Resep Mangut Lele —daun singkong—, Bikin Ngiler

Diposting pada
Resep Mangut Lele —daun singkong—, Bikin Ngiler

Mangut Lele —daun singkong—. Mangut merupakan salah satu masakan tradisional asli nusantara yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Hidangan ini memiliki kuah kuning kemerahan dengan isi ikan lele atau ikan pari asap. Tentu, kuliner mangut memiliki cita rasa pedas gurih terasa sedap di lidah.

Resep Mangut Lele —daun singkong—, Bikin Ngiler Cara memasak mangut lele yaitu ikan lele digoreng sampai matang. Kemudian dimasak dengan kuah santan dan ditambah sayuran. Biasanya, mangut lele dimasak dengan sayuran berupa kemangi yang membuat aromanya semakin lezat.

Anda sedang mencari ide resep mangut lele —daun singkong— yang unik? Cara membuatnya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan bahkan tidak sedap. Padahal mangut lele —daun singkong— yang enak harusnya sih memiliki aroma dan cita rasa yang bisa memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari mangut lele —daun singkong—, pertama dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar, hingga cara mengolah dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau hendak menyiapkan mangut lele —daun singkong— yang enak di mana pun anda berada, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan istimewa.

Mangut merupakan salah satu masakan tradisional asli nusantara yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Hidangan ini memiliki kuah kuning kemerahan dengan isi ikan lele atau ikan pari asap. Tentu, kuliner mangut memiliki cita rasa pedas gurih terasa sedap di lidah.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis yang dapat diterapkan untuk mengolah mangut lele —daun singkong— yang siap dikreasikan. Anda dapat membuat Mangut Lele —daun singkong— menggunakan 21 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan dalam pembuatan Mangut Lele —daun singkong—:

  1. Sediakan Bahan cemplung :.
  2. Gunakan 1 kg lele goreng ½ kering/kering (sesuai selera).
  3. Gunakan 1 liter santan kental/sedang.
  4. Siapkan 10 lembar daun singkong muda (pucuk).
  5. Gunakan 10 cabe rawit.
  6. Siapkan 1 buah tomat iris².
  7. Ambil 3 lembar daun salam.
  8. Ambil 3 lembar daun jeruk.
  9. Gunakan 2 batang serai geprek.
  10. Ambil 1 jempol lengkuas geprek.
  11. Sediakan secukupnya Garam.
  12. Gunakan secukupnya Kaldu jamur.
  13. Sediakan Minyak goreng secukupnya untuk menumis.
  14. Gunakan Bumbu Halus :.
  15. Ambil 3 butir kemiri sangrai.
  16. Siapkan 2 ruas jari kunyit bakar.
  17. Sediakan 5 bawang merah.
  18. Sediakan 5 bawang putih.
  19. Gunakan 1 sdt ketumbar.
  20. Gunakan 1 ruas jari kencur.
  21. Gunakan 1 jempol jahe.
BARU  Bagaimana Menyiapkan Sayur Bening Bayam Anti Gagal

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Olahan ikan lele selama ini banyak dikonsumsi masyarakat seperti pecel lele, mangut lele, hingga abon lele. Namun di Kabupaten Bantul, salah seorang warganya membuat inovasi menjadikan daging lele menjadi sate. Bertempat di Jalan Bakulan-Barongan, Bantul atau jika dari Kota Yogyakarta melalui jalan Parangtritis sampai perempatan Bakuan, belok ke kanan. Mangut lele dibuat dari ikan lele yang diasap terlebih dulu, kemudian dimasak dengan kuah santan bercita rasa pedas.

Langkah-langkah menyiapkan Mangut Lele —daun singkong—:

  1. Haluskan semua bumbu halus kemudian tumis sampai harum.
  2. Masukkan santan dan bumbu cemplung lainya, kecuali lele. Biarkan mendidih koreksi rasa dan masukkan lele, setelah rasa dah pas matikan kompor, siap dihidangkan.
  3. Selamat mencoba ?.

Daging lele asap yang lembut dan gurih berpadu dengan lezatnya kuah pedas bersantan, dijamin bikin nagih, deh! Lele bisa dimasak menjadi lele goreng kremes dan mangut lele. Berikut ini resep memasak lele goreng kremes dan mangut lele yang dilansir TribunStyle.com dari Sajian Sedap. Baca juga: RESEP Kudapan dan Minuman Menyegarkan dari Buah Nanas, Memasak Puding Cake Nanas dan Es Nanas Jeruk Baca juga: RESEP Masakan Seafood, Cumi, Udang hingga Kerang, Ada Tips Awetkan Seafood Tak Cepat Rusak di Rumah Ada oseng bihun, sop, mangut lele, telur dadar kering, tahu dan tempe. Ladang Jagung Kopi Klotok Resep Mangut lele. #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru.

Terima kasih telah menggunakan resep yang kami tampilkan di halaman ini. Besar harapan kami, olahan Mangut Lele —daun singkong— yang mudah di atas dapat membantu Anda menyiapkan makanan yang enak untuk keluarga/teman maupun menjadi inspirasi dalam berbisnis kuliner. Selamat mencoba!