Resep Buntil Daun Singkong & Daun Pepaya, Enak

Diposting pada
Resep Buntil Daun Singkong & Daun Pepaya, Enak

Buntil Daun Singkong & Daun Pepaya. Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Resep Buntil Daun Singkong & Daun Pepaya, Enak Terlebih lagi memiliki resep pembuatannya yang tergolong sangat mudah. Resep Buntil Daun Singkong sendiri hadir dengan rasa santan yang super gurih dan bikin nagih. Ditambah lagi, cara membuat Resep Buntil Daun Singkong yang enak ini mudah diikuti, lo!

Lagi mencari inspirasi resep buntil daun singkong & daun pepaya yang unik? Cara menyiapkannya memang tidak terlalu sulit namun tidak gampang juga. Kalau salah mengolah maka hasilnya akan hambar dan justru cenderung tidak enak. Padahal buntil daun singkong & daun pepaya yang enak seharusnya memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kitchenesia.com – Cassava leaf is notoriously bitter, but is definitely worth a try. We suggest you to give a shot with Buntil Daun Singkong (steamed coconut wrapped in cassava leaves) recipe. The inclusion of coconut milk, tempeh, and some spices will surprassing its bitterness, yet adding savoury and sweetness to the food.

Ada beberapa hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari buntil daun singkong & daun pepaya, mulai dari jenis bahan, kemudian pemilihan bahan segar sampai cara mengolah dan menghidangkannya. Tak perlu pusing jika ingin menyiapkan buntil daun singkong & daun pepaya enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini bisa jadi sajian istimewa.

Nah, kali ini kita coba, yuk, buat buntil daun singkong & daun pepaya sendiri di rumah. Tetap berbahan sederhana, hidangan ini dapat memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuhmu sekeluarga. Anda bisa menyiapkan Buntil Daun Singkong & Daun Pepaya memakai 30 jenis bahan dan 6 tahap pembuatan. Berikut ini langkah-langkah untuk menyiapkan hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk pembuatan Buntil Daun Singkong & Daun Pepaya:

  1. Ambil 2 ikat Daun Singkong.
  2. Gunakan 2 ikat Daun Pepaya.
  3. Sediakan 2.5 liter santan dari 1.5 butir kelapa.
  4. Sediakan 1/2 papan pete belah 2.
  5. Gunakan 1 genggam cabai rawit merah.
  6. Gunakan 100 gr tetelan/daging sapi potong dadu.
  7. Sediakan 2 batang sere.
  8. Gunakan 1 ruas lengkuas.
  9. Siapkan 2 lembar daun salam.
  10. Siapkan secukupnya Gula.
  11. Sediakan secukupnya Garam.
  12. Sediakan Minyak untuk menumis.
  13. Ambil Bumbu halus kuah.
  14. Ambil 8 buah cabai rawit merah keriting.
  15. Ambil 5 buah cabai rawit merah.
  16. Sediakan 8 siung bawang merah.
  17. Siapkan 6 siung bawang putih.
  18. Sediakan 1 ruas kunyit.
  19. Gunakan 1 rusa jahe.
  20. Sediakan 5 butir kemiri.
  21. Siapkan Bahan isi :.
  22. Ambil 1 butir kelapa muda parut.
  23. Gunakan 100 gr teri Medan.
  24. Siapkan 1/2 papan pete iris.
  25. Siapkan Bumbu halus isi :.
  26. Sediakan 6 buah cabai rawit merah.
  27. Siapkan 3 siung bawang merah.
  28. Sediakan 3 siung bawang putih.
  29. Gunakan 1/4 sdt garam.
  30. Ambil 1/2 butir gula merah.
BARU  Resep Capcay Kuah yang Enak Banget

Resep Buntil Daun Singkong ala Mama. Resep buntil dari mama, tapi takaran bumbu dari saya, waktu saya tanya mama via telpon resep buntil, dikasih resep ini, saat tanya seberapa banyak takaran bumbunya, mama jawab ya seberapa banyak bikinnya,,, okelah kalo begitu, akhirnya sambil bawa timbangan +. Buntil adalah resep masakan tradisional Jawa dari olahan daun sebagai pembungkus yang diberi isi dengan teri campur kelapa parut serta bumbu-bumbu lainnya. Terdapat bermacam daun yang biasa digunakan, termasuk salah satunya adalah daun singkong.

Langkah-langkah membuat Buntil Daun Singkong & Daun Pepaya:

  1. Rebus daun singkong hingga empuk, lalu tiriskan, peras dan sisihkan. Rebus daun pepaya hingga empuk (jika ingin mengurangi pahit, beri beberapa lembar daun jambu biji saat merebus) lalu tiriskan, peras dan sisihkan. Rebus tetelan/daging sapi hingga empuk dan sisihkan..
  2. Haluskan bumbu halus untuk isi, lalu masukkan kelapa aduk rata sambil diulek lembut. Pindahkan ke baskom lalu masukkan pete iris dan teri Medan, aduk dan tes rasa..
  3. Ambilsegenggam daun pepaya/daun singkong, pipihkan dengan tangan lalu masukkan isi kelapa ditengahnya lalu tutup dengan daun yang sama. Rapikan dan ikat dengan tali, lalu masukkan kedalam kukusan yang sudah diberi air dalam nya. Lalu kukus 10-15menit..
  4. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan salam, lengkuas, sere dan tetelan. Aduk rata, lalu masukkan santan gula dan garam. Aduk hingga mendidih dan tes rasa..
  5. Masukkan daun singkong dan daun pepaya yang sudah diisi. Lalu masukkan pete dan cabai. Masak hingga mendidih..
  6. Buntil daun singkong dan pepaya siap untuk dinikmati..

Buntil daun singkong biasanya tersaji dengan kuah kuning yang gurih dan sedikit pedas. Untuk itu, hidangan ini cocok dijadikan lauk dan disantap dengan nasi hangat. Dalam sekali suap, kita bisa mendapatkan berbagai rasa, seperti rasa sedikit pahit dari daun singkong kemudian ditambah asin dari teri dan parutan kelapa, ditutup dengan kuah kuning. Buntil daun singkong ala kamu siap dinikmati bareng nasi putih hangat. Kebayang 'kan enaknya makan bareng keluarga dengan lauk khas seperti buntil ini?

Bagaimana? Gampang kan? Itulah cara menyiapkan buntil daun singkong & daun pepaya yang bisa Anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!