Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Putih Anti Gagal

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Putih Anti Gagal

Opor Putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Putih Anti Gagal Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka.

Anda sedang mencari ide resep opor putih yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor putih yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari opor putih, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing kalau mau menyiapkan opor putih enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan opor putih sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Opor Putih menggunakan 18 bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan dalam pembuatan Opor Putih:

  1. Sediakan 1 ekor ayam pejantan, potong sesuai selera.
  2. Siapkan 1 btg serai.
  3. Siapkan 2 lbr daun salam.
  4. Siapkan 3 lbr daun jeruk.
  5. Gunakan 1 cm lengkuas.
  6. Siapkan 1/2 sdt ketumbar bubuk.
  7. Sediakan 1/4 sdt jintan bubuk.
  8. Ambil 1/2 sdt lada bubuk.
  9. Siapkan 1/2 sdt garam.
  10. Ambil 1/2 sdm gula pasir.
  11. Ambil 3 sdm minyak untuk menumis.
  12. Gunakan 750 ml air.
  13. Siapkan 100 ml santan instan.
  14. Ambil Bumbu Dihaluskan.
  15. Ambil 5 btr bawang merah.
  16. Gunakan 3 siung bawang putih.
  17. Siapkan 1/2 cm jahe.
  18. Sediakan 1 btr kemiri.
BARU  Resep Quiche lorraine, Lezat Sekali

Cara Memasak Opor Ayam tanpa Santan. Ilustrasi opor ayam © Wikimedia Commons/Sakurai Midori. Demikian cara memasak opor ayam yang enak dengan kuah putih tanpa kunyit. Resep Opor Ayam Putih Sederhana Spesial Lebaran Asli Enak.

Cara menyiapkan Opor Putih:

  1. Persiapan bahan.
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan jahe.
  3. Tumis ketumbar bubuk dan jintan bubuk hingga harum.
  4. Masukkan bumbu halus, tumis.hingga harum.
  5. Masukkan ayam, aduk rata.
  6. Masukkan serai, daun salam, daun jeruk dan lengkuas, aduk rata.
  7. Bumbui garam dan lada, aduk rata.
  8. Tuangi air, ungkep hingga matang.
  9. Tambahkan gula pasir, aduk rata. Koreksi rasa.
  10. Masukkan santan instan, aduk rata. Masak hingga bumbu meresap dan kuah menyusut..

Kalau kreasi olahan ayam berikut ini, dibuat dengan kuah spesial ayam masak putih. Rasanya yang lezat dan gurih dengan perpaduan. Opor ayam putih masih jadi favorit banyak orang saat menyantap ketupat Lebaran, selain opor ayam kuning dan gulai daging tentunya. Asal bumbunya pas, opor ayam putih buatan kamu tidak mungkin. Resep Opor Ayam Putih, Sedap Disajikan dengan Nasi atau Lontong.

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan opor putih yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!