Cara Gampang Menyiapkan Pirik Cabe Tigu Terong Asam khas Kutai, Enak Banget

Diposting pada
Cara Gampang Menyiapkan Pirik Cabe Tigu Terong Asam khas Kutai, Enak Banget

Pirik Cabe Tigu Terong Asam khas Kutai. Resep Pirik Cabe Tigu Terong Asam khas Kutai. Dipikir bakalan langu ternyataaaa ini sedepp bangettt. Di resep asli telurnya juga di pirik yah, tapi saya enggak karena mau simpen sambelnya biar tahan lebih lama, jadi telurnya dicocol aja.

Cara Gampang Menyiapkan Pirik Cabe Tigu Terong Asam khas Kutai, Enak Banget Biasanya orang Kutai hulu sungai memadukan sambel ini (pirik cabe) sebut saja begitu. Pirik itu adalah bahasa Kutai dari uleg/gerus. Jadi pirik cabe adalah sambal uleg ? sebenarnya sambel ini gak jauh beda rasanya dengan sambel tomat yang di uleg, cuma jika pakai terong asam ada sensasi grindil-grindilnya gt lho, ud gt rasanya yang asam dan segar sangat cocok di sandingkan dengan ikan bakar apa aja.

Lagi mencari ide resep pirik cabe tigu terong asam khas kutai yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal pirik cabe tigu terong asam khas kutai yang enak harusnya sih punya aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari pirik cabe tigu terong asam khas kutai, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau mau menyiapkan pirik cabe tigu terong asam khas kutai enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Resep Pirik Cabe Tigu Terong Asam khas Kutai. Dipikir bakalan langu ternyataaaa ini sedepp bangettt. Di resep asli telurnya juga di pirik yah, tapi saya enggak karena mau simpen sambelnya biar tahan lebih lama, jadi telurnya dicocol aja.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan pirik cabe tigu terong asam khas kutai sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, sajian ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa membuat Pirik Cabe Tigu Terong Asam khas Kutai menggunakan 13 jenis bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Pirik Cabe Tigu Terong Asam khas Kutai:

  1. Siapkan Bahan Sambal:.
  2. Gunakan 1 buah terong asam.
  3. Gunakan 10 buah cabe rawit.
  4. Ambil 1 butir bawang merah ukuran besar.
  5. Siapkan 1/4 sachet terasi bakar.
  6. Sediakan 1 sdt garam.
  7. Sediakan 1 sdm gula pasir.
  8. Sediakan Penyedap rasa (opsional).
  9. Gunakan Pelengkap:.
  10. Ambil Telur rebus.
  11. Gunakan Kol.
  12. Sediakan Tomat.
  13. Siapkan Tempe.
BARU  Resep Sayur Asem Jakarta yang Lezat

Pirik Cabe Tigu Terong Asam khas Kutai terong asam • cabe rawit • bawang merah ukuran besar • terasi bakar • garam • gula pasir • Penyedap rasa (opsional) • Telur rebus melda yanti Pirik Cabe Tigu Terong Asam khas Kutai terong asam • cabe rawit • bawang merah ukuran besar • terasi bakar • garam • gula pasir • Penyedap rasa (opsional) • Telur rebus melda yanti Objektif: Lagu ini bercerita tentang makanan khas daerah, yaitu nasi bekepor, nasi bekepor adalah nasi liwet dengan campuran, minyak sayur, rempah-rempah dan potongan ikan asin. Nasi ini dapat di makan dengan lauk lain, seperti daging masak bumi hangus, dan sayur gangan asam Kukar. Daging masak bumi hangus semacam daging bumbu kecap. Sambal Raja atau Sambal Kutai adalah sambal yang berasal dari Kutai, Kalimantan Timur.

Langkah-langkah menyiapkan Pirik Cabe Tigu Terong Asam khas Kutai:

  1. Cuci bersih, kupas, dan belah belah terong asam. Rebus hingga benar-benar matang..
  2. Sambil menunggu terong asam matang, uleg/pirik semua bahan sambal..
  3. Masukkan terong asam yang sudah matang, ulek hingga halus..
  4. Tata di cobek. Sajikan..

Biasanya disantap dengan nasi Bakepor alias nasi liwet khas Kutai. Aroma wangi segar jeruk menjadi ciri utamanya. Tentu saja rasa pedas menggigitnya bakal menggugah selera makan. Sayur Asam Pisang Daun Singkil (Asam Pisang Mentah) Lagu Daerah Kalimantan Timur – Indung Indung adalah salah satu lagu daerah yang populer di Indonesia. Lagu daerah merupakan salah satu wujud karya seni yang menjadi bagian dari kebudayaan di suatu daerah.

Terima kasih telah menggunakan resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Pirik Cabe Tigu Terong Asam khas Kutai yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berbisnis kuliner. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!