Langkah Mudah untuk Membuat Sayur asem, Lezat

Diposting pada
Langkah Mudah untuk Membuat Sayur asem, Lezat

Sayur asem. Sayur asem is one of the signature dishes of the Sundanese people. Many popular Indonesian dishes come from this cuisine. Other than sayur asem, you may have heard of dishes such as lalap , karedok (similar to gado-gado , but with the emphasis of using raw vegetables), ayam bekakak/grilled chicken , soto bandung/beef and daikon soup , and ikan.

Langkah Mudah untuk Membuat Sayur asem, Lezat The sweet and sour flavour of this dish is considered refreshing and very compatible with fried or grilled dishes, including salted fish, ikan goreng, ayam goreng and lalapan, a kind of vegetable salad usually served raw. To make spice paste, mix shallot, garlic, ginger, red chili pepper, raw peanuts, shrimp paste, and salt in a large mortar and blend well with a pestle. Use a food processor or blender.

Lagi mencari inspirasi resep sayur asem yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal sayur asem yang enak selayaknya mempunyai aroma dan cita rasa yang mampu memancing selera kita.

Sayur asem is one of the signature dishes of the Sundanese people. Many popular Indonesian dishes come from this cuisine. Other than sayur asem, you may have heard of dishes such as lalap , karedok (similar to gado-gado , but with the emphasis of using raw vegetables), ayam bekakak/grilled chicken , soto bandung/beef and daikon soup , and ikan.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sayur asem, mulai dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar hingga cara membuat dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan sayur asem enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini mampu menjadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis dalam mengolah sayur asem yang siap dikreasikan. Anda bisa menyiapkan Sayur asem menggunakan 19 jenis bahan dan 5 tahap pembuatan. Berikut ini cara untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan untuk pembuatan Sayur asem:

  1. Gunakan 1 buah jagung.
  2. Ambil 1 buah labu siam.
  3. Ambil 2 buah terong ungu.
  4. Ambil 7 buah kacang panjang.
  5. Ambil 3 siung bawang putih.
  6. Siapkan 5 siung bawang merah.
  7. Ambil 3 buah cabe rawit.
  8. Gunakan 5 buah cabe merah.
  9. Ambil 3 buah kemiri.
  10. Ambil 1 cm jahe.
  11. Sediakan 2 cm kunyit.
  12. Sediakan 1 buah asam jawa.
  13. Sediakan 1/2 buah terasi.
  14. Ambil 2 lembar daun salam.
  15. Ambil 2 lembar daun jeruk.
  16. Gunakan 1 cm lengkuas.
  17. Ambil 1 batang sereh.
  18. Ambil 2 liter air.
  19. Gunakan secukupnya Garam, gula dan penyedap rasa.
BARU  Cara Gampang Menyiapkan Puding daun kelor yang Bisa Manjain Lidah

Sayur asem atau sayur asam adalah masakan sejenis sup yang berisi sayur-sayuran lokal khas Indonesia. Masakan ini memiliki cita rasa yang khas yang berasal dari rasa asam-nya. Biasanya orang-orang akan menggunakan asam jawa untuk memberikan rasa asam pada sayur asem. Saat cuaca sedang panas, akan terasa begitu nikmat jika Kita mencoba makan masakan yang enak, segar namun juga gurih seperti sayur asem.

Cara menyiapkan Sayur asem:

  1. Potong dan cuci jagung, labu siam, kacang panjang dan terong sesuai selera..
  2. Haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, terasi, cabe rawit dan merah.memar kan sereh dan lengkuas..
  3. Didihkan 2 liter air, masukkan semua bumbu daun salam dan jeruk, lengkuas, sereh, asam jawa, bumbu halus. Masukkan juga jagung nya..
  4. Setelah 7 menit masukkan labu siam. Setelah 5 menit masukkan kacang panjang dan terong. Jangan lupa garam, gula dan penyedap rasa nya..
  5. Masak hingga 4 menit atau hingga terong dan kacang panjang cukup lunak. Sesuaikan garam dan penyedap sesuai selera. Selesai…???.

Bukan hanya nikmat, sayur asem juga mempunyai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Sayur asem ini biasanya berbahan dasar utama jagung manis, labu siam, kacang panjang, tomat serta asem. Bahkan setiap daerah memiliki rasa dan variasi sayur yang berbeda ada yang ditambah dengan ikan maupun daging sebagai bahan utamanya. Meski sayur asem beragam, tapi semua rasanya enak kok. Sayur asem ala Sunda biasanya menggunakan bumbu lengkap dan berbagai jenis sayur.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Harapan kami, olahan Sayur asem yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang menarik untuk keluarga/teman ataupun menjadi ide untuk berjualan makanan. Selamat mencoba!