Resep Roti Sobek Anti Gagal

Diposting pada
Resep Roti Sobek Anti Gagal

Roti Sobek.

Resep Roti Sobek Anti Gagal

Lagi mencari ide resep roti sobek yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Jika salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan bahkan tidak sedap. Padahal roti sobek yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari roti sobek, mulai dari jenis bahan, kedua pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan roti sobek yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan roti sobek sendiri di rumah. Tetap berbahan yang sederhana, hidangan ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda dapat menyiapkan Roti Sobek menggunakan 16 bahan dan 12 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk menyiapkan Roti Sobek:

  1. Sediakan 350 gr tepung protein tinggi.
  2. Sediakan 35 gr gula pasir.
  3. Sediakan 5 gr ragi instant.
  4. Gunakan 15 gr susu bubuk.
  5. Ambil 170 gr air.
  6. Gunakan 50 gr susu cair.
  7. Sediakan 24 gr susu kental manis.
  8. Sediakan 40 gr unsalted butter (mentega).
  9. Ambil 4 gr garam.
  10. Siapkan Isian susu keju:.
  11. Gunakan 50 gr tepung terigu.
  12. Gunakan 30 gr margarin.
  13. Siapkan 150 gr keju cheddar parut.
  14. Sediakan 30 gr susu bubuk.
  15. Sediakan 35-40 gr gula halus.
  16. Ambil 2 sdm kental manis.

Langkah-langkah membuat Roti Sobek:

  1. Hangatkan susu sampai hangat kuku lalu masukkan ragi dan diamkan sampai ragi berbusa. Kalo berbusa berarti raginya masih aktif ya. Jangan sampai terlalu panas ya susunya moms. Di microwave mungkin cuma 20 sampe 30 detik aja..
  2. Masukkan tepung, gula, air dan campuran susu dan ragi. Lalu uleni sampai tercampur rata. Adonannya akan tetep lengket ya di stage ini, tp asalkan uda membentuk bulatan, uda cukup.
  3. Lalu masukkan unsalted butter atau menteganya dan garam, uleni sampai kalis elastis. Tandanya itu permukaannya bakal halus licin gitu ya moms, dan kalo ditarik dia ga putus.. Roti Sobek
  4. Kalo sudah elastis, uleni sebentar sambil dibanting2 kira2 5menit lalu istirahatkan 30menit, lalu ditutup ya. Pastikan diistirahatkan di tempat yg hangat ya. Kalo lagi musim hujan gini, boleh juga taro di dalam oven tp jangan dinyalain, nyalain lampunya aja..
  5. Sambil nunggu 1st proofing, kita buat isian keju susunya..
  6. Sangrai tepung terigu sekitar 3menit atau sampai terasa enteng tepungnya. Pakai api kecil ya moms.
  7. Kalau sudah, tuang ke wadah, lalu campurkan bahan lainnya sampai rata..
  8. Setelah 1st proofing, adonannya akan mengembang 2x lebih besar, kempeskan adonan. Lalu timbang masing2 40gram. Lalu diisi dengan filling susu keju dan coklat. Bulatkan, lalu taruh di loyang, kasih jarak sedikit. Lalu istirahatkan lagi sekitar 15menit atau sampai mengembang 2x lipat atau sampai saling menempel. Jangan terlalu lama supaya gak overproofing..
  9. Preheat oven di suhu 160 derajat..
  10. Setelah 2nd proofing, masukkan ke oven, suhunya diturunkan ke 150 derajat. Lalu panggang sekitar 25 – 30menit tergantung oven masing2 ya..
  11. Setelah dikeluarkan, permukaannya dioles melted butter biar mengkilat cantik hehe.. lalu didinginkan..
  12. Jadi deh! Let me know if you recook this yaa ?.
BARU  Bagaimana Membuat Quinoa fried rice (diet enak tetep sehat) yang Bikin Ngiler

Gimana nih? Mudah bukan? Itulah cara menyiapkan roti sobek yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!