Bagaimana Membuat Gudeg Solo (pake daun singkong muda) Anti Gagal

Diposting pada
Bagaimana Membuat Gudeg Solo (pake daun singkong muda) Anti Gagal

Gudeg Solo (pake daun singkong muda). Resep Gudeg Solo (pake daun singkong muda). Lihat juga resep Gudeg Solo (pake daun singkong muda) enak lainnya. Lihat juga resep Gudeg Solo (pake daun singkong muda) enak lainnya.

Bagaimana Membuat Gudeg Solo (pake daun singkong muda) Anti Gagal Bedanya, adalah adanya daun singkong sebagai tambahan nangka. Menurut Si Ibu penjualnya, untuk membuat gudeg ini juga sebagaimana gudeg lainnya. Bahan-bahan yang diperlukan adalah nangka muda, santan dan daun singkong muda.

Lagi mencari ide resep gudeg solo (pake daun singkong muda) yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak susah dan tidak juga mudah. Jika salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal gudeg solo (pake daun singkong muda) yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari gudeg solo (pake daun singkong muda), pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing jika mau menyiapkan gudeg solo (pake daun singkong muda) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat menjadi suguhan istimewa.

Resep Gudeg Solo (pake daun singkong muda). Lihat juga resep Gudeg Solo (pake daun singkong muda) enak lainnya. Lihat juga resep Gudeg Solo (pake daun singkong muda) enak lainnya.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat gudeg solo (pake daun singkong muda) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat membuat Gudeg Solo (pake daun singkong muda) memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk pembuatan Gudeg Solo (pake daun singkong muda):

  1. Siapkan 2 kg nangka muda utuh, kupas kulitnya dan bersihkan.
  2. Siapkan Secukupnya daun singkong muda (kurleb 2 ikat besar), cuci bersih.
  3. Siapkan 8 butir telur ayam rebus, kupas kulitnya.
  4. Sediakan 2 liter santan kental sedang.
  5. Ambil Bumbu halus :.
  6. Siapkan 30 butir bawang merah.
  7. Siapkan 20 siung bawang putih.
  8. Gunakan 15 gr/1 bungkus ketumbar bubuk.
  9. Siapkan 8 butir kemiri.
  10. Siapkan 3 ruas jari lengkuas muda, parut.
  11. Gunakan Bumbu cemplung :.
  12. Gunakan 1 lembar besar daun jati muda (bisa diskip).
  13. Siapkan 8 lembar daun salam.
  14. Siapkan 200 gr gula merah aren, pilih yang warna gelap.
  15. Ambil 2 sdm garam.
  16. Gunakan 1/2 sdm gula pasir.
BARU  Resep Daun singkong masak santan yang Lezat Sekali

Sementara gudeg di Solo ditemani dengan menu pilihan ceker, krecek, daun singkong hingga sayur kacang tolo. Baca Juga: Tak Melulu Alat Kontrasepsi, Ini Fungsi Lain dari Kondom yang Bener-bener Kreatif. Cita Rasa Kalau kamu membeli gudeg nangka muda, gak jarang penjualnya juga akan menambahkan sayuran seperti daun singkong. Tujuannya suntuk menambah cita rasa segar karena gudegnya sudah gak fresh setelah dimasak lama.

Cara membuat Gudeg Solo (pake daun singkong muda):

  1. Potong kecil-kecil nangka muda lalu cuci bersih dan tiriskan.
  2. Campur semua bahan kecuali daun singkong (daun jati ditata paling bawah, baru ditimpa nangka muda dan bahan lainnya). Tutup panci/wajan, masak dengan api kecil sambil sesekali dibuka dan diaduk supaya bumbu rata.
  3. Masak hingga kuahnya menyusut separo.
  4. Tambahkan daun singkong. Tutup panci/wajan. Masak lagi dengan api kecil hingga semua matang dan empuk serta kuahnya tinggal sedikit sambil sesekali diaduk-aduk (kalo mau kering, tinggal dikeringkan aja). Koreksi rasa dan gudeg siap disajikan (lebih enak kalo udah beberapa hari diangetin, saya sampe 3 hari dan bumbunya meresap banget).

Tapi sebenarnya daun singkong ini juga bisa kok dijadikan bahan utama dalam pembuatan gudeg, tanpa harus ada nangka mudanya. Sementara gudeg di Solo ditemani dengan menu pilihan ceker, krecek, daun singkong hingga sayur kacang tolo. Jika gudeg Jogja biasa disajikan bersama dengan krecek. Lain halnya dengan gudeg Solo yang disajikan bersama dengan krecek, daun singkong rebus, dan kacang tolo. Sumber: kidsklik.com (Gudeg Solo) pelengkap lainnya seperti daun singkong, telur, sambal goreng tempe, krecek maupun ayam.

Terima kasih telah membaca resep yang tim kami tampilkan di sini. Harapan kami, olahan Gudeg Solo (pake daun singkong muda) yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang sedap untuk keluarga/teman ataupun menjadi inspirasi bagi Anda yang berkeinginan untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!