Cara Gampang Membuat Soto Ayam khas Bogor, Bisa Manjain Lidah

Diposting pada
Cara Gampang Membuat Soto Ayam khas Bogor, Bisa Manjain Lidah

Soto Ayam khas Bogor. Soto ayam is a yellow spicy chicken soup with lontong or nasi himpit or ketupat (all compressed rice that is then cut into small cakes) and/or vermicelli or noodles, it is from Indonesia. Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu.

Cara Gampang Membuat Soto Ayam khas Bogor, Bisa Manjain Lidah Kuliner soto sapi dan soto ayam khas bogor di pasar Cicurug Sukabumi milik pak Udin bogor mangkal didepan pasar cicurug pada setiap hari minggu kecuali hari senin-sabtu dibelakang pasar. Kalau kamu dari jakarta menuju sukabumi atau menuju pelabuhan ratu. Sajian khas dari Bogor ini bisa kamu temukan di mana-mana, mulai dari warung makan, resto, hingga gerobak tepi jalan.

Lagi mencari ide resep soto ayam khas bogor yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal soto ayam khas bogor yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Soto ayam is a yellow spicy chicken soup with lontong or nasi himpit or ketupat (all compressed rice that is then cut into small cakes) and/or vermicelli or noodles, it is from Indonesia. Soto ayam adalah makanan khas Indonesia yang berupa sejenis sup ayam dengan kuah yang berwarna kekuningan. Warna kuning ini dikarenakan oleh kunyit yang digunakan sebagai bumbu.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari soto ayam khas bogor, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan soto ayam khas bogor enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan soto ayam khas bogor sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Ayam khas Bogor menggunakan 18 bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

BARU  Resep Ayam panggang taliwang Anti Gagal

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Soto Ayam khas Bogor:

  1. Ambil 1/4 kg ayam.
  2. Ambil 600 ml santan.
  3. Gunakan 1 ruas lengkuas keprok.
  4. Sediakan 2 bh serai.
  5. Sediakan 5 lbr daun jeruk.
  6. Gunakan 2 lbr daun salam.
  7. Ambil 1 bh daun bawang iris halus.
  8. Gunakan 2 bh tomat potong.
  9. Siapkan Bumbu halus.
  10. Gunakan 10 siung bawang merah.
  11. Siapkan 5 siung bawang putih.
  12. Gunakan 1 ruas kunyit.
  13. Siapkan 1 ruas jahe.
  14. Sediakan 2 bh kemiri.
  15. Ambil 1/2 , sdt lada bubuk.
  16. Gunakan 1 sdt ketumbar bubuk.
  17. Gunakan sesuai selera Garam.
  18. Ambil secukupnya Gula pasir.

Namun, ada satu tempat menyantap soto mie yang pantang kamu lewatkan kalau singgah ke Bogor. Soto merupakan makanan berkuah yang biasanya berisi daging ayam atau daging sapi, tauge, tomat, telur dan sebagainya. Jika kamu mungkin merasa kesusahan atau malas mencari warung soto khas suatu daerah, kamu dapat membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah. Jadi, soto ayam selalu dalam keadaan hangat mengepul.

Cara menyiapkan Soto Ayam khas Bogor:

  1. Siapkan bahan,cuci ayam hingga bersih,setelah itu rebus ayam terlebih dahu.
  2. Haluskan bumbu,kemudian tumis sampai harum.
  3. Tambahkan santan aduk-aduk kemudian masukkan ayam aduk terus sampai mendidih.
  4. Hidangkan dengan tambahan bawang goreng,jeruk nipis dan tomat.

Soto Lamongan dari Bumbu Tjobek yang Warung nasi uduk dan soto khas Surabaya yang berlokasi di Jalan Akses Universitas Indonesia ini Rumah Makan Soto Banjar yang ada di Jalan Pajajaran, Bogor ini juga tak mematok terlalu tinggi. Semangkuk soto nikmat khas kota hujan ini berisi potongan daging dan jeroan sapi yang berlimpah, dengan kuah santan kuning super gurih. Selain tempat wisatanya yang menarik dan terjangkau, Bogor juga terkenal akan kulinernya yang lezat. Salah satu kuliner khas kota hujan yang digemari. Kalau soto, biasanya yang dipilih adalah soto ayam.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat soto ayam khas bogor yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!