Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Asem Jawa Timuran yang Menggugah Selera

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Asem Jawa Timuran yang Menggugah Selera

Sayur Asem Jawa Timuran. Sore-sore selalu jadi jam rawan, perut keroncongan, mulut pengen dimanja. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak makanan khas yang lezat. Yang tak kalah lezat dan menjadi salah satu masakan favorit bagi penduduk Jawa Timuran diantaraya adalah sayur asem.

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Sayur Asem Jawa Timuran yang Menggugah Selera Untuk sayuran bisa apa saja sesuai stock dan apa yang lagi musim. Bisa pakai daun melinjo, kangkung, kecipir , timun krai, labu siam, jagung, kacang tanah dan lain-lain. Ada sisa jamur juga saya cemplungin.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem jawa timuran yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem jawa timuran yang enak selayaknya memiliki aroma dan rasa yang dapat memancing selera kita.

Sore-sore selalu jadi jam rawan, perut keroncongan, mulut pengen dimanja. Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak makanan khas yang lezat. Yang tak kalah lezat dan menjadi salah satu masakan favorit bagi penduduk Jawa Timuran diantaraya adalah sayur asem.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari sayur asem jawa timuran, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar sampai cara membuat dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur asem jawa timuran yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu jadi sajian spesial.

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur asem jawa timuran yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur Asem Jawa Timuran menggunakan 12 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Sayur Asem Jawa Timuran:

  1. Gunakan 2 Ikat Kangkung Kecil.
  2. Siapkan 2 Ikat Kacang Panjang kecil.
  3. Siapkan 7 Belimbing Wuluh.
  4. Ambil Bumbu Halus ?.
  5. Ambil 2 Bawang Putih.
  6. Ambil 4 Bawang Merah.
  7. Ambil 1 Cabe Rawit.
  8. Gunakan 3 Buah Kemiri.
  9. Ambil 1 Ruas Laos.
  10. Gunakan secukupnya Garam dan gula.
  11. Sediakan secukupnya Penyedap rasa.
  12. Ambil secukupnya Air.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Sop Oyong Bihun, Lezat Sekali

Ada banyak versi untuk sayur asam atau asem. Salah satunya sayur asem ala Jawa Timuran yang menambahkan sayur kangkung dan timun krai. Ciri khas yang lain yaitu citarasanya yang cenderung pedas. Atsarina Luthfiyyah (Senior Editor) Memiliki pengalaman pendidikan di bidang Tata Boga dan Jurnalistik.

Langkah-langkah membuat Sayur Asem Jawa Timuran:

  1. Pertama tama kita siapkan bahan bahan nya dulu. Potong kangkung dan kacang sesuai selera. Lalu uleg semua bahan bumbu sampai halus..
  2. Lalu rebus kacang & laos sampai layu, dan juga jangan lupa rebua belimbing untuk dicampur dg bumbu yg sudah di uleg tadi..
  3. Setelah di uleg jadi satu dg belimbing, lalu masukkan kedalam panci yg sudah mendidih, tambahkan penyedap rasa dan juga gula..
  4. Lalu masukkan kangkung, masak sampai semua layu, kemudian tes rasa lalu angkat dan sajikan..

Dette er sayur asem i mit område Magetan, East Java. Kalau di daerah lain mungkin beda. Lihat juga resep Sayur asam surabaya enak lainnya. Ada sayur asem Jakarta,sayur asem Jawa Timur, dan sayur asem Sunda. Sayur asem di atas mempunyai ciri khas masig-masing.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Sayur Asem Jawa Timuran yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan hidangan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!