 sdm larutan maizena untuk mengentalkan.
BARU  Resep Manggo Sticky Rice Anti Gagal

Lazimnya hekeng dibuat menggunakan daging babi yang dihaluskan, lalu diolah bersama bumbu rempah. Jika dilihat, sekilas olahan ayam goreng yang satu ini mirip sekali dengan ayam goreng serundeng kelapa dan juga ayam goreng kremes yang terbuat dari tepung berbumbu. Karena rasanya yang enak dimakan dengan nasi putih hangat, selain ayam goreng lengkuas khas Sunda. Resep AYAM GORENG BUMBU KELAPA Padang Khas Bukittinggi ( ayam serundeng ).

Cara menyiapkan Ayam Serondeng Khas Pontianak:

  1. Marinasi ayam dengan garam, lada, dan air jeruk. Diamkan 1-2 jam.
  2. Campurkan maizena dan tepung bumbu. Balur ayam yang sudah dimarinasi..
  3. Panaskan minyak. Goreng ayam hingga matang pucat keemasan, angkat tapi jangan matikan api. Tiriskan ayam sebentar (kurang lebih 3 menit), kemudian masukkan kembali ke minyak panas. Goreng sampai cokelat keemasan. Tujuannya agar ayam lebih crispy meskipun nanti dibalur saus..
  4. Goreng duo bawang sampai garing, tiriskan. Gunakan kembali minyaknya untuk menggoreng lengkuas yang sudah diiris tipis sampai kecokelatan. Angkat dan tiriskan..
  5. Campurkan cabe yang sudah diiris, gula, kecap asin, garam, air asam jawa/air perasan jeruk, saus tiram, dan air secukupnya dalam wajan. Masak hingga mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena..
  6. Jika saus sudah berbuih, masukkan ayam goreng, bawang, juga lengkuas yang sudah digoreng. Aduk hingga merata. Angkat dan sajikan..

Cara membuat ayam serundeng enak dan lezat. Hari ini saya membuat Ayam Serundeng ala Warung atau Restoran Padang. Resep masakan ayam goreng khas pedagang kaki lima. Aneka resep serundeng dan cara membuat serundeng enak. Makanan Tradisional Khas Pontianak – Berkunjung ke Ibu Kota Kalimantan Barat, Pontianak tentu nggak akan lengkap tanpa mencoba berbagai makanan khas Pontianak.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara membuat ayam serondeng khas pontianak yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!