Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor putih Anti Gagal

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor putih Anti Gagal

Opor putih. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor putih Anti Gagal Perbedaan opor ayam kuning dan opor ayam putih sebenarnya hanya terletak pada satu bahan yakni, penggunaan kunyit. Opor ayam biasanya memiliki bentuk berwarna kuning. Nah, bagi sebagian orang mungkin ada yang tidak suka.

Anda sedang mencari ide resep opor putih yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal opor putih yang enak seharusnya mempunyai aroma dan rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari opor putih, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menghidangkannya. Tidak usah pusing jika hendak menyiapkan opor putih enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi sajian spesial.

Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran. Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Opor kuning menggunakan kunyit, sedangkan opor ayam putih tidak.

Nah, kali ini kita coba, yuk, kreasikan opor putih sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor putih menggunakan 17 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan dalam menyiapkan Opor putih:

  1. Gunakan 1/4 kg ayam.
  2. Gunakan 3 butir telur itik.
  3. Gunakan 3 buah tahu putih (goreng).
  4. Ambil 8 butir bawang merah.
  5. Gunakan 5 siung bawang putih.
  6. Gunakan 4 butir kemiri.
  7. Sediakan 2 sdt ketumbar.
  8. Sediakan 1/2 sdt jinten.
  9. Gunakan 2 lbr daun salam.
  10. Sediakan 3 lbr daun jeruk.
  11. Sediakan 1 tangkai serai.
  12. Sediakan 1 ruas lengkuas.
  13. Ambil 1 bungkus santan instant.
  14. Siapkan 1 sdm gula merah.
  15. Sediakan secukupnya Air.
  16. Ambil secukupnya Minyak.
  17. Ambil secukupnya Garam.
BARU  Langkah Mudah untuk Membuat Chicken quesadilla, Enak

Cara Memasak Opor Ayam tanpa Santan. Ilustrasi opor ayam © Wikimedia Commons/Sakurai Midori. Demikian cara memasak opor ayam yang enak dengan kuah putih tanpa kunyit. Resep Opor Ayam Putih Sederhana Spesial Lebaran Asli Enak.

Cara membuat Opor putih:

  1. Haluskan duo bawang,kemiri,ketumbar,jinten.sisihkan.
  2. Panaskan minyak,setelah panas kecilkan api,masukkan bumbu halus+serai+daun jeruk+lengkuas+daun salam.tumis hingga harum setelah itu beri air sedikit,tumis lagi hingga harum..
  3. Masukkan ayam,aduk hingga kaku,lalu beri air.besarkan api,tutup.biarkan hingga setengah empuk..
  4. Setelah ayam setengah empuk masukkan gula merah, santan,tahu yang telah digoreng..
  5. Setelah mendidih lagi ceplok telur satu persatu ke dalam kuah.biarkan hingga kuah agak menyusut,sambil diaduk-aduk agar santan tidak pecah..
  6. Setelah air dirasa agak menyusut dan ayam telah empuk,tes rasa.setelah rasa telah pas,matikan api.siap disajikan bersama taburan bawang merah goreng.tadi saya kelupaan kasih bawang merah goreng..

Kalau kreasi olahan ayam berikut ini, dibuat dengan kuah spesial ayam masak putih. Rasanya yang lezat dan gurih dengan perpaduan. Opor ayam putih masih jadi favorit banyak orang saat menyantap ketupat Lebaran, selain opor ayam kuning dan gulai daging tentunya. Asal bumbunya pas, opor ayam putih buatan kamu tidak mungkin. Resep Opor Ayam Putih, Sedap Disajikan dengan Nasi atau Lontong.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Opor putih yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berbisnis kuliner. Selamat mencoba!